Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

Membangun Karakter Mahasiswa Baru melalui Orientasi Kampus

Orientasi Mahasiswa Baru

Share

Memasuki bulan Agustus hingga September berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi di Indonesia secara serempak mengadakan kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru. Mungkin kalian pernah mendengar OKK UI, PPSMB UGM, dan PRABU UNPAD? Atau lebih familiar dengan istilah ospek? Jika kalian tahu tentang istilah–istilah itu, pasti sudah tahu kan gambaran kegiatannya seperti apa? Atau sudah dapat informasi sebelumnya saat bertemu kakak kelas?

Di Telkom University juga terdapat kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru yang lebih sering dikenal dengan PKKMB. PKKMB adalah kependekan dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru yang merupakan kegiatan awal sebelum memasuki tahun ajaran baru bagi mahasiswa baru. Rangkaian kegiatan PKKMB bisa berbeda setiap tahunnya, namun kegiatan utamanya tidak akan terlepas dari pengenalan lingkungan dan pengenalan kehidupan perkuliahan yang tentu akan berbeda dengan dunia putih abu-abu. 

Yuk kita simak bersama apa saja rangkaian PKKMB yang akan dilakukan calon mahasiswa baru di Telkom University melalui artikel ini.

PKKMB merupakan kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru. Pelaksanaan PKKMB di Telkom University melibatkan banyak sekali pihak terkait yang dikomandoi oleh Direktorat Kemahasiswaan, seperti organisasi mahasiswa, UKM, serta kakak tingkat perwakilan dari berbagai program studi di Telkom University.

Tujuan dari PKKMB sendiri untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan.  Selain itu, untuk memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi, serta memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa sebagai insan pra-dewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan selama masa PKKMB sangat beragam. Mulai dari kegiatan Pra-PKKMB, Pengenalan sistem pendidikan yang ada di Telkom University, Pengenalan dan etika kehidupan kampus, pengenalan fakultas dan program studi yang diambil oleh mahasiswa, pendidikan karakter, pendidikan bela negara, creativity contest, serta pemberian apresiasi kepada para peserta PKKMB Telkom University. Sampai sini sudah ada bayangan belum keseruan kegiatannya? Seluruh rangkaian acara tersebut akan dilakukan dalam rentang waktu 3-4 hari saja.

Sebelum kalian melakukan PKKMB akan ada kegiatan Pra-PKKMB. Sebelum pelaksanaan Pra-PKKMB ini kalian akan terbagi dalam kelompok yang terdiri dari mahasiswa baru dari berbagai program studi. Disini merupakan kesempatan kalian untuk beradaptasi dengan teman baru dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Setelah mendapatkan kelompok atau regu, kalian akan mendapatkan penugasan yang tujuannya untuk melatih kreativitas kalian dalam melakukan eksplorasi baik tugas individu maupun kelompok. Penugasan tersebut meliputi tugas perkenalan, workbook, creativity contest, pembuatan atribut, dan lain sebagainya.

Namun jangan khawatir dengan urusan penugasan baik regu ataupun individu, karena kalian akan didampingi seorang LO (Liaison Officer) sebagai kakak pembimbing selama PKKMB berlangsung. Tugas LO juga memberikan arahan mengenai penugasan, melakukan pencatatan kehadiran, dan lainnya. Jadi kalian tidak akan merasa sendirian dan kebingungan saat berkegiatan PKKMB.

Rangkaian acara akan dimulai dari PKKMB hari ke-1 yang berisi penyampaian sistem akademik. Informasinya akan disampaikan melalui kegiatan talkshow dengan mengundang pembicara yang sesuai. Selain itu, ada juga kegiatan talkshow mengenai Tel-U championship juga presentasi creativity contest bagi kelompok atau regu yang terpilih.

Aktivitas PKKMB
Aktivitas PKKMB Telkom University

Pada PKKMB hari ke-2 biasanya dilaksanakan acara sharing session mengenai anti narkoba, dilanjutkan dengan acara talkshow mengenai bagaimana cara menjadi mahasiswa kompetitif dan berkarakter, dan ESQ yang meliputi renungan sekaligus have fun bersama-sama.

Diakhir PKKMB pada hari ke-3, rangkaian kegiatan pengenalan dan kehidupan kampus akan  diadakan langsung oleh pihak fakultas masing-masing. Fakultas yang ada di Telkom University sendiri terbagi dalam 7 Fakultas yaitu Fakultas Teknik Elektro (FTE), Fakultas Rekayasa Industri (FRI), Fakultas Informatika (FIF), Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB), Fakultas Industri Kreatif (FIK), dan Fakultas Ilmu Terapan (FIT).

Pada PKKMB yang diadakan pihak fakultas ini tentu akan berbeda dengan PKKMB secara institusi dan tentunya lebih seru lagi. Hal ini dikarenakan, kalian sebagai mahasiswa baru dapat berbaur dengan teman se-fakultas dan kemungkinan sesama program studi sehingga dapat menambah relasi.

Tidak hanya itu saja, terdapat acara Student Fair yang akan menampilkan berbagai macam UKM dan Organisasi Mahasiswa di Telkom University. Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru dapat bertanya langsung kepada UKM atau Organisasi Mahasiswa yang diminati untuk mengetahui secara lebih dalam terkait hal-hal yang dilakukan selama mengikuti organisasi tersebut, tata cara bergabung dengan organisasi tersebut, dan pertanyaan lainnya.

Gimana menurut kalian tentang rangkaian kegiatan PKKMB yang diadakan oleh Telkom University? Seru bukan? Gunakan kesempatan PKKMB sebagai langkah awal kalian menemukan teman baru, organisasi yang kalian inginkan, dan tentunya pengetahuan dunia perkuliahan yang didapatkan selama masa PKKMB berlangsung. Nikmati setiap proses yang dilalui dan buktikan bahwa perjuangan yang sedang kalian jalani untuk meraih gelar bisa menjadi kebanggaan orang yang kalian sayangi.

Mau ikutan serunya PKKMB di Telkom University? Yuk segera daftarkan dirimu di Telkom University dan mari #RaihMasaDepanmu disini. 

Penulis: Alfian Mohammad Rizki (D3 Teknik Informatika/ 2021)

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom