Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

7 Spesifikasi Laptop Anak Teknik yang Harus Diperhatikan, Jangan Sampai Salah Beli!

Spesifikasi Laptop

Share

Persiapan masuk kuliah itu tidak jauh-jauh dari beli laptop baru. Terlebih lagi, kalau kamu mahasiswa teknik. Jangan sampai salah pilih! Pasalnya, spesifikasi laptop anak teknik itu beda dari yang lain.

Biar kamu tidak salah beli, yuk kita simak dulu artikel ini sampai habis!

1. Prosesor dan RAM

Prosesor adalah bagian dari laptop yang bertugas untuk mengontrol kecepatannya dalam menjalankan tugas. Sedangkan, RAM adalah sumber tenaga yang memungkinkan laptop untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus.[1]

Anak teknik tentu saja tidak boleh memilih laptop dengan prosesor sembarangan. Terlebih lagi, dalam empat tahun ke depan kamu akan berhadapan dengan software teknik yang menuntut kinerja laptop prima.

Oleh karena itulah, kamu harus memenuhi standar minimal ini: 

  • Prosesor: Intel Core i5/AMD yang setara/Mac processor
  • RAM: minimal 16 GB.

2. VGA Card

Program dan software yang akan kamu gunakan selama masa perkuliahan di jurusan teknik akan sangat berbeda dengan jurusan lainnya. Jadi, laptop untuk anak teknik harus punya VGA card yang powerful untuk mengatasi segala tugasnya.

Nah, coba cari tahu dulu kira-kira software apa saja yang bakal kamu pakai nantinya. Kemudian, sesuaikan dengan syarat VGA card yang biasanya tertera di spesifikasi software.

Meski banyak yang menyebutkan bahwa kamu bisa memakai VGA card apa saja, sebaiknya pilihlah yang advance. Ini beberapa rekomendasi VGA card untuk anak teknik: 

  • ATI FireGL
  • ATI FirePro
  • NVidia Quadro FX
  • NVIDIA GeForce RTX

3. Storage

Kamu harus memperhatikan juga storage atau tempat penyimpanan data. Terlebih lagi, kamu tentu harus menyimpan tugas-tugasmu, kan? Jangan sampai hilang atau tidak punya back up.

Untuk urusan storage, mahasiswa teknik disarankan punya minimal storage 500+ GB SSD.[2] Dengan standar ini, tugas-tugas kamu akan aman dan tersimpan semuanya.

4. Resolusi Layar Laptop

Perhatikan! Ada banyak mahasiswa baru yang sering salah paham soal layar laptop. Ternyata, ukuran besar itu bukan segalanya. Semuanya harus kamu kembalikan lagi pada kebutuhanmu.

Pada dasarnya, yang kamu butuhkan adalah layar dengan resolusi Full HD atau minimal 1920 x 1080 pixels. Resolusi ini sudah cukup untuk memberikan kualitas visual yang jelas buat anak-anak teknik yang sering harus berurusan dengan desain.

5. Baterai

Nah, beda lagi dengan urusan baterai. Kamu tentu saja butuh baterai yang cukup besar karena mahasiswa biasanya dituntut untuk mobile. Dengan kata lain, kamu tidak bisa setiap saat berada dekat sumber listrik.

Oleh karena itu, kamu harus memilih laptop yang paling tidak tahan bekerja selama minimal 6 jam. Dengan demikian, kamu bisa bekerja di mana pun dan kapan pun meski tidak ada sumber listrik.

6. Port dan Konektivitas

Banyak yang mengesampingkan konektivitas dan mengira bahwa ini hanya fitur tambahan saja. Padahal, ini sangat penting. Kamu tentu tidak mau terganggu saat harus menghadiri seminar online atau saat sedang mengerjakan tugas.

Jadi, pastikan laptop kamu punya: 

  • Port: USB 3.0, headphone, dan HDMI
  • Konektivitas: WiFi 5 atau WiFi 6

7. Fitur Keamanan

Laptop harus punya fitur keamanan yang mumpuni. Terlebih lagi, kamu mungkin harus bekerja secara mobile. Jadi, jangan sampai orang lain bisa membuka laptop kamu lalu membahayakan datamu.

Saat ini, kamu bisa menemukan banyak laptop yang sudah memiliki fitur fingerprint. Dengan demikian, kamu bisa mencegah orang lain untuk iseng masuk ke laptopmu secara sembarangan.

Spesifikasi Minimal untuk Mahasiswa Teknik

Nah, apakah kamu sudah punya gambaran jelas tentang spesifikasi minimal laptop untuk anak teknik? Coba cek tabel rangkuman di bawah ini sekali lagi:

Spesifikasi

Minimal Requirement

Prosesor 

Intel Core i5/AMD yang setara/Mac processor

RAM

Minimal 16 GB

VGA Card 

ATI FireGL, ATI FirePro, NVidia Quadro FX, NVIDIA GeForce RTX

Resolusi Layar

1920 x 1080 pixels

Baterai

Minimal 6 jam

Port

USB 3.0, headphone, dan HDMI

Konektivitas

WiFi 5 atau WiFi 6

Fitur Keamanan 

Fingerprint access

Rekomendasi Merk Laptop untuk Anak Teknik

Daripada bingung, langsung aja bungkus beberapa rekomendasi laptop mahasiswa teknik yang sudah kami siapkan untuk kamu!

1. ACER Aspire 3 Slim A314

Ternyata, laptop untuk mahasiswa teknik tidak perlu mahal juga. ACER Aspire 3 Slim A314 adalah rekomendasi laptop 5 jutaan spesial buat kamu. Meskipun murah meriah, laptop ini sudah memenuhi mayoritas persyaratan laptop di atas.

2. ASUS VivoBook GO 14 E1404FA

Kalau kamu punya budget sedikit lebih tinggi dari sebelumnya, tidak ada salahnya membeli laptop yang ini. Pasalnya, rekomendasi laptop 7 jutaan ini sudah punya sertifikasi ketahanan militer US MIL-STD 810H. Jadi, laptop ini pasti lebih tahan banting dan tahan lama juga.

3. Dell XPS 15 OLED

Bicara soal notebook terbaik untuk mahasiswa, Dell memang andalan kita semua. Tahan banting dan spesifikasi tinggi, tak ada satupun yang kurang dari laptop ini. Mungkin harganya saja yang sedikit lebih mahal daripada dua varian sebelumnya.

Itu dia daftar spesifikasi laptop untuk anak teknik beserta rekomendasi merk laptopnya. Ingat, jangan salah pilih, ya! 

Kalau laptop saja jangan salah pilih, apalagi institusi pendidikan yang akan membawamu menggapai mimpi kan! Yuk daftar di Telkom University dan #RaihMasaDepanmu bersama kami! Klik link ini untuk daftar SMB Telkom University!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom