Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

Intip Lebih Dekat Fasilitas Olahraga Telkom University

Fasilitas Olahraga Telkom University, Ada Apa Saja

Olahraga, seperti namanya, berarti mengolah bagian-bagian tubuh agar raga menjadi bugar dan segar. Bagi calon mahasiswa yang sudah terbiasa berolahraga, memilih kampus dengan sarana olahraga menjadi satu hal yang penting. Bagaimana dengan fasilitas olahraga Telkom University?

Sebagai kampus dengan luas mencapai lebih dari 50 hektar, Telkom University memiliki berbagai fasilitas pendukung untuk kamu yang senang berolahraga. Tidak hanya itu, di Telkom University juga terdapat beberapa UKM yang bergerak di bidang olahraga, seperti UKM Bola, UKM Basket, Telkom University Badminton Club, dan masih banyak lagi.[1]

Namun, apakah olahraga mempunyai dampak positif pada lingkungan akademik? Bahkan sejak masih sekolah dasar, olahraga telah menjadi salah satu mata pelajaran. Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Olahraga Pada Proses Belajar

Laporan Performansi Olahraga dan Akademik dari Layanan Olahraga Universitas Cambridge menemukan bahwa mahasiswa sarjana yang berpartisipasi pada olahraga setingkat universitas punya performa yang lebih baik secara akademik.

Dalam laporan ini, juga ditemukan bahwa aktivitas fisik termasuk partisipasi dalam olahraga dan keanggotaan sebuah gym dapat meningkatkan kesehatan pribadi, kesehatan mental, peningkatan peran dalam masyarakat sosial, serta mendapatkan pencapaian akademik hingga employability.[2]

Berikut merupakan beberapa manfaat yang dirasakan ketika berolahraga dan hubungannya dengan proses belajar mahasiswa.

1. Perbaikan Kondisi Tubuh

Dengan perbaikan kondisi tubuh, otot-otot tubuh akan menjadi kuat yang dapat melancarkan metabolisme serta memperlancar aliran darah ke otak. Kondisi ini juga bisa meningkatkan kapabilitas kognitif dalam pemecahan masalah hingga membangun berbagai ide.

2. Mengurangi Masalah Mental seperti Kecemasan

Aktivitas fisik seperti basket, memanah dan olahraga lain dapat mendorong kesehatan mental yang baik. Dengan disiplin berolahraga, kadar stress seseorang juga dapat berkurang serta adanya rasa senang dari sebuah pencapaian yang melepaskan hormon endorfin. Kesehatan mental yang baik akan meningkatkan konsentrasi, fokus dan pemikiran yang jernih.[3]

3. Pengembangan Skill Sosial dan Kerja Sama

Dalam lingkup akademik, kemampuan kerja sama dan sosial diterapkan dalam proyek grup dan kolaborasi. Mahasiswa yang aktif dalam olahraga mampu menyeimbangkan perannya sebagai bagian dari tim dengan komunikasi yang jelas dan mengerti akan dinamika berkelompok.

Efektif dalam berkomunikasi dapat menumbuhkan partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas, bahkan tugas kelompok dan presentasi tugas. Meningkatnya kualitas kinerja mahasiswa menjadi lebih maksimal juga mampu membantu meraih hasil belajar yang lebih baik.[4]

Beragam Fasilitas Olahraga Telkom University

Setelah mengetahui manfaat olahraga untuk tubuh dan otak, perlu diketahui juga sarana dan prasarana olahraga yang memadai untuk mendukung kemampuan dalam berolahraga.

Mari berkeliling ke beberapa fasilitas olahraga yang bisa kamu kunjungi ketika menjadi mahasiswa Telkom University.

1. Sport Center

Memiliki tiga area lapangan, Sport Center Telkom University terletak di antara Asrama Putri dan Asrama Putra. Lapangan yang terdapat di Sport Center adalah lapangan futsal, lapangan voli, dan lapangan basket. Sport Center ini juga dekat dengan area parkiran motor dan juga mobil.

2. Gym

Masih satu kawasan dengan Sport Center, Gym Telkom University menyediakan berbagai fasilitas serta alat-alat gym untuk membantu meningkatkan kebugaran tubuh dan memperbesar massa otot para TelUtizen.

3. Jogging Track

Telkom University juga punya dua jogging track yang bisa kamu eksplorasi. Yang pertama ada di depan kantor Pemasaran dan Admisi Telkom University, dan yang kedua di sekeliling Danau Situ Techno. Kedua jogging track Telkom University dipenuhi pohon rindang sehingga kamu bisa nyaman dari terik matahari saat berlari.

4. Student Center

Bagi kamu yang memiliki hobi bermain bulu tangkis, Student Center memiliki dua lapangan untuk kamu berlatih. Selain lapangan badminton Telkom University, terdapat pula lapangan basket 3×3 di sebelah gedung Student Center. Masih di area yang sama, ada pula dua lapangan tenis Telkom University yang bisa kamu gunakan untuk berlatih.

5. Kolam Renang

Saat tugas kuliah makin penat, berenang bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyegarkan. Kolam renang Telkom University berada di lantai dasar Gedung Tokong Nanas atau Gedung Kuliah Umum. Memiliki dua kolam yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan, kolam renang ini buka dari hari Senin sampai Sabtu untuk memfasilitasi TelUtizen berenang.

6. Kalistenik

Untuk pegiat olahraga kalistenik maupun pemula, ada dua tempat kalistenik Telkom University untuk memperkuat gerakan-gerakanmu. Pertama, kamu bisa datang ke belakang Gedung Hotel Lingian di antara Gedung Rektorat dan Gedung Kuliah Umum. Kedua, terletak di area Jogging Track depan Gedung Pemasaran dan Admisi Telkom University.

Sudah mantap untuk berkeringat? Berbagai tempat olahraga di Telkom University menunggu untuk kamu kunjungi. Jelajahi lebih jauh kemampuan berolahraga untuk bekal #RaihMasaDepanmu bersama fasilitas terbaik dari Telkom University!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom