Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

Tips Lancar Kuliah Bagi Mahasiswa Baru

Mahasiswa Baru

Share

Perkuliahan menjadi dunia baru bagi kalian yang lulus sekolah. Sebelum berkuliah, kalian perlu tahu tips lancar kuliah bagi mahasiswa baru agar tidak mengalami culture shock ketika masuk kuliah.

Tips Lancar Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Agar proses kuliah lebih lancar dan terasa menyenangkan, berikut ini beberapa tips yang bisa kalian coba:

1. Pilih Gaya Belajarmu

Memilih jurusan kuliah yang kalian mau, kalian dapat mendalaminya dengan baik. Namun, jangan lupa terapkan gaya atau metode belajar efektif agar mata kuliah yang diajarkan mudah dipahami. Karena itu, pilih metode belajar sesuai kemampuan kalian.

Seperti auditori, linguistik dan visual menjadi gaya belajar untuk kalian. Gaya tersebut bisa diterapkan agar mudah memahami pelajaran. Dengan gaya belajar yang cocok, kuliah kalian akan semakin lancar dan mendapatkan IPK tinggi.

2. Perluas Wawasan Terkait Bidang Studi

Memperluas bidang studi yang kalian ambil akan menambah ilmu kalian. Hal ini penting karena kalian dapat explore tentang karir terkait bidang studi. Dengan memperluas wawasan, kalian lebih mudah mempelajari mata kuliah sesuai jurusan.

Luasnya wawasan kalian membuat belajar lebih mudah karena telah memahami apa yang diajarkan. Dengan ilmu tersebut, wawasan terkait bidang studi yang kalian ambil berguna untuk karir di masa depan.

Tidak heran jika ingin lancar kuliah, maka perbanyaklah wawasan di bidang studi yang kalian pilih. Hal ini akan memudahkan kalian memilih karir sesuai minat terkait bidang studi.

3. Perluas Relasi atau Networking

Ikut organisasi atau kegiatan kampus menjadi hal penting. Dengan mengikutinya, kalian akan mendapatkan banyak teman dan relasi untuk mempermudah kuliah. Luasnya relasi membuat kalian mendapat hal baru dari teman kuliah beda jurusan.

Selain ikut organisasi, kalian bisa mengikuti kegiatan di luar kampus. Kegiatan ini bisa kalian peroleh dari magang maupun organisasi luar yang memberikan banyak pengalaman. Dengan mengikutinya, kalian bisa mendapat relasi bahkan kerja.

Dalam jangka panjang, relasi yang luas juga akan menguntungkan kalian. Bukan hanya dalam hal pekerjaan, namun relasi yang luas juga bisa kalian gunakan untuk membangun bisnis baru bersama dengan kolega kalian.

4. Manajemen Waktu dengan Baik

Dunia perkuliahan tidak hanya berkaitan dengan akademik saja. Dengan memperluas relasi melalui kegiatan organisasi maupun kepanitiaan yang kalian ikuti maka kalian perlu mengatur waktu dengan baik. Manajemen waktu yang baik akan membantu aktivitas kalian lebih teratur di sisi akademik maupun non-akademik. Prioritaskan tugas terpenting agar kalian dapat lebih mudah mengatur waktu.

Jika manajemen waktu kalian bagus, maka apapun yang kalian kerjakan cepat selesai. Untuk itu, kurangi menunda waktu dan segera kerjakan tugas yang diberikan.

Manajemen waktu yang baik membuat kalian dapat menyeimbangkan kehidupan kuliah dan pertemanan maupun keluarga. Hal ini akan menambah kepercayaan diri dan kuliah kalian lebih lancar karena produktivitas meningkat.

5. Update Informasi Kampus

Selain fokus pada jurusan kuliah, kalian juga perlu melihat update informasi di website kampus. Update tersebut, bisa berupa beasiswa maupun program kampus seperti webinar dan program bermanfaat lainnya.

Karena itu, selalu update informasi di kampus agar tak tertinggal informasi penting. Dengan update informasi, kalian akan mendapat hal baru yang bisa kalian ikuti untuk menambah pengetahuan dan pengalaman di kampus.

Supaya lancar kuliah, ikuti program seperti webinar, magang dan beasiswa. Hal ini memperlancar kalian saat berkuliah untuk menambah ilmu. Bagi para mahasiswa, terutama mahasiswa baru, kemampuan softskill juga menjadi salah satu aspek yang wajib dikuasai.

Tips lancar kuliah bagi mahasiswa baru di atas bisa kalian terapkan saat berkuliah. Dengan mengikutinya, kuliah kalian lebih teratur dan mendapat nilai terbaik. Semangat menjalani kehidupan baru sebagai mahasiswa dan selalu semangat #RaihMasaDepanmu untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom