Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

Prospek Kerja UI UX Cerah, Studi Sistem Informasi Jawabannya

Prospek Kerja Ui Ux Cerah, Studi Sistem Informasi Jawabannya

Ingin memilih bidang pekerjaan UI UX yang sedang tren untuk karier di masa mendatang? Yuk, kenali lebih dalam apa itu UI UX, prospek kerja UI UX serta jurusan apa yang harus kamu pilih agar bisa terjun ke bidang ini nantinya!

Mengenal UI UX

Perlu kamu ketahui, UI dan UX adalah dua profesi yang berbeda. Meski demikian, kedua profesi selalu saja disandingkan bersama. Alasannya cukup sederhana, yakni karena memang kedua profesi ini saling melengkapi satu sama lain.

UI atau User Interface adalah pekerjaan yang bergelut dengan perancangan desain yang menarik. Di sisi lain, UX atau User Experience adalah pekerjaan yang bergelut pada pembuatan produk yang mampu memberikan kenyamanan bagi penggunannya.

Secara khusus, ini prinsip UI UX:

1. UI

Fokus utama pekerjaan mereka adalah membuat desain menarik sehingga memikat perhatian pengguna. Hal ini termasuk pembuatan desain menu atau tombol, pemilihan warna, tipografi, tata letak, dan ikon. 

“Ikon ini bagusnya bentuk bulat atau kotak ya?”

“Jenis huruf yang bagus yang mana ya?”

2. UX

Fokus pekerjaan UX designer adalah menyediakan produk yang praktis dan efektif. Oleh karena itu, rancangan produk UX biasanya mudah digunakan oleh pengguna.[1]

“Menu ini fungsinya untuk apa sih?”

“Memangnya menu ini benar-benar diperlukan ya?”

Meskipun UI dan UX adalah dua disiplin ilmu yang berbeda, keduanya bekerja bahu- membahu untuk menciptakan pengalaman kohesif dan ramah pengguna. UX menyiapkan produk yang bisa dengan nyaman pengguna gunakan dan UI mempermanis produk tersebut agar menarik perhatian pengguna.

Prospek Kerja UI/UX

Di era digital ini, desain antarmuka yang menarik dan pengalaman pengguna yang optimal telah menjadi faktor penting kesuksesan produk atau layanan. Dari aplikasi ponsel hingga platform e-commerce, tuntutan akan desain yang menawan dan pengalaman pengguna yang mulus semakin meningkat.

Inilah mengapa peran UI/UX laris manis di pasar kerja. Semakin besarnya pemahaman perusahaan dan startup akan pentingnya desain yang menarik dan juga kemudahan penggunaan membuat profesi UI/UX banyak diburu. 

Berapa gaji UI UX? Menurut Katadata, pekerjaan UX designer adalah salah satu profesi terpopuler  dengan gaji tinggi di Indonesia.[2] Rata-rata penghasilan seorang UI dan UX designer adalah sebesar Rp8 juta untuk pemula dan Rp12-20 juta untuk senior UI/UX designer.

Kemampuan yang Kamu butuhkan untuk Menjadi UI/UX Designer

Tertarik dengan gaji besar yang UI dan UX designer dapatkan dalam pekerjaannya? Tenang, kamu bisa menjadi UI/UX designer dan merasakan gaji bulanan sebesar itu jika kamu memiliki kemampuan yang memang diperlukan. Berikut adalah beberapa kemampuan yang kamu perlukan untuk menjadi seorang UI/UX designer:

Keterampilan UI

  • Keterampilan branding visual yang mencakup tipografi, teori warna, dan desain ikon.
  • Wireframing, kemampuan dalam membuat kerangka untuk menyusun item di situs web atau aplikasi.
  • Memiliki pengetahuan tentang desain responsif, animasi, dan interaksi

Keterampilan UX

  • Memiliki kemampuan membuat wireframe dan prototype. 
  • Punya kemampuan pengolahan data. 
  • Memahami cara user testing. 
  • Memiliki pengetahuan terkait pemrograman.

Itulah beberapa kemampuan yang kamu perlukan jika ingin menjadi UI/UX designer. Pertanyaannya, di manakah kamu bisa mendapatkan kemampuan-kemampuan ini?

Berhubung belum ada jurusan yang mengajarkan secara khusus UI/UX design ini, lantas di mana kamu bisa belajar UI UX? Untuk bisa mendapatkan kemampuan yang diperlukan, kamu bisa mengambil jurusan lain yang mengajarkan kemampuan terkait UI/UX. Salah satunya adalah jurusan yang Telkom University tawarkan ini.

Program Studi Sistem Informasi Telkom University

Program studi Sistem Informasi di Telkom University dapat menjadi wadah yang baik untuk mengejar karier di bidang UI/UX. Jurusan ini memang mungkin lebih terkait dengan pemahaman tentang sistem informasi secara umum.

Namun demikian perlu kamu catat bahwa beberapa materi yang diberikan bermanfaat untuk membangun keterampilan UI/UX. Itulah alasan mengapa kamu bisa mempertimbangkan program studi ini untuk membangun landasan yang solid untuk berkarier dalam bidang UI/UX.

Melalui serangkaian materi yang diberikan di jurusan Sistem Informasi, keterampilan UI/UX juga bisa kamu dapatkan.

Beberapa materi kuliah di kurikulum Sistem Informasi yang bisa membantu dalam meningkatkan keterampilan UI/UX adalah sebagai berikut:

  • Desain Jaringan Komputer dan Komunikasi Data
  • Manajemen Layanan Teknologi Informasi
  • Desain Pengalaman Pengguna
  • Manajemen Jaringan Komputer
  • Pengembangan Aplikasi Website
  • Pengujian dan Implementasi Sistem
  • Perancangan Interaksi

Meskipun prodi Sistem Informasi, baik D3 Sistem Informasi atau S1 Sistem Informasi, bukan jurusan khusus UI/UX, namun materinya cukup bermanfaat. Baik untuk memperluas pengetahuan maupun mengasah keterampilan UI/UX.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom