Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

Jadi Data Analyst Profesional di Jurusan Sistem Informasi

Eksplorasi Profesi Data Analyst Di Sistem Informasi

Data analyst merupakan profesi baru yang muncul karena makin berkembangnya akses teknologi dan informasi. Data analyst merupakan pihak yang bertugas untuk melakukan analisis data dan riset sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan terbaik dan tepat.

Keberadaan data analyst ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dan perusahaan. Maka, tidak heran jika profesi ini juga digaji dengan nominal lumayan besar. Untuk menjadi seorang data analyst, kamu bisa memilih jurusan Sistem Informasi.

Apa itu Sistem Informasi?

Sistem informasi merupakan jurusan yang mempelajari bidang pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk mengatasi berbagai permasalahan di dalam organisasi. Jadi, jurusan ini menjadi jembatan untuk mengatasi kesenjangan antara komponen teknis (teknologi dan komunikasi) dengan komponen non teknis (bisnis dan manajemen).

Prospek Kerja Sistem Informasi

Makin berkembangnya dunia digital dan IT membuat lulusan sistem informasi makin banyak dibutuhkan. Berikut beberapa prospek kerja Sistem Informasi:

1. Data Analyst

Salah satu peluang karier bagi lulusan Sistem Informasi yaitu sebagai data analyst. Data analyst menjadi salah satu posisi strategis yang membantu perusahaan untuk menganalisis data konsumen. Dengan begitu, mereka dapat menentukan berbagai langkah efektif untuk mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan utama perusahaan.

2. Data Scientist

Lulusan Sistem Informasi juga bisa menjadi data scientist. Tugas Data scientist adalah mengolah data mentah menjadi suatu informasi yang penting dan berguna bagi perusahaan atau organisasi.

3. Computer Engineering

Prospek kerja Sistem Informasi lainnya yaitu sebagai computer engineering. Computer engineering bertugas untuk membangun jaringan, mengembangkan jaringan agar cepat dan andal, serta memperbaiki permasalahan berkaitan dengan komputer.

4. Software Engineer

Lulusan sistem informasi juga dapat bekerja sebagai software engineer atau software developer. Peran profesi ini adalah merancang, membuat, dan mengembangkan perangkat lunak.

Selain beberapa profesi di atas, beberapa profesi lain yang dapat menjadi prospek kerja Sistem Informasi, yaitu application analyst, cyber security analyst, database administrator, IT consultant, information system manager, IT technical support officer, dan system analyst.

Alasan Memilih Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi Telkom University merupakan jurusan sistem informasi terbaik di Indonesia dan menjadi program studi di bidang computing yang pertama kali mendapatkan akreditasi IABEE. Jurusan ini telah meraih banyak penghargaan dan menghasilkan alumni yang berhasil memegang posisi penting di berbagai perusahaan ternama.

Demikian ulasan tentang prospek kerja sistem informasi. Ayo, bergabung bersama Sistem Informasi Telkom University dan #RaihMasaDepanmu dengan gemilang.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom