FAQ Calon Mahasiswa

Bagaimana Cara Mendaftar sebagai Mahasiswa Baru di Telkom University

Silahkan pilih DAFTAR SEKARANG melalui website Seleksi Mahasiswa Baru https://smb.telkomuniversity.ac.id/


Bagaimana Cara Membeli PIN Pendaftaran SMB Telkom University ?

Pembelian PIN Pendaftaran SMB Telkom University dapat dilakukan dengan cara:
1. Secara Online, melakukan pembelian PIN melalui Virtual Account Bank Negara Indonesia (BNI), Finpay, Kartu Kredit, dan Linkaja
2. Secara Offline, melakukan pembelian PIN kepada guru BK maupun Panitia SMB Telkom University, serta melalui Tokopedia dan Shopee.

Detail petunjuk pembelian PIN Pendaftaran dapat dilihat disini


Apakah JPA itu ?

Jalur Prestasi Akademik (JPA) adalah jalur penerimaan melalui akademik, menggunakan penilaian rata-rata nilai rapor dari semester 1-4 dengan rata-rata nilai nominal 70 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika atau minimal rata-rata 2.6 bagi yang menggunakan kurikulum 2013.


Adakah jalur lain selain jalur rapor ?

SMB Telkom University memiliki jalur UTG dan JB. Ujian Tulis Gelombang (UTG) adalah jalur tulis seleksi mahasiswa baru yang akan dilaksanakan serentak di beberapa kota di Indonesia dan menyediakan beasiswa untuk the best three.
Jalur Beasiswa (JB) sebelumnya dikenal dengan Jalur Prestasi Unggulan (JPU) adalah jalur tulis khusus beasiswa dan akan diberikan beasiswa bagi yang lulus sesuai dengan nilai tes.


Apakah Telkom University menyediakan beasiswa ?

Selain memiliki program beasiswa melalui Jalur Beasiswa, Telkom University bekerjasama dengan berbagai lembaga dalam menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa.
Jalur Beasiswa (JB) yaitu melalui tes terlebih dahulu dan apabila lulus di jalur JB calon mahasiswa akan mendapatkan beasiswa sesuai dengan nilai pada saat test. Terdapat 2 jenis beasiswa yang kami sediakan yaitu:
– Beasiswa unggulan adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa dengan tidak membayar biaya UP3, SDP2, dan BPP.
– Beasiswa pintar adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa berupa potongan pada UP3 + SDP2 atau potongan pada UP3 atau potongan pada SDP2.
Adapun Jalur beasiswa kerjasama dengan lembaga lainnya diantaranya Beasiswa OSC Medcom, IDCloudhost, Telkomsel. Forum OSIS Jawa Barat, dan Aperti BUMN. 


Apakah perbedaan UP3, SDP2, dan BPP ?

UP3 adalah uang partipasi penyelenggaraan pendidikan / uang gedung (dibayarkan 1 kali di awal kuliah)
SDP2 adalah sumbangan pengembangan pendidikan / uang sumbangan (dibayarkan 1 kali di awal kuliah)
BPP adalah biaya penyelenggaraan pendidikan / uang semester


Apakah perbedaan PIN offline dan online ?

PIN online yaitu pembelian yang dilakukan melalui Virtual Account BNI, Finpay, Kartu Kredit, dan LinkAja.
PIN offline yaitu pembelian yang dilakukan melalui kolektif dengan guru BK atau datang langsung ke Panitia SMB Telkom University. Selain itu ada pula Voucher offline yang dapat dibeli melalui Tokopedia atau Shopee.


Apakah rapor untuk mendaftar jalur JPA harus dilegalisir?

Ya, sebelum rapor di upload pastikan menggunakan rapor asli atau fotocopy yang sudah di legalisir.


Apakah ada batas ukuran file rapor yang akan di upload ?

Batas ukuran file yang akan diupload adalah maksimal 1MB.


Bagaimana jika terjadi kesalahan dalam upload rapor ?

Kami menyediakan menu reset rapor maksimal 2 kali pada masing-masing akun.


Jurusan mana sajakah yang boleh dipilih oleh siswa jurusan IPA, IPS, atau SMK ?

Untuk siswa/i jurusan IPA atau SMK jurusan Teknik (Teknik Komputer Jaringan, Teknik Mesin, dll) dapat memilih program studi yang terdapat pada setiap fakultas di Telkom University.

Bagi siswa/i jurusan IPS atau SMK (Perhotelan, Akuntansi, Perkantoran dll) dapat memilih program studi yang terdapat pada fakultas berikut:
– Fakultas Ekonomi Bisnis
– Fakultas Komunikasi Bisnis
– Fakultas Industri Kreatif
– Fakultas Ilmu Terapan


Akreditasi program studi di Telkom University ?

Akreditasi program studi yang ada di Telkom University dapat dilihat pada halaman https://smb.telkomuniversity.ac.id/program-studi/


Berapakah biaya pendidikan Telkom University ?

Biaya pendidikan di Telkom University dapat dilihat pada halaman https://smb.telkomuniversity.ac.id/biaya-pendidikan/


Apabila diterima di PTN apakah biaya yang sudah dibayarkan dapat dikembalikan ?

Biaya pendidikan akan dikembalikan apabila calon mahasiswa diterima di PTN melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN saja dan biaya yang dikembalikan adalah biaya SDP2 dan biaya BPP setelah dipotong UP3 diluar dari 2 jalur tersebut biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan seluruhnya. Informasi lengkap tentang pengunduran diri karena diterima di PTN ada di surat kelulusan dan lampiran Surat Kelulusan yang diterima oleh calon mahasiswa.


Apabila sudah mengikuti jalur JPA apakah boleh mengikuti jalur seleksi lain?

Calon mahasiswa yang pernah mengikuti jalur seleksi SMB Telkom University dapat mendaftar kembali pada jalur seleksi yang sedang dibuka tanpa membuat akun yang baru, namun tetap melakukan pembelian PIN terlebih dahulu sesuai jalur seleksi yang ingin diikuti.


Apabila sudah diterima pada pilihan program studi yang pertama, bolehkah pindah program studi ke pilihan kedua?

Jika sudah dinyatakan lulus dan diterima pada salah satu program studi, tidak dapat pindah ke program studi lain, kecuali mengikuti seleksi kembali pada jalur seleksi yang sedang dibuka.


Apakah Telkom University menyediakan program Bidikmisi ?

Kami memiliki program Bidikmisi yang diselenggarakan di jalur khusus bidikmisi, dimana jalur penerimaan khusus bidikmisi akan diinformasikan lebih lanjut di website SMB pada menu Beasiswa atau melalui link https://smb.telkomuniversity.ac.id/beasiswa/
Syarat dan ketentuan pendaftaran bidikmisi Telkom University:
• Terdaftar di http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/ dengan memilih Telkom University menjadi tujuan pilihan Perguruan Tinggi Swasta
• Memilih program studi dengan akreditasi A atau B


Adakah nomor yang dapat di hubungi apabila mengalami kesulitan?

Sampaikan keluhanmu kepada Serina dengan mengklik Chat Serina melalui media Whatsapp, Telegram, maupun Facebook Messanger.
Atau hubungi kami melalui:
Hotline:
– S1 & D3 : 0811 2025 200 / 0811 2025 300
– PJJ         : 0811 2233 3881
– S2           : 0811 2001 105

Chat WA: 081122339123
Email : info@smbbtelkom.ac.id
Instagram: @smbtelkom
Twitter: @smbtelkom
Facebook: SMBB Telkom Page


Apakah yang harus dilakukan jika ingin menyampaikan keluhan?

Sampaikan keluhanmu kepada Serina dengan mengklik Chat Serina melalui media Whatsapp, Telegram, maupun Facebook Messanger atau kirim keluhan langsung melalui email:  info@smbbtelkom.ac.id
Dengan format keluhan:
– Nama Lengkap
– Username
– Email (yang digunakan saat membuat akun)
– Nomor Transaksi (*jika ada)
– Keluhan