Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

Dari FOMO hingga Nolep, Ini Dia Bahasa Gaul TikTok Terpopuler 2023

Dari Fomo Hingga Nolep, Ini Dia Bahasa Gaul Tiktok Terpopuler 2023

Bahasa gaul merupakan dialek bahasa Indonesia nonformal yang digunakan oleh komunitas tertentu untuk pergaulan, identiknya anak muda. Sejak maraknya media sosial, termasuk TikTok, bahasa gaul menjadi lebih cepat dikenal secara luas.

Anak gaul tentu tidak asing dengan kata FOMO, burnout, insecure, healing, red flag, cringe, dan nolep, bukan? Ini merupakan bahasa gaul TikTok 2023 populer dan paling sering digunakan dalam media sosial terutama TikTok.

 

Sekali diperkenalkan, istilah ini langsung melejit dan kian banyak digunakan. Namun tidak sedikit juga yang salah dalam menggunakannya karena tidak tahu arti sebenarnya. Yuk, cari tahu daftar kata viral di TikTok dan artinya, agar kamu juga bisa ikutan tren menggunakan tagar FOMO.

1. FOMO

Apa Itu Fomo

Tahukah kamu apa itu FOMO? FOMO merupakan singkatan dari fear of missing out yang mempunyai arti kecemasan jika kehilangan informasi atau momen.

 

Istilah FOMO populer setelah penggunaan media sosial yang sangat masif. Padahal istilah ini sudah ada sejak tahun 2004. FOMO pertama kali muncul pada artikel Social Theory at HBS: McGinnis” Two FOs.[1]  

 

Contoh FOMO, salah satunya pada saat Lionel Messi akan datang ke Indonesia. Pada saat itu, tiketnya sangat cepat habis terjual dalam hitungan menit saja.

 

Padahal belum tentu yang membeli semuanya adalah fans Messi. Bisa jadi banyak orang ikut membeli hanya karena tidak ingin ketinggalan euforianya. Nah, inilah yang disebut dengan FOMO.

2. Burnout

Apa Itu Burnout

Istilah ini juga tidak kalah populer dengan FOMO. Namun tahukah kamu apa itu burnout? Secara bahasa, burnout berasal dari bahasa Inggris yang artinya habis terbakar.

 

Dalam bahasa gaul, burnout mempunyai arti kewalahan atau kelelahan. Bisa juga diartikan sudah tidak mempunyai tenaga atau ketertarikan untuk melakukan aktivitas.

 

Burnout tidak hanya kelelahan secara fisik tapi juga secara emosional. Biasanya burnout digunakan ketika sudah lelah dan stres karena pekerjaan.

 

Perasaan burnout ini sebenarnya tidak boleh diabaikan. Pasalnya bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.

3. Insecure

Apa Itu Insecure

Istilah populer di TikTok yang selanjutnya adalah insecure. Istilah ini tentunya sudah tidak asing lagi, kan? Tapi, tahukah kamu apa itu insecure sebenarnya?

 

Secara gramatikal, insecure mempunyai arti merasa kurang aman atau merasa tidak aman. Perasaan ini membuat seseorang merasa tidak mampu (tidak cukup baik) untuk menangani situasi tertentu. Hasilnya, muncul perasaan cemas, tidak aman, bahkan ketakutan.[2] 

 

Insecure sering dialami oleh orang-orang yang mempunyai harga diri rendah (low self-esteem) atau kurang percaya diri. Biasanya, kalau seseorang sudah insecure maka ia akan sulit berkembang dan cenderung menutup diri.

4. Healing

Apa Itu Healing

Healing merupakan istilah populer di TikTok yang sudah pasti orang menggunakannya. Namun banyak orang yang menyamakan arti healing dengan liburan. Padahal, arti healing yang sebenarnya bukanlah liburan. Lalu apa itu healing yang sebenarnya?

 

Healing mempunyai arti dalam bahasa Indonesia adalah terapi untuk mengobati suatu penyakit. Istilah ini biasanya digunakan untuk mengobati luka batin atau penyakit mental.

 

Tujuan utama healing bukanlah liburan, tapi lebih pada membuat diri menjadi merasa nyaman dan ikhlas menerima keadaan. Jadi apakah kamu sudah merasakan healing yang sebenarnya?

5. Red Flag

Apa Itu Red Flag

Secara bahasa red flag mempunyai arti harfiah bendera merah. Istilah ini biasanya digunakan dalam suatu hubungan romansa.

 

Melansir dari Collins Dictionary, red flag adalah sinyal tanda bahaya atau sinyal untuk berhenti.[3] Istilah ini biasanya digunakan sebagai tanda sesuatu dalam diri pasangan yang menunjukkan sinyal kurang baik, yang tidak cocok dengan diri kamu.

6. Cringe

Apa Itu Cringe

Melansir dari Collins Dictionary, cringe mempunyai arti merasa jijik atau ngeri pada suatu hal. Biasanya ketika kamu merasa cringe akan ada sedikit gerakan menghindar atau senyum sinis.[4]

 

Cringe bukan berarti jijik karena jorok tapi melainkan lebih jijik atau malu atas suatu hal. Misalnya saja merasa aneh atau canggung melihat suatu kejadian aneh. Ini bisa disebut dengan cringe.

7. Nolep

Apa Itu Nolep

Daftar terakhir istilah populer di TikTok adalah nolep. Kamu mungkin sudah sangat familier dengan istilah ini. Lalu, apakah kamu tahu apa itu nolep?

 

Nolep sebenarnya sebuah slang words perpaduan dari kata “no” dan “life” jadi “no life”. Anak gaul Indonesia melafalkannya menjadi nolep agar terlihat lebih keren.

 

Sesuai dengan gabungan katanya, yaitu no life, arti dasar kata ini adalah tidak ada kehidupan. Nolep menggambarkan seseorang yang tidak melakukan apa pun yang berhubungan dengan kegiatan sosial atau berhubungan dengan orang lain.

 

Orang yang nolep biasanya lebih suka menyendiri dan menghabiskan waktunya untuk melakukan kegiatan tanpa melibatkan orang lain. Seperti bermain game, nonton film sendiri di kamar, dan sejenisnya. Inilah yang dimaksud dengan nolep, tidak mempunyai kehidupan sosial atau tidak berinteraksi dengan orang lain.

 

Nah, apakah kamu sudah tahu semua bahasa gaul TikTok 2023 ini? #RaihMasaDepanmu dan perluas wawasan serta pergaulanmu, dengan kuliah di berbagai jurusan kekinian Tel-U. Masa depan gemilang tergantung dari pilihan di masa sekarang!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom