Kuliah Sambil Kerja? Kenapa Enggak! Kan Ada Program Online Learning

Kuliah Sambil Kerja? Kenapa Enggak! Lewat Online Learning

Share

Tidak sedikit orang yang enggan kuliah saat sudah bekerja karena sudah memiliki pendapatan yang stabil. Padahal, hal ini justru bisa menjadi kunci mendapatkan prospek karier yang lebih baik. Mari cari tahu mengapa kuliah tetap penting kamu lakukan meski sudah bekerja, dan ketahui tips kuliah sambil kerja.

Kenapa Harus Melanjutkan Pendidikan walau Sudah Bekerja?

Ada berbagai alasan mengapa orang enggan kuliah saat sudah bekerja, mulai dari jadwal yang padat, sulit mengatur waktu, hingga sayang mengeluarkan biaya ekstra. Padahal, hal ini adalah bentuk investasi pada diri sendiri yang keuntungannya bisa kamu tuai di masa mendatang.

Nah, jika kamu juga merasakan hal yang serupa, ini beberapa alasan kuliah sambil kerja yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan:

1. Membuka Peluang Karier

Dalam perusahaan, tidak sedikit posisi tingkat atas atau posisi manajemen membutuhkan kualifikasi pendidikan atau gelar yang lebih tinggi. Dengan berkuliah, kamu dapat memenuhi syarat untuk posisi tersebut dan meningkatkan peluang untuk naik ke tingkat karier yang lebih tinggi.

2. Mendapatkan Keahlian Baru

Industri dan teknologi terus berkembang, dan kuliah memberimu kesempatan untuk tetap update dan relevan dengan perkembangan terbaru di bidangmu. Dengan berkuliah, kamu berpotensi mendapat keahlian baru yang lebih sesuai dengan arah karier serta minatmu.

3. Pengembangan Jaringan

Ketika berkuliah, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru seperti teman seangkatan, dosen, atau pembimbing di lingkungan akademis. Ini memberimu kesempatan untuk meningkatkan jaringan profesional (professional network) yang berpotensi memberi kesempatan karier berharga di dunia kerja.

Tips Kuliah Sambil Kerja

Apakah bisa kuliah sambil kerja? Bukankah prosesnya sulit dan melelahkan?

Tenang saja, hal itu sangat memungkinkan jika kamu mengaplikasikan tips berikut:

1. Atur Prioritas dan Buat Jadwal Kegiatan Harian

Dengan bertambahnya kegiatan, tentu kamu harus pintar mengatur waktu dan mengatur prioritas. Buatlah daftar kegiatan yang harus kamu lakukan setiap harinya, identifikasi setiap kegiatan, dan lakukan kegiatan atau tugas dengan deadline yang lebih mendesak.

Meski begitu, jangan lupa sisihkan waktu untuk melakukan ‘me time’ atau bertemu dengan orang-orang terkasih. Dengan begini, hidup kamu bisa tetap seimbang walau sedang sibuk, dan bisa terhindar dari perasaan burn out.

2. Manfaatkan Teknologi dan Fasilitas Kampus

Jangan enggan untuk memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan kamu. Beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan misalnya:

  • Aplikasi produktivitas untuk mengatur kegiatan atau tugas, membuat deadline pribadi, serta me-review progres pekerjaan yang sudah kamu lakukan.
  • Kalender untuk mengatur jadwal harian.
  • Aplikasi pencatatan dan kolaborasi untuk mencatat materi kuliah serta melakukan review materi bersama dengan teman sekelas.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas kampus untuk mengerjakan tugas dengan lebih efektif dan efisien. Misalnya saja, memanfaatkan perpustakaan atau pusat riset untuk mencari data.

Kuliah Online Sambil Kerja di Telkom University

Ingin mulai kuliah lagi sambil tetap bekerja? Pastikan kamu memilih universitas terbaik di Indonesia.

Kelas online Telkom University alias PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) merupakan program kelas 100% online yang memungkinkan kamu untuk kuliah dan meraih gelar dari mana saja.

Program online learning Telkom University ini tidak berbeda dengan program kuliah tatap muka pada umumnya. Ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  • Mendapatkan kurikulum dan gelar yang sama dengan mahasiswa yang belajar secara offline.
  • Tidak membatasi usia dan domisili mahasiswa.
  • Biaya yang lebih kecil.
  • Pembelajaran 100% online menggunakan metode e-learning.
  • UTS dan UAS dilaksanakan secara online.
  • Waktu pembelajaran yang fleksibel, termasuk penjadwalan bimbingan dan sidang akhir.
  • Wisuda di Telkom University Bandung.

Kemudian, jurusan apa yang cocok untuk kuliah sambil kerja?

Telkom University menyediakan dua program studi dengan metode PJJ, yaitu:

S1 PJJ Informatika Telkom University

Ini adalah jurusan dengan spesialisasi data science, intelligence system, cyber physical systems, dan software engineering dengan prospek kerja di bidang IT, data science, software development, dan masih banyak lagi.

S2 PJJ Manajemen Telkom University

Jurusan dengan spesialisasi manajemen ini relevan dengan perkembangan industri di era digital. Mahasiswa program ini akan memiliki skill analytical thinking dan problem solving yang sangat dibutuhkan di perusahaan. Lulusan akan mendapatkan gelar S2 Manajemen MM.

Dengan mengaplikasikan tips kuliah sambil kerja di atas, jadwal yang padat bukan lagi jadi halangan. Apalagi, jika kamu ingin menaiki tangga karier lebih tinggi lagi. Lalu, pastikan kamu mengambil program online learning Telkom University yang memang dirancang untuk kamu yang sibuk bekerja. Yuk, daftar sekarang!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Telegram
Zoom