Mengenal Kurikulum Manajemen Rekayasa Industri Telkom University

Kurikulum Manajemen Rekayasa Industri Tel U, Apa Saja?

Manajemen Rekayasa Industri didefinisikan secara umum sebagai serangkaian proses dari perencanaan, pengorganisasian, alokasi sumber daya, pengarahan, hingga aktivitas pengaturan  yang melibatkan teknologi atau komponen sistem.

Hal ini sejalan dengan perkembangan signifikan dalam bidang teknologi. Perlu adanya implementasi teknologi baru lengkap beserta dengan kebutuhan industri akan pekerja yang dapat beradaptasi.

Namun, program Manajemen Rekayasa Industri belajar apa saja? Simak selengkapnya pada artikel ini!

Belajar Ilmu Manajemen atau Teknik Industri?

Menjadi program studi terkini di Indonesia, jurusan Manajemen Rekayasa Industri sendiri telah berkembang pesat di berbagai negara. Amerika Serikat misalnya, program sarjana maupun pascasarjana Manajemen Rekayasa Industri banyak ditemui karena kebutuhan industrinya yang diperkirakan meningkat hingga tahun 2032.[1]

Dengan keilmuan manajemen sebagai dasar penyelesaian masalah, program studi ini juga mendalami strategi bisnis disertai dengan perencanaan organisasi. Sehingga lulusannya mampu mengelola proyek investasi demi mendukung keberlanjutan dan pengembangan baik produk maupun eksistensi perusahaan.

Bagaimana dengan pemahaman mengenai teknik industri?

Tentu saja teknik dan pengetahuan tentang industri manufaktur dibutuhkan. Hal ini akan memperkuat keilmuan kerekayasaan (engineering), sains dan teknologi. Pengembangan inovasi berbasis teknologi juga dipelajari guna pemanfaatan aspek TIK dalam sistem industri terintegrasi.

Kombinasi keahlian ini akan mengantarkan lulusan Manajemen Rekayasa Industri mengetahui setiap proses industri yang terjadi dan mampu menggunakan pengetahuannya untuk menjaga serta mengembangkan perusahaan.

Kurikulum dan Mata Kuliah Manajemen Rekayasa Industri

Capaian kemampuan yang harus dimiliki para lulusan Manajemen Rekayasa Industri antara lain harus memahami hubungan terstruktur antara ilmu manajemen dan pengelolaan sumber daya manusia dalam produksi, penelitian, dan penataan organisasi.

Berikut cakupan rumpun mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan Manajemen Rekayasa Industri.

Basic Science, Matematika dan Statistika

Matematika menjadi mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa Manajemen Rekayasa Industri. Konsep-konsep teori sains alam serta aplikasi matematika rekayasa sangat diperlukan pada analisis tantangan rekayasa yang kompleks.

Kepemimpinan dan Organisasi

Bekerja di industri membutuhkan pengetahuan mengenai tim dan proyek. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan tim multidisiplin dan multibudaya menjadi hal yang utama.

Pengelolaan Proyek dan Pengembangan Produk

Dengan mata kuliah ini, mahasiswa akan mampu merumuskan strategi pengambilan keputusan operasional dengan rekognisi, penguraian, hingga penyelesaian hambatan seputar kerekayasaan.

Manajemen keuangan juga didalami guna mendapatkan keputusan-keputusan terkait operasional bisnis baik untuk rencana jangka pendek maupun jangka panjang.

Inovasi yang terus dilakukan memerlukan pembaruan disertai kapabilitas organisasi yang harus selalu ditingkatkan berdampak pada kebutuhan teknisi berkemampuan hard-skill maupun soft-skill.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Rekayasa Industri

Bidang teknik masa kini dipenuhi dengan para ahli yang menanggung kewajiban sebagai Project Manager atau Technical Engineer dan keterlibatannya dalam proses sistem informasi kompleks.[2]

Kebutuhan akan pengembangan usaha baru serta pembaruan perusahaan berkembang sangat cepat di Indonesia. Hal ini bertujuan agar dapat mengatasi kegiatan genting ekonomi berkepanjangan di negara ini.

Dengan inovasi yang dihadirkan dari pendekatan teknologi, dapat menjaga daya saing sekaligus peningkatan efisiensi operasional. Bidang manajemen rekayasa menjadikan teknologi sebagai alat atau tools dalam optimasi misi perusahaan yang lebih besar.[3]

Adapun kurikulum yang menitikberatkan teknologi dengan peminatan berfokus pada industri manufaktur, teknologi informasi, dan sistem bisnis. Pengetahuan yang mendalam dan wawasan luas mengenai aspek manajerial dan industri membuat lulusan jurusan ini memiliki prospek cemerlang di masa depan.

Manajemen Rekayasa Industri di Telkom University

Turut berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan serta kewirausahaan dengan basis teknologi informasi, S1 Manajemen Rekayasa Industri Telkom University akan menjadikanmu ahli di bidangnya. Jika tertarik menjadi seorang Manager, jurusan ini sangat pas untukmu.

Jika masih ada pertanyaan seputar S1 Manajemen Rekayasa Industri, kontak kami atau konsultasi via Zoom untuk penjelasan yang lebih mendalam tentang program studi paling baru dari Telkom University ini.

Tunggu apa lagi? Segera jadi bagian #CreatingTheFuture bersama kampus swasta terbaik di Indonesia!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom