6 Tips Meningkatkan Skill Public Speaking untuk Mahasiswa

6 Tips Meningkatkan Skill Public Speaking Untuk Mahasiswa

Share

Sebagai skill yang dibutuhkan di mana-mana, mahasiswa jelas wajib tahu bagaimana cara meningkatkan skill public speaking. Hal ini karena kamu akan menggunakannya di kelas, saat terjun ke masyarakat, hingga ketika kamu sudah bekerja kelak. Tanpa skill ini, kamu akan kesulitan mengembangkan diri.

Sebenarnya, belajar public speaking itu sama sekali tidak sulit. Asal kamu punya kemauan dan tahu bagaimana tips dan triknya, skill ini bisa kamu tingkatkan dengan cepat dan mudah. Ingin tahu apa saja tips public speaking agar cepat berkembang? Penjelasannya bisa kamu temukan di bawah ini!

1. Pastikan Topik Relevan dengan Target Audiens

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dengan siapa kamu akan berbicara. Tidak hanya tahu bagian surface, namun hingga ke dalam. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan topik yang tepat dan relevan dengan audiens yang hadir di sana.

Contoh kecilnya, kamu akan berbicara di acara ospek kampus. Pada acara ini, target audiensnya adalah mahasiswa baru, sehingga kamu bisa memilih topik tentang leadership, beasiswa, dan berbagai topik sejenis. Kamu pun bisa bicara dengan diksi yang santai namun tetap formal.

Hal ini akan berbeda jika kamu menghadiri konferensi dan harus berbicara di sana. Selain topiknya yang wajib sesuai dengan tema acara, cara penyampaian dan diksinya pun jelas harus berbeda karena acaranya lebih formal. Ini adalah teknik public speaking yang paling mendasar dan paling penting.

2. Pastikan Kamu Menguasai Topik dengan Baik

Setelah mengkurasi topik, langkah selanjutnya adalah menguasai topik tersebut. Ada baiknya kamu memilih topik yang sudah kamu kuasai atau kamu tahu bagaimana dasar-dasar dari topik tersebut. Dengan begitu, kamu tidak memerlukan waktu lama untuk memperdalam materi.

Sebenarnya, tak ada salahnya untuk keluar dari zona nyaman dan memilih topik yang sebelumnya tidak kamu paham. Hanya saja, pastikan kamu memberikan double, atau bahkan triple effort hingga kamu memahami apa yang kamu bicarakan. Dengan begitu, orang lain pun akan merasa lebih mudah paham.

3. Belajar dan Membaca Adalah Kunci

Pada dasarnya, public speaking yang baik adalah public speaking yang kamu pahami. Karena itu, belajar dan membaca adalah kunci. Jangan lupa untuk mengumpulkan buku, jurnal, dan sumber terpercaya lain yang kamu perlukan untuk mempelajari apa yang akan kamu bicarakan.

Jika materinya terlalu sulit dan kamu masih merasa kurang paham, hindari untuk belajar dengan sistem kebut semalam. Cara ini akan membuatmu mudah lupa, sedangkan hal ini harus kamu hindari karena bisa membuat gugup saat berbicara.

4. Pupuk Rasa Percaya Diri

Ketika semua materi pembicaraan sudah kamu kuasai, langkah yang selanjutnya adalah memupuk rasa percaya diri. Optimis jika kamu bisa melakukannya adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Sebab, jika kamu tidak percaya pada dirimu sendiri, orang lain akan sulit untuk mempercayai kamu. 

Persiapan yang matang bisa membuatmu merasa lebih percaya diri untuk menghadapi apapun, termasuk untuk bicara di depan orang banyak. Sedikit pep talk dari waktu ke waktu juga bisa membantu.

5. Latihan di depan Kaca

Secara garis besar, kunci dari kesuksesan adalah latihan. Maka dari itu kamu bisa latihan di depan kaca, yang merupakan cara melatih public speaking paling efektif. Hal ini karena, selain bisa mendengar suara milikmu sendiri, kamu juga dapat melatih mikro ekspresi.

Ada banyak orang yang belum tahu jika mikro ekspresi punya peranan yang sangat esensial saat kamu harus berbicara di depan publik. Hal ini karena ekspresi wajah bisa membuat pesan yang kamu sampaikan terasa lebih hidup.[1]

Selain itu, ekspresi juga ampuh membuat pembicaraan tidak terasa membosankan. Karena itu, salah satu cara meningkatkan public speaking mahasiswa adalah dengan melatih ekspresi wajah saat berbicara.

6. Catat Garis Besar Materi, Hindari Membaca Saat Presentasi

Terakhir, jangan lupa untuk membuat catatan kecil. Kamu bisa menulis gambaran umum dan hal-hal apa saja yang akan kamu bicarakan nanti. Hal ini untuk menjaga flow pembicaraan agar tetap ada di jalur yang sudah kamu persiapkan. Cara ini juga bisa membantumu ketika lupa berbicara apa.

Menariknya, kini sudah ada teknologi bernama Power Point, sehingga kamu bisa membuat catatan di sana. Selain membantu kamu selama presentasi, kamu juga bisa membuat audiens lebih paham tentang apa yang kamu bicarakan.

Sebagai tambahan, hindari untuk membaca selama presentasi karena hal itu akan membuatmu lebih gugup dan kehilangan rasa percaya diri. Cukup ikuti flow pembicaraan dari catatan yang sudah kamu siapkan. Selama persiapan sudah matang, hal ini tidak akan sulit dilakukan.

Semangat selalu dan #RaihMasaDepanmu dalam mendapatkan skill public speaking! Kamu pasti bisa.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom