Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

Ingin Berkarier di Bidang IT? Ini Dia Program Studi yang Cocok untuk Kamu di Telkom University

Ingin Berkarier Di Bidang It Ini, Dia Program Studi Yang Cocok Untuk Kamu Di Telkom

Prospek kerja lulusan Teknologi Informatika atau TI sangat menjanjikan. Gajinya pun bisa sampai ratusan juta per bulan.

Ingin kuliah Teknologi Informasi atau TI? Sudah tahu apa itu Teknologi Informasi dan bagaimana jenjang kariernya? Ketika mendengar istilah Teknologi Informasi (TI) atau IT (Information Technology), apa yang ada di benak kamu? Banyak orang yang berpikir seorang IT adalah ahli komputer, ahli menciptakan atau mengembangkan komputer. Pekerjaannya pasti berhubungan dengan komputer dan gadget.

 

Apakah benar TI hanya sebatas ahli komputer? Yuk, simak penjelasan lengkap tentang TI dan bagaimana cara untuk menjadi ahli IT.

Apa itu Teknologi Informasi?

Apa Itu Teknologi Informasi

Teknologi Informasi atau TI adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan alat canggih baik dalam bentuk hardware maupun software. TI tidak hanya mencakup komputer, tapi juga teknologi lainnya seperti gadget, firmware, layanan berbasis teknologi, dan sejenisnya.

 

Dapat diartikan seorang ahli TI adalah seorang yang menguasai ilmu dalam mengoperasikan, menciptakan, dan mengembangkan teknologi.

 

Di era yang terus-menerus berkembang, ahli TI sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Semua perusahaan membutuhkan ahli TI atau IT untuk menjalankan program dan layanannya. Oleh karenanya, peran dan peluang seorang IT cukup besar dalam berbagai industri.

Cara Menjadi Ahli Teknologi Informasi

Cara Menjadi Ahli Teknologi Informasi

Tertarik untuk menjadi seorang ahli TI atau IT? Salah satu cara menjadi ahli IT adalah dengan memilih Program studi Teknologi Informasi Telkom University.

 

Saat ini jurusan TI masuk dalam 10 besar jurusan kuliah yang paling diminati di Indonesia.[1] Pasalnya, jurusan ini memang mempunyai prospek kerja yang jelas dan pasti dibutuhkan hampir semua industri. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, ini membuat setiap perusahaan membutuhkan peran ahli TI dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

 

Selama kuliah di TI, kamu akan belajar banyak hal yang berhubungan dengan teknologi dan komputer. Di jurusan ini kamu akan belajar pemrograman untuk membuat software, menganalisis data, serta banyak hal yang berhubungan dengan teknologi.

Prospek Kerja Lulusan Informatika

Prospek Kerja Lulusan Informatika

Seperti yang sudah dijelaskan, peluang karier lulusan Informatika sangat luas, sebab seluruh perusahaan pasti membutuhkan seorang ahli IT. Gaji lulusan Informatika minimal adalah Rp5 juta di awal kariernya. Untuk level yang lebih tinggi, seorang ahli IT bahkan bisa mendapat gaji sampai puluhan juta.

 

Berikut ini adalah beberapa pilihan karier yang bisa kamu ambil setelah lulus kuliah jurusan IT.

1. Software Engineer

Lulusan TI bisa menjadi software engineer dengan job desk merancang dan mengembangkan software di perusahaan. Salah satu tugas kamu nantinya adalah merancang dan menguji aplikasi atau software sebelum diluncurkan.

 

Gaji minimal seorang software engineer adalah Rp5 juta. Kamu juga bisa mendapatkan gaji sampai Rp45 juta per bulannya.

2. IT Consultant

Lulusan TI juga  bisa menjadi IT Consultant. Job desk dari IT Consultant adalah jembatan antara staf dan tim teknis IT sebuah perusahaan. Selain bergabung di perusahaan, kamu juga bisa bekerja secara independen, atau bahkan menjadikan profesi ini sebagai side job.

 

Gaji dari IT Consultant ini cukup tinggi yaitu sekitar Rp6 juta hingga Rp11 juta.

3. Web Developer

Kamu juga bisa berkarier menjadi web developer setelah lulus kuliah IT. Seiring berkembangnya teknologi, setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang web developer yang bertanggung jawab pada website perusahaan.

 

Rata-rata gaji web developer di Indonesia mulai dari Rp5 juta hingga Rp60 juta, bergantung jenis industri, skill, peran dalam perusahaan, dan pengalaman kerjanya.

4. UX Designer

Setelah lulus dari kuliah TI kamu bisa berkarier untuk menjadi UX Designer. Tugas dari seorang UX Designer adalah membuat tampilan visual aplikasi menjadi mudah digunakan dan dipahami.

 

Seorang UX Designer tidak perlu bergabung dengan perusahaan, kamu bisa berkarier menjadi seorang freelancer UX designer. Gaji seorang freelancer UX designer beragam, mulai dari Rp5 juta per bulan bahkan bisa Rp2 juta per job.

5. Cyber Security Analyst

Sebagai lulusan S1 Informatika kamu juga bisa berkarier untuk menjadi Cyber Security Analyst. Tugas Anda adalah membuat teknologi yang tepat untuk mengamankan dan melindungi data perusahaan. 

 

Pekerjaan ini memang cukup sulit tapi gajinya sangat besar. Gaji seorang Cyber Security Analyst paling kecil adalah Rp60 juta. Kamu bahkan bisa mendapatkan gaji sampai Rp690 juta per bulan, lho.

Kuliah S1 Informatika Terbaik di Tel-U

S1 Informatika Telkom University

Tertarik untuk kuliah jurusan Informatika? Di Indonesia ada banyak perguruan tinggi Teknologi Informasi terbaik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa ambil jurusan Informatika di kampus-kampus ternama di Indonesia.

 

Nah, rekomendasi kampus terbaik untuk kuliah TI atau IT, hanya Telkom University. Telkom University atau Tel-U menyediakan Fakultas Informatika khusus untuk kamu yang ingin menjadi ahli IT.

 

Tersedia banyak pilihan program studi teknologi informasi di Telkom University, yaitu:

  1. S1 Informatika
  2. S1 Teknologi Informatika
  3. S1 Rekayasa Perangkat Lunak
  4. S1 PJJ Informatika
  5. S1 Sains Data
  6. S2 Informatika
  7. S2 Ilmu Forensik
  8. S3 Informatika

 

S1 Informatika Telkom University juga termasuk salah satu jurusan dengan peringkat tinggi di dunia berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) kategori Science Technology.[2] 

 

Saat ini, kurikulum S1 Informatika Telkom University menggunakan Kurikulum Merdeka yang terbaru. Dengan kurikulum ini, tidak hanya teori saja yang akan didapatkan oleh para mahasiswa tapi juga implementasi langsung di masyarakat.

 

Jadi, sekarang kamu sudah tahu apa itu Teknologi Informasi dan di mana harus kuliah untuk mengambil jurusan ini, kan? #RaihMasaDepanmu bersama Telkom University. Informasi lengkap tentang pendaftaran bisa kamu cek di sini.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom