Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

Peluang dan Tantangan di Jurusan Ilmu Komunikasi Kelas Internasional

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi Kelas Internasional

Jurusan Ilmu Komunikasi, terutama kelas internasional, bukan sekadar belajar teori. Ini adalah langkah awal menuju dunia global yang lebih luas.

Berbeda dari kelas reguler, international class hadir dengan kurikulum berstandar internasional dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Yuk, cari tahu apa saja yang akan kamu hadapi selama menuntut ilmu di international class program Ilmu Komunikasi Telkom University!

Keunggulan Kelas Internasional Ilmu Komunikasi

Mahasiswa yang mengambil international class di Ikom bisa merasakan banyak keunggulan, mengingat program ini menggabungkan pendidikan berkualitas dengan perspektif global.

Program ini bekerja sama dengan universitas-universitas di luar negeri sehingga para mahasiswa memiliki pengalaman internasional yang kaya dan relevan. Kurikulum yang memenuhi standar internasional juga menawarkan metode pembelajaran yang unik dan terintegrasi.

Dengan begitu, mahasiswa yang menimba ilmu di international class lebih siap dengan tantangan di kancah global.

Semua mata kuliah Ilmu Komunikasi di kelas ini juga menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar dan komunikasi sehari-hari selama perkuliahan berlangsung. Bersama mahasiswa internasional lainnya, kelas ini memberikan kesempatan peserta didik untuk pemahaman lintas budaya yang mendalam.

Mata Kuliah dalam Jurusan Ilmu Komunikasi Kelas Internasional

Pengantar Komunikasi adalah hal pertama yang akan kamu pelajari. Namun, cakupannya lebih luas karena menyesuaikan kurikulum internasional. Mulai dari teori komunikasi dan sejarahnya hingga peran dan dampak media dalam masyarakat global.

Selain memberikan fondasi kuat dalam pemahaman komunikasi, mahasiswa juga akan belajar tentang media dan teknologi. Beberapa aspek lain yang akan kamu pelajari di kelas internasional meliputi:

  • Komunikasi lintas budaya, yang akan membawamu menjelajah aspek praktis dan teori dari komunikasi antar budaya.
  • Strategi komunikasi dan hubungan masyarakat dalam skala global.
  • Praktik dan etika profesi.
  • Penelitian komunikasi.

Bicara soal belajar apa saja di kelas internasional Ilmu Komunikasi, program ini menawarkan pendekatan holistik dalam mempelajari komunikasi. Dengan begitu, mahasiswa memiliki bekal yang relevan untuk berkarir di berbagai bidang, terutama dalam skala global.

Tantangan Menjadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas Internasional

Menjadi berbeda dan lebih maju tentu mendatangkan tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin kamu hadapi sebagai mahasiswa kelas internasional:

1. Mengikuti Materi Pembelajaran dalam Bahasa Inggris

Bisa bahasa Inggris adalah satu kewajiban, sehingga kamu tidak hanya belajar tentang materi tapi juga harus menguasai bahasa asing. Tidak hanya itu, kemampuan bahasa ini wajib kamu terapkan secara lisan maupun tulisan.

2. Tekanan dan Ekspektasi Tinggi dalam Lingkungan Kompetitif

Bersaing di kancah global berarti berada di lingkungan yang sangat kompetitif. Dengan begitu, tekanan untuk berprestasi juga lebih tinggi. Penting sekali untuk mampu mengelola tekanan dan tetap termotivasi demi hidup yang seimbang.

3. Adaptasi dengan Berbagai Budaya

Kelas internasional seringkali merupakan melting pot dari berbagai budaya. Hal ini juga mengharuskan mahasiswa cepat beradaptasi dengan berbagai cara berpikir, berkomunikasi, dan berinteraksi.

Suka Menjadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas Internasional

Tantangan yang lebih besar juga berarti kamu punya peluang yang lebih potensial daripada mereka yang duduk di kelas reguler. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu raih.

1. Kesempatan Mengembangkan Kemampuan Bahasa

Tidak terbatas pada penggunaan bahasa dalam konteks akademik, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengasah kemampuan bahasa sehari-hari. Selain untuk keberhasilan akademik, kecakapan bahasa ini membuka pintu karier yang lebih luas.

2. Jaringan Luas dari Seluruh Dunia

Kamu juga punya kesempatan yang lebih luas untuk berjejaring. Selain berharga untuk pengalaman belajarmu, hal ini juga akan menguntungkanmu setelah lulus. Tidak hanya untuk berhubungan baik, networking ini membuka peluang kolaborasi di masa depan.

3. Peluang Karier Internasional

Latar belakang pendidikan yang fokus pada standar internasional juga membuatmu lebih kompetitif di pasar kerja global. Hal ini karena kamu memiliki knowledge dan skill yang relevan, tapi juga pemahaman budaya yang lebih kaya.

Tips Sukses Sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas Internasional

Menghadapi persaingan yang lebih kompetitif memang sangat menantang. Tapi tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk memastikan kamu bisa memanfaatkan pengalaman ini dengan maksimal.

  • Pastikan kamu aktif dalam diskusi kelas. Selain meningkatkan pemahaman tentang materi, kamu juga memperkaya pengalaman belajar.
  • Asah kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti kursus bila perlu. Selain itu, terapkan apa yang kamu pelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Luangkan waktu untuk membaca materi Ilmu Komunikasi dalam buku dan jurnal terkini.
  • Selain itu, manfaatkan sumber belajar digital. Kamu bisa ikut webinar gratis, belajar secara online, hingga mendengarkan podcast yang sesuai dengan ilmu komunikasi.
  • Jangan malu untuk berkomunikasi dengan teman-teman sesama mahasiswa dan dosen bahkan profesional di bidang ilmu komunikasi.
  • Dapatkan pengalaman praktis di dunia nyata dengan ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler atau proyek yang relevan.
  • Kembangkan soft skill sambil menguasai materi dengan baik.

Dengan mengikuti tips di atas dan berkomitmen dengan proses belajar, kamu akan mendapatkan pengalaman yang maksimal di international program. Manfaatkan kesempatan belajar di kelas internasional Telkom University.

Menggunakan kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan global sekaligus lingkungan belajar dengan khazanah budaya yang kaya, kamu akan memiliki bekal ilmu terkini dan juga keterampilan praktis untuk bersaing.

Yuk, daftar langsung di Jurusan Ilmu Komunikasi Telkom University kelas internasional. Kembangkan wawasan dan #RaihMasaDepanmu bersama Tel-U.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom