Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

Cara Mengatasi Minder Saat Pertama Kuliah

Minder Kuliah Pertama

Share

Tahun pertama kuliah merupakan tahun dimana kalian akan menyesuaikan diri dengan kehidupan baru pada bangku kuliah. Terkadang, ada berbagai perasaan yang muncul dan salah satunya adalah minder. Jika tidak segera diatasi maka bisa mengganggu kehidupan perkuliahan.

Ada berbagai cara mengatasi minder saat pertama kuliah yang bisa kalian terapkan. Lalu, apa saja solusi yang bisa diterapkan untuk menjauhkan diri dari perasaan minder tersebut?

Berikut ini adalah 5 cara untuk mengatasi minder pada saat tahun pertama:

1. Jangan Takut untuk Belajar

Cara pertama yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi minder pada saat pertama kuliah adalah jangan takut untuk belajar. Kehidupan perkuliahan merupakan kehidupan yang baru, namun bukan berarti kehidupan tersebut akan menakutkan untuk dijalani.

Cara mengatasi minder saat pertama kuliah dalam Bahasa Inggris juga disebut dengan insecure. Perasaan insecure bisa kalian atasi dengan cara memberanikan diri. Jika terus menerus merasa takut, maka bisa menghalangi jalan untuk maju.

Jangan takut untuk berkomunikasi dan menjalin relasi serta jangan takut untuk bertanya jika tidak memahami materi. Kalian bisa bertanya kepada teman, selain untuk mempelajari materi yang belum dipahami, cara ini juga bisa mendekatkan diri kalian dengan teman-teman disekitar.

2. Mempunyai Prinsip

Cara yang kedua untuk mengatasi minder adalah kalian harus mempunyai prinsip. Prinsip bisa meruntuhkan rasa minder karena kalian selalu teringat dengan tujuan kuliah. 

Kalian harus memegang teguh prinsip bahwa tujuan kuliah adalah untuk menuntut ilmu dan bukan untuk hal lainnya. Maka, dengan fokus pada prinsip tersebut akan membuat fokus kalian terbagi-bagi. Bahkan, kalian tidak akan mempunyai waktu untuk merasa minder karena fokus pada prinsip tersebut.

3. Carilah Teman dengan Satu Frekuensi

Cara mengatasi minder saat pertama kuliah Bahasa Inggris, Teknologi, dan berbagai program studi lainnya bisa dilakukan dengan mencari teman yang satu frekuensi. Memiliki teman seperti ini juga bisa menjadi support system untuk mengatasi minder pada saat tahun pertama kuliah.

Kalian bisa memulainya dengan cara membuka diri untuk berkomunikasi bersama dengan teman-teman satu program studi atau satu kelas. Dengan begitu, kalian bisa mengenal banyak orang dan pada akhirnya akan menemukan teman yang satu frekuensi.

Teman seperti ini juga bisa kalian dapatkan dari luar kampus, lho! Saat ini, sudah banyak sekali forum belajar di internet yang menghimpun para mahasiswa dari berbagai daerah. Sehingga, kesempatanmu untuk mendapatkan teman-teman yang satu frekuensi bisa menjadi semakin besar.

4. Pelajari Berbagai Skill

Rasa minder juga bisa diatasi dengan mempelajari berbagai skill ketika tahun pertama kuliah. Dengan mempelajari keahlian tertentu juga bisa membuat rasa percaya diri kalian menjadi semakin meningkat. Sehingga, bisa terhindar dari rasa minder.

Hindari menjadi mahasiswa kupu-kupu atau kuliah-pulang-kuliah-pulang. Karena sifat ini bisa membuatmu semakin tertinggal informasi dan pengalaman daripada teman-teman kalian yang lain. 

Berbagai skill bisa kalian dapatkan melalui berbagai kegiatan baik saat di kelas maupun diluar kelas dengan mengikuti kegiatan laboratorium, organisasi, maupun komunitas yang ada di lingkungan kampus.

5. Kembangkan Diri

Cara terakhir untuk mengatasi rasa minder yaitu dengan mengembangkan diri. Jika kalian sudah melakukan berbagai cara yang sudah dijelaskan diatas, maka kini saatnya untuk mengembangkannya. Rutin berkomunikasi, mencari relasi, belajar, dan mengikuti organisasi juga bisa kalian lakukan untuk pengembangan diri.

Karena teori saja tidak cukup, maka kalian perlu mengimplementasikan semua cara-cara yang dapat membantu kalian untuk terhindar dari rasa minder.

Di Telkom University semua mahasiswa akan diajarkan skill pada bidang-bidang yang sesuai dengan program studi yang dipilih melalui peminatan program studi dan kegiatan perkuliahan. Selain itu, kalian juga bisa mengikuti berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan atau lebih dikenal dengan UKM (unit Kegiatan Mahasiswa) yang beragam sesuai minat kalian. Selain untuk menambah kegiatan dan rasa percaya diri, kalian juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman berorganisasi. Yuk #RaihMasaDepanmu dan dapatkan pengalaman kuliah bersama Telkom University sekarang juga!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom