Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

5 Jurusan di Telkom University untuk Kamu yang Ingin Lepas dari Hitungan!

Jurusan Di Telkom University

Share

Jurusan di Telkom University tidak hanya menawarkan teknik dan apa pun yang berbau rumus serta angka. Kalau kamu merasa terbebani dengan keberadaan hitung-hitungan yang rumit, maka ada banyak jurusan yang bisa kamu coba.

Artikel ini akan mengupas jurusan apa saja yang cocok untuk kamu yang benci hitung-hitungan, namun tetap relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

1. Film dan Animasi

Kamu yang berjiwa seni dan suka dengan kreativitas tanpa angka akan cocok dengan Jurusan Film dan Animasi.

Selain mengembangkan kemampuan naratif visual, jurusan ini akan mengajarkan teknik produksi dan juga aspek kreatif pembuatan film serta animasi. Fokus jurusannya meliputi:

  • Penciptaan Cerita: Mengasah kemampuan dalam merangkai cerita yang menarik dan penuh emosi.
  • Teknik Produksi: Belajar tentang aspek teknis produksi film dan animasi, dari pengambilan gambar hingga editing.
  • Desain dan Animasi: Mengembangkan keterampilan dalam desain karakter dan lingkungan, serta animasi 2D dan 3D.

Kenapa jurusan ini cocok untuk kamu? Pertama, tidak ada kebutuhan untuk matematika kompleks, mengintat fokusnya adalah pada ekspresi visual dan kreativitas. Kedua, kamu punya ruang yang luas untuk mengeksplorasi ide-ide unik.

Karir yang relevan meliputi sutradara, animator, desainer karakter, video editor, director of photography, dan masih banyak lagi.

2. Ilmu Komunikasi

Apabila kamu menggemari dinamika komunikasi manusia dan pengaruhnya terhadap masyarakat, maka Jurusan Ilmu Komunikasi cocok untukmu.

Tidak ada rumus dan angka yang kompleks di sini karena kamu akan memahami komunikasi dan melakukan praktiknya dalam berbagai konteks. Highlight dari jurusan ini meliputi:

  • Teori Komunikasi: Memahami prinsip-prinsip dasar bagaimana manusia berkomunikasi dan pengaruhnya terhadap individu serta masyarakat.
  • Media dan Jurnalistik: Belajar tentang peran media dalam masyarakat, termasuk produksi berita, etika jurnalistik, dan tren media digital.
  • Public Relations dan Advertising: Memahami strategi komunikasi merek dan hubungan masyarakat untuk membangun citra positif dan efektif.

Minimnya fokus pada matematika memungkinkan mahasiswanya konsentrasi pada aspek komunikatif dan kreatif. Setelah lulus, kamu bisa terjun sebagai spesialis komunikasi korporat, media sosial manajer, jurnalis, PR Specialist, dan lain sebagainya.

3. Digital Content Broadcasting

Ada juga konten penyiaran digital atau Digital Content Broadcasting. Ini adalah jurusan yang akan membawamu belajar produksi, strategi distribusi, serta menggunakan platform media untuk menjangkau dan menghibur audiens secara efektif.

Apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan ini?

  • Produksi Konten Digital: Belajar cara membuat konten yang menarik dan relevan, mulai dari video, podcast, hingga konten media sosial.
  • Strategi Distribusi: Memahami cara terbaik untuk mendistribusikan konten melalui berbagai saluran digital untuk maksimalisasi jangkauan dan engagement.
  • Analisis Audiens: Mengenal audiens target dan bagaimana preferensi serta perilaku mereka memengaruhi pembuatan dan distribusi konten.

Jurusan Digital Content Broadcasting akan melibatkanmu menggunakan teknologi terdepan dan belajar cara menggunakannya. Setelah lulus, kamu bisa berkecimpung sebagai content creator, digital strategist, social media manager, dan teknisi penyiaran.

4. Public Relation

Jurusan ini akan mempersiapkanmu membangun dan memelihara hubungan baik antara organisasi dan publiknya. Maka dari itu, kamu tidak harus berurusan dengan kompleksitas rumus matematika.

Melalui Jurusan Public Relation, kamu akan belajar:

  • Strategi Komunikasi: Mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan strategi komunikasi yang efektif untuk membangun citra positif perusahaan atau klien.
  • Manajemen Krisis: Belajar cara menangani situasi krisis dengan cara yang meminimalkan kerugian bagi reputasi perusahaan.
  • Media dan Pers Relations: Memahami cara kerja media, bagaimana membangun hubungan baik dengan wartawan, dan bagaimana merancang pesan yang menarik untuk pers.

Agar menjadi spealis di bidang hubungan masyarakat, kamu akan fokus pada pengembangan keterampilan berkomunikasi – baik verbal maupun tertulis. Tidak hanya itu, lulusannya juga cocok mengejar karier di bidang manajer komunikasi, manajer media sosial, hingga konsultan PR dengan berbagai klien.

5. Desain Komunikasi Visual

Jurusan DKV ini sangat populer di kalangan mereka yang mencintai berkomunikasi lewat seni. Selain menciptakan dan menyampaikan pesan secara visual, kamu juga akan belajar menggunakan berbagai media.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendalami:

  • Prinsip Desain: Memahami dasar-dasar desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan bagaimana elemen-elemen tersebut bekerja bersama untuk menciptakan komunikasi visual yang kuat.
  • Branding dan Identitas Visual: Belajar bagaimana menciptakan dan mengembangkan identitas merek yang kohesif melalui desain visual.
  • Desain Media Interaktif: Merancang antarmuka pengguna yang ramah dan menarik untuk aplikasi web dan mobile.
  • Penggunaan Software Desain: Mengasah keterampilan dalam software desain terkini seperti Adobe Creative Suite untuk mewujudkan ide-ide desain menjadi realita.

Dunia DKV selalu berkembang dengan adanya teknologi, media, dan tren baru di masyarakat. Oleh karena itu, kebutuhan akan desainer grafis, desainer UI dan UX, hingga creative director akan terus meningkat dari masa ke masa.

Lebih dari apa pun, jurusan yang satu ini akan mempersiapkanmu memasuki industri kreatif dengan matang tanpa hitung-hitungan matematika!

Telkom University menawarkan berbagai jurusan yang memenuhi kebutuhan dan minat mahasiswa dari semua latar belakang. Dari Ilmu Komunikasi hingga Desain Komunikasi Visual, setiap program bertujuan untuk memberdayakan kamu dalam mengejar passion dan mengembangkan bakat.

Daftar langsung ke jurusan favorit kamu sekarang juga atau konsultasi via Zoom untuk memantapkan hati. Mulai perjalanan #RaihMasaDepanmu dengan memilih jurusan di Telkom University yang sesuai dengan passion dan bakat!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Telegram
Zoom