Melambungnya jumlah platform dan saluran komunikasi dalam berbagai format memicu setiap perusahaan untuk terus memperbarui eksplorasi terkait apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh audiens
Dalam rangka pemenuhan kebutuhan bisnis dalam mempersepsikan brand identity mereka dengan tepat sasaran, program studi Ilmu Komunikasi membantu menemukan aspek-aspek interdisipliner keilmuan serta menekui perubahan alur dan metode komunikasi dari waktu ke waktu.
Kenapa harus pilih S1 Ilmu Komunikasi?
Pilihan untuk mengejar gelar S1 Ilmu Komunikasi membawa keuntungan besar dalam memahami dan menguasai dunia komunikasi yang semakin kompleks dan dinamis. Dengan kombinasi unik dari keterampilan verbal, tulisan, dan interpersonal, lulusan Ilmu Komunikasi memiliki keahlian yang diperlukan untuk menjadi pemimpin di berbagai industri. Mereka mampu menganalisis dan merancang pesan yang efektif, membangun citra merek yang kuat, dan mengelola krisis komunikasi dengan keahlian tinggi. Kemampuan mereka untuk memahami tren komunikasi terbaru, memanfaatkan platform media sosial, dan menjalin hubungan yang kuat dengan khalayak, menjadikan mereka aset berharga dalam mencapai tujuan pemasaran dan menjaga reputasi perusahaan.
Asal Jurusan Sekolah | Program studi ini dapat diikuti oleh lulusan jurusan IPA / IPS / SMK Teknik / SMK Non Teknik / Bahasa / Agama |
---|
Gelar |
S.I.Kom. |
Lama Studi |
8 semester (4 tahun) |
Akreditasi |
Unggul |
Lokasi |
Jl. Telekomunikasi No. 1 Ters. Buah Batu Kab. Bandung, Jawa Barat |
Website Prodi |
bcomms.telkomuniversity.ac.id |
Prospek Kerja
- Social Media Specialist
- Corporate Communications Manager
- Communication Consultant
- Market Research Analyst
- Public Relations Manager
- Digital Content Writer
Bagiku diterima melalui jalur beasiswa di Telkom University adalah Golden Ticket menuju kesuksesan. Keinginanku untuk melanjutkan jenjang perkuliahan dengan beasiswa akhirnya terwujud. Ketika tau aku diterima waktu itu rasanya BOOM!!! Pokoknya seneng banget, terharu semuanya campur aduk dalam satu momen. Doa tanpa usaha sama dengan bohong. Kejar cita-citamu setinggi langit. Aku tunggu di Telkom University!
I Komang Nara Dhananjaya S - Mahasiswa peraih Beasiswa Unggulan OSC 2021
Belum tersedia.
Tahun Pertama
Semester 1
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami konsep, etika dan keterampilan |
---|---|
1 | Pembentukan Karakter |
2 | Pengantar Ilmu Komunikasi |
3 | Sosiologi Komunikasi |
4 | Berpikir Kreatif |
5 | Kemampuan Presentasi dan Bicara Publik |
6 | Fotografi dan Gambar Digital |
7 | Literasi Digital |
8 | Etika Komunikasi |
Semester 2
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami landasan filosofis, teori komunikasi dan konteks-konteks ilmu komunikasi |
---|---|
1 | Teori Komunikasi |
2 | Filsafat Komunikasi |
3 | Komunikasi Interpersonal |
4 | Komunikasi Kelompok dan Organisasi |
5 | Komunikasi Massa dan Media Baru |
6 | Komunikasi Visual |
7 | Bercerita Lintas Media |
Tahun Kedua
Semester 3
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis praktik komunikasi dalam berbagai budaya dan konteks komunikasi era digital |
---|---|
1 | Psikologi Komunikasi |
2 | Komunikasi Internasional |
3 | Manajemen Komunikasi |
4 | Komunikasi Antar Budaya |
5 | Bahasa Inggris : Penulisan dan Kemampuan Presentasi |
6 | Komunikasi Bisnis |
7 | Komunikasi Digital |
Semester 4
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami metode penelitian untuk digunakan dalam menganalisis isu kontemporer dan menyajikannya dalam bentuk karya akademik |
---|---|
1 | Metode Penelitian Kuantitatif |
2 | Metode Penelitian Kualitatif |
3 | Statistik Sosial |
4 | Kapita Selekta Komunikasi |
5 | Analisis Data Media Sosial |
6 | Audit Komunikasi |
Tahun Ketiga
Semester 5
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep ilmu komunikasi dalam berbagai praktik komunikasi digital |
---|---|
Mahasiswa bisa mengambil skema program MBKM :
| |
1 | Kewirausahaan |
2 | Pancasila |
3 | Bahasa Indonesia |
4 | Penggunaan Media Sosial |
5 | Pendistribusian Konten Media |
6 | Penulisan Karya Ilmiah |
7 | Pemasaran Digital Interaktif |
Semester 6
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan keterampilan khusus komunikasi |
---|---|
- Mahasiswa mampu mengambil skema program WRAP :
| |
1 | Bahasa Inggris |
2 | Pendidikan Agama |
3 | Kewarganegaraan |
4 | Kerja Praktek |
5 | Mata Kuliah Peminatan* |
*MARKOM
| |
*MEDIA
|
Tahun Keempat
Semester 7
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan keterampilan khusus komunikasi |
---|---|
- Mahasiswa mampu mengambil skema program WRAP :
| |
1 | Mata Kuliah Peminatan* |
*MARKOM
| |
*MEDIA
| |
2 | Mata Kuliah Pilihan |
|
Semester 8
No | Mata Kuliah | Kompetensi : Mahasiswa mampu melakukan penelitian dan berkontribusi dalam mengembangkan ilmu komunikasi |
---|---|
1 | Seminar Proposal |
2 | Skripsi |
- Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat
- Memiliki salinan ijazah, transkrip akademik, dan sertifikat keiikutsertaan kejuaraan nasional maupun internasional*
- Memiliki Surat Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bagi pendaftar lulusan luar negeri atau homeschooling. Klik disini untuk informasi selengkapnya
- Cari Informasi Mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Telkom University
- Buat Akun
- Lengkapi Data Diri
- Lengkapi Data Registrasi
- Cetak Kartu Peserta
Jalur Seleksi
Jalur Seleksi Aktif untuk seluruh program D3 dan S1 dapat dilihat pada laman berikut.
Tuition Fee
Rp 13.500.000 Per Semester
Selengkapnya
Telkom University memilki beberapa komponen biaya pendidikan untuk setiap prgram studi, yaitu:
- UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan) adalah uang pembangunan. UP3 hanya dibayarkan 1 kali di awal pendaftaran.
- SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler) adalah uang sumbangan. SDP2 hanya dibayarkan 1 kali di awal pendaftaran.
Biaya SDP2 dibedakan berdasarkan jalur seleksi yang diikuti, yaitu:
- Jalur Reguler, seluruh jalur seleksi yang dibuka selain jalur USM
- Jalur USM, jalur khusus Undangan Seleksi Mitra (USM)
- BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) adalah biaya pendidikan yang dibayarkan setiap semester selama perkuliahan
Nama Prodi | UP3 UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan) adalah uang pembangunan. UP3 hanya dibayarkan 1 kali di awal pendaftaran. | SDP2 (Jalur Umum) SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler) adalah uang sumbangan. SDP2 hanya dibayarkan 1 kali di awal pendaftaran. | SDP2 (Jalur USM) SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler) adalah uang sumbangan. SDP2 hanya dibayarkan 1 kali di awal pendaftaran. SDP2 Jalur USM hanya berlaku pada Jalur USM saja. | BPP/ Semester BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) adalah biaya pendidikan yang dibayarkan setiap semester selama perkuliahan |
---|---|---|---|---|
S1 Ilmu Komunikasi | Rp 9.000.000 | Rp 12.000.000 | Rp 20.000.000 | Rp 13.500.000 |