Apa Itu Public Relation? Peluang Kerja dan Spesialisasi di Era Digital

Public Relation Kerja Apa? Peluang Karier & Spesialisasinya

Public Relation kerja apa? Hubungan masyarakat atau public relation (PR) merupakan seni mengelola komunikasi, sehingga menjadi jembatan antara perusahaan atau individu dengan publiknya. Peran PR juga semakin krusial di era teknologi, apalagi untuk membangun citra positif dan reputasi.

Bayangkan sebuah perusahaan besar yang mampu menangani krisis dengan tenang atau selebriti yang tetap ternar meski gosip miring mendera—ini semua adalah hasil kerja PR.

Mari kita telusuri peluang dan spesialisasi di bidang ini. Lebih dari apa pun, Public Relation bukan sebatas press release, tapi juga mengatur strategi komunikasi digital.

Mengenal Jurusan Public Relation

Jurusan Public Relation adalah studi yang mengelola komunikasi, baik antar organisasi atau individu dengan publik. Penting untuk menempuh pendidikan ini apalagi kalau kamu berniat berkarier di bidang PR.

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswanya untuk mampu membangun dan memelihara citra positif serta hubungan yang baik dengan berbagai stakeholder.

Beberapa topik yang akan kamu pelajari di jurusan ini meliputi:

  • Manajemen Krisis, yang mengelola komunikasi ketika krisis atau situasi darurat terjadi.
  • Komunikasi Strategis, belajar merancang pesan yang efektif untuk kebutuhan audiens berbeda.
  • Digital Public Relations, mengajarimu bagaimana menggunakan media sosial dan digital platform lain untuk kebutuhan kampanye PR.
  • Media Relations, yang membangun hubungan baik dengan media massa—esensial untuk publikasi yang positif.
  • Etika dan Hukum PR, agar kamu paham dengan etika dan regulasi yang mengatur praktik public relations.

Lebih dari apa pun, kuliah di jurusan ini membawa banyak pengalaman yang seru. Kamu akan terlibat dalam banyak proyek praktis, mulai dari simulasi krisis hingga kesempatan magang di perusahaan ternama. Terbuka juga kesempatan untuk belajar langsung dari para praktisi Public Relation berpengalaman.

Bagaimana Peluang Kerja di Bidang Public Relation?

Era yang terus berkembang membuat kebutuhan akan lulusan Public Relations juga semakin besar. Bahkan, sekarang pilihan kariernya lebih beragam. Mulai dari industri periklanan dan kesehatan hingga pendidikan dan layanan sosial, semuanya memerlukan peran PR.

Beberapa posisi yang umum di bidang ini meliputi Public Relations Specialist, Media Relations Manager, dan Communication Coordinator.

Pekerjaan untuk Public Relations Specialist sendiri diproyeksikan tumbuh sebesar 6% dari tahun 2022-2032, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan.[1]  

Mengenai gaji, variasinya cukup signifikan—tergantung lokasi, pengalaman, dan posisinya. Untuk entry-level, staff PR di Indonesia digaji Rp4.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan.[2]

Karir di bidang PR sangat cocok untuk kamu yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan berpikir kreatif, dan mampu bekerja di bawah tekanan. Selain itu, kepribadian yang komunikatif, kreatif, empatik, tangguh, dan kritis sangat dihargai dalam industri ini.

Dengan latar belakang dan keterampilan yang tepat, lulusan Jurusan Public Relations dapat mengejar berbagai peluang karier yang menjanjikan dan mendapatkan penghasilan yang kompetitif di industri ini.

Spesialisasi di Bidang Public Relation

Berikut adalah beberapa spesialisasi yang nantinya bisa kamu tekuni apabila lulus dari jurusan PR.

1. CSR Specialist

Corporate Social Responsibility Specialist atau yang kita kenal dengan CSR adalah posisi yang krusial dalam perusahaan.

Tugas utama dari profesi ini adalah merancang dan mengimplementasikan serta mempromosikan program yang mendukung peran sosial perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan.

Selain harus terampil dalam berkomunikasi, CSR juga harus memiliki empati terhadap isu-isu sosial sehingga mampu berpikir strategis. Maka dari itu, CSR Specialist tidak hanya membantu perusahaan memenuhi tanggung jawab sosialnya, tapi juga berkontribusi langsung terhadap pembangunan masyarakat yang sustainable.

2. KOL Specialist

KOL adalah kependekan dari Key Opinion Leader. Seperti namanya, memiliki spesialisasi ini juga berarti mampu mengidentifikasi serta menjalin hubungan dan bekerja sama dengan tokoh-tokoh berpengaruh di industri atau media sosial tertentu. Ini penting untuk promosi brand dan produk.

KOL Specialist adalah posisi yang dituntut bisa merancang hingga mengimplementasikan kampanye serta melakukan analisis efektivitasnya.

3. Marketing Communication

Marketing Communication adalah pihak yang bertugas mengelola dan mengoordinasikan semua kegiatan komunikasi pemasaran suatu organisasi. Selain memastikan pesan tersampaikan dengan jelas ke targeted audience, MarCom Specialist juga harus memastikan pesan tersebut konsisten.

Belajar Digital Public Relation di Telkom University

Dapatkan ilmu dan keterampilan yang kamu butuhkan untuk menjadi PR yang andal dengan memilih Digital Public Relation Telkom University sebagai tujuan kuliahmu.

Program Studi ini menawarkan kurikulum komprehensif yang relevan dengan kebutuhan industri di era digital ini. Selain itu, Tel-U juga menawarkan pengalaman belajar dengan fasilitas lengkap serta tenaga pengajar yang kompeten.

Kuliah di sini juga membuka peluang karier yang luas, termasuk menjadi Social media Specialist, Digital Content Manager, atau Digital Public Relations Manager.

Jadi, tunggu apa lagi? Daftar langsung di Telkom University atau konsultasi via Zoom dan #CreatingTheFuture. Cari tahu lebih lanjut tentang Public Relation kerja apa dan mulai langkah pertamamu di Telkom University!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom