Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

Mau Jadi Digital Marketer? Kuasai Skill ini!

Digital Marketing

Share

Belajar digital marketing merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, utamanya bagi kamu yang memiliki bisnis atau ingin berkarier sebagai digital marketer. Ilmu ini dapat membantu mengetahui tujuan dan arah bisnis serta memudahkan kamu menentukan target pelanggan sehingga mendorong terjadinya peningkatan penjual. Makin tinggi penjualan, makin besar omzet dan keuntungan yang kamu dapatkan.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran produk, merek, atau layanan menggunakan berbagai media digital dan internet. Contohnya: website, blog, adwords, e-mail, dan media sosial. Tujuan digital marketing adalah untuk mendorong kesadaran merek dan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan cara relevan dan efisien serta tidak menghabiskan banyak biaya.

Pada dasarnya, digital marketing bukan sekadar menjual produk secara online atau mengunggah foto produk di media sosial, melainkan juga membuat strategi supaya target bisnis tercapai.

Digital marketing kerja apa? Kalau kamu tertarik mendalami digital marketing, kesempatan bekerja sebagai digital marketer terbuka luas. Meskipun demikian, kamu perlu mempelajari sejumlah kemampuan berikut agar sukses menjadi seorang digital marketer.

1. SEO & SEM

Kemampuan dasar Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) harus kamu miliki untuk melancarkan kegiatan pemasaran digital. Berbekal kemampuan ini, kamu bisa mengoptimasi konten dan mendorong pertumbuhan trafik organik pada mesin pencari.

2. Project Management

Seorang digital marketer harus bisa menyusun strategi pemasaran yang terukur dan berkoordinasi dengan pihak terkait agar target tercapai sesuai sasaran. Berbekal kemampuan Project Management, kamu bisa merancang, mengelola, menjalankan bisnis, dan berkolaborasi secara efektif.

3. Data Analysis

Kemampuan data analysis akan memberikan kamu gambaran objektif mengenai efektivitas pemasaran yang akan, sedang, maupun sudah dijalankan. Kemampuan ini juga bisa memudahkan kamu mengukur pertumbuhan dan peluang bisnis baru.

4. Audience Building

Kemampuan audience building dapat membantu kamu meyakinkan dan memikat target konsumen untuk menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan sekaligus menjaga mereka tetap setia.

5. Technology Savvy

Lantaran pekerjaanmu berhubungan dengan layanan dan teknologi, kamu tidak boleh gaptek. Seorang digital marketer dituntut untuk paham dan cepat beradaptasi dengan cara kerja teknologi yang digunakan untuk pemasaran.

6. Creative Thinking

Kemampuan lain yang tak kalah penting untuk dikuasai adalah berpikir kreatif. Hampir seluruh kegiatan marketing tak lepas dari merancang ide dan mengeksekusi strategi yang melibatkan otak kanan. Berbekal kemampuan creative thiking, kamu akan mudah membaca peluang serta merancang ide yang unik, inovatif, dan solutif.

7. Problem Solving

Memiliki kemampuan problem solving membantu kamu mengatasi berbagai masalah yang ada selama menjalankan bisnis dan mencapai target.

Jurusan Digital Marketing

Mengingat pertumbuhan bisnis online makin berkembang pesat, dibutuhkan pemahaman mengenai digital marketing yang baik. Untuk mendukung hal ini, beberapa kampus menyediakan jurusan digital marketing.

Sesuai namanya, jurusan ini berfokus pada pemasaran produk melalui media digital. Umumnya, terdapat sejumlah mata kuliah digital marketing yang akan kamu pelajari. Mulai dari pengantar bisnis, komunikasi bisnis, periklanan dan promosi, hingga pemasaran digital.

Selain Digital Marketer, prospek kerja digital marketing cukup luas dengan kisaran gaji yang terbilang besar. Kamu bisa bekerja sebagai SEO Specialist, Media Social Specialist, Content Creator, Content Writer, Content, Strategist, Copywriter, dan Email Marketer.

Baca juga Cerita TelUtizen: Prospek Kerja Jurusan Digital Marketing

Kendati belajar digital marketing dapat dilakukan secara otodidak, kamu tetap disarankan untuk berkuliah supaya ilmu yang didapat lebih luas dan maksimal. Jika kamu bertanya mengenai tempat kuliah digital marketing dimana? Telkom University bisa jadi pilihan.

Di jurusan digital marketing Telkom University kamu bisa belajar dengan dukungan pengajar terbaik dan fasilitas perkuliahan yang mumpuni. Sebagai mahasiswa jurusan digital marketing, kamu akan mempelajari tiga mata kuliah inti, yakni Digital Business Behavior, Digital Customer Behavior, dan Digital Marketing Communication serta E-Marketing sebagai mata kuliah pilihan.

Yuk, wujudkan impian dan raih karier impianmu menjadi Digital Marketer bersama Telkom University. Jadi tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan #RaihMasaDepanmu dengan belajar digital marketing di Telkom University! Masih ragu? Kamu bisa lho Konsultasi via Zoom gratis!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom