Dari Danau Bandung Menuju World Class University

JAKARTA, Telkom Landmark Tower – Sukses meluncurkan buku pertamanya di tahun 2014 dengan judul “Masterpiece Untuk Bangsa” sebagai bentuk perayaan ulangtahun pertama, kali ini di ulangtahun ke-5, Telkom University (Tel-U) kembali meluncurkan buku berjudul “Dari Danau Bandung Menuju World Class University”.

Buku biografi korporat ini akan berkisah tentang sebuah perguruan tinggi yang didirikan ditengah – tengah lembah yang konon dahulu kala merupakan bagian dasar dari danau purba bernama Danau Bandung.

Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., dalam pengantarnya menjelaskan bahwa dalam buku ini kisah demi kisah yang tersaji diharapkan memberi gambaran yang lebih komprehensif tentang perjalanan 5 tahun Telkom University yang bersejarah. Lebih dari itu buku ini juga memuat knowledge management yang tersaji dalam format mozaik dan infografis.

“Saya harap dari buku ini para pembaca bisa mengambil hikmah dan belajar banyak tentang berbagai sisi dari pengelolaan terbaik sebuah perguruan tinggi.” Terangnya.

Buku yang dilaunching pada 28 Agustus 2018 di Vertical Garden, Telkom Landmark Tower Jakarta ini sekaligus dilakukan bedah buku yang menghadirkan narasumber diantaranya; Rektor Telkom University Prof. Mochamad Ashari, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat) Prof. Uman Suherman, Staff Ahli Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sekaligus Advisory Board Telkom University Priyantono Rudito, Ph.D., serta ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat sekaligus penulis buku “Dari Danau Bandung Menuju World Class University” Mahpudi.

Menurut Priyantono buku ini akan sangat bermanfaat untuk dipelajari, karena bercerita tentang perjuangan sebuah university yang diamanatkan kepada seorang pemimpin (Rektor Ashari) untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia, sekaligus didalam buku juga mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan (Leadership).

“Buku ini mencerminkan esensi transformasi yang sangat besar. Konteks buku ini secara tegas menjelaskan orientasi manajemen tertinggi dari pendirian Tel-U yang semula untuk memenuhi kebutuhan SDM PT Telkom berkembang menjadi target yang lebih besar yakni mencerdaskan anak bangsa. Saya yang mengikuti perkembangan Tel-U dari awal berdiri dan saya sendiri yang memberikan tugas dan target-target kepada beliau (Prof. Ashari) malam ini saya bangga dengan semua capaian dan target yang sudah dipenuhi oleh Tel-U dibawah kepemimpinan Prof. Ashari, dan saya nyatakan Prof. Ashari berhasil membangun Tel-U dalam 5 tahun.” Ucap Priyantono.

Prof. Uman Suherman mengatakan bahwa buku ini bisa menjadi acuan bagi perguruan tinggi di Indonesia yang ingin berhasil, karena Tel-U bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia agar tetap konsisten dalam hal prestasi.

“Saya akan minta kepada seluruh PTS dibawah LLDIKTI Wilayah IV agar bisa memiliki buku ini, sebagai acuan bahwa tak ada yang tak mungkin meski masa depan itu gaib. Buku ini berisi bagaimana perguruan tinggi dikelola berbasis manajemen risiko. Orang pendidikan itu punya tugas memanusiakan manusia yang hanya bisa dilakukan manusia secara manusiawi,” pesannya.

 

Sumber : www.telkomuniversity.ac.id