Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

4 Langkah Cara Membuat Visa Pelajar, Ajukan Sekarang!

Visa Pelajar di luar negeri

Ingin belajar ke luar negeri? Sudah tahu bagaimana cara membuat visa pelajar?

Salah satu hal yang perlu kamu siapkan sebelum kuliah ke luar negeri adalah membuat visa. Tentu saja visa untuk pelajar berbeda dengan visa untuk mengunjungi negara pada umumnya.

Bagaimana cara membuatnya dan berapa biayanya? Simak uraian lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Visa Pelajar?

Visa pelajar adalah dokumen imigrasi resmi khusus untuk para pelajar yang ingin sekolah atau belajar di luar negeri.

Visa pelajar berbeda dengan visa pada umumnya. Pasalnya, visa ini termasuk visa non-imigran sehingga ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pemegang visa. Calon siswa yang akan belajar di luar negeri wajib membuat visa ini minimal 6 bulan sebelum keberangkatannya.

Langkah-Langkah Membuat Visa Pelajar

Pengajuan Visa Pelajar

Apakah membuat visa pelajar sama dengan visa pada umumnya? Secara garis besar caranya hampir sama. Agar lebih jelasnya berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat visa pelajar.

1. Siapkan Dokumen Persyaratannya

Langkah pertama adalah menyiapkan dokumen persyaratan pembuatan visa pelajar. Adapun dokumen yang perlu kamu siapkan yaitu:

  1. Identitas diri, yaitu KTP, Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga.
  2. Paspor
  3. Letter of sponsorship atau bukti jaminan finansial untuk para penerima beasiswa. Kamu juga bisa melampirkan fotokopi buku tabungan.
  4. Formulir permohonan pengajuan visa. Bisa kamu dapatkan di kedutaan masing-masing negara tujuan.
  5. Surat penerimaan dari lembaga pendidikan yang kamu tuju.
  6. Khusus pengajuan visa pelajar Amerika harus melampirkan sertifikat kelayakan non-imigran.
  7. Surat hasil tes TBC, khusus untuk yang ingin studi ke Inggris.

Siapkan dokumen asli milikmu maupun fotokopinya. Jangan lupa untuk scan semua dokumen ini.

2. Mengajukan Pendaftaran Visa Pelajar sesuai dengan Negara Tujuan

Setelah semua dokumen siap, langkah selanjutnya adalah mengajukan pendaftaran visa pelajar sesuai dengan negara tujuan. Beberapa negara membuka layanan pendaftaran secara online. Ada juga yang harus offline langsung datang ke kantor kedutaannya.

Proses pengajuan ini juga dibarengi dengan pembayaran pembuatan visa. Pembayaran ini ditujukan pada kedutaan negara tujuan tempat kamu akan belajar.

3. Verifikasi Dokumen dan Wawancara

Langkah selanjutnya setelah pengajuan dan pendaftaran adalah verifikasi dokumen dan wawancara. Nantinya kamu akan diundang untuk datang ke kedutaan guna wawancara dan rekam data diri.

Bawalah semua dokumen asli dan siapkan diri untuk wawancara. Proses ini sangat penting karena menentukan apakah kamu layak mendapatkan visa atau tidak.

4. Pengambilan Visa

Jika visa pelajarmu disetujui maka langkah terakhir adalah mengambil visa. Kamu bisa langsung datang ke kedutaan dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Biaya dan Lama Proses Pengurusan Visa Pelajar

Lalu berapa biaya pembuatan visa pelajar? Biaya pembuatan visa pelajar setiap negara berbeda-beda, sesuai dengan negara tujuan Anda. Kisaran biayanya mulai dari Rp330 ribuan sampai Rp6 juta tergantung negara tujuan.

Apakah pembuatan visa pelajar itu lama? Lama cepatnya proses pengurusan visa pelajar tergantung dari negara tujuan. Ada yang hanya membutuhkan waktu 1-2 minggu saja, ada juga yang bisa sampai 8 minggu.

Visa pelajar berlaku berapa lama? Setiap visa pelajar dibuat sesuai dengan rencana masa studi. Untuk studi pendek biasanya berlaku 1-30 hari saja.

Namun jika kamu ingin belajar untuk studi S1, S2, dan S3 masa berlakunya menyesuaikan dengan rencana masa studi kamu.

Rekomendasi Daftar Negara Terbaik untuk Melanjutkan Studi

Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Berikut adalah rekomendasi daftar negara terbaik untuk melanjutkan studi.

1. Jepang

Kualitas pendidikan Jepang termasuk yang terbaik di dunia dan ada banyak universitas yang bisa kamu tuju. Untuk biaya pembuatan visanya hanya Rp330.000.

2. Inggris

Inggris menjadi salah satu negara paling recommended untuk belajar. Masa studinya juga tergolong lebih singkat. Harga visa pelajar Eropa, khususnya Inggris adalah sebesar 63 pounds atau sekitar Rp1,2 juta.

3. Amerika Serikat

Ingin belajar di pusat peradaban dunia? Kamu bisa pilih Amerika Serikat sebagai negara tujuan studi. Harga visa pelajar Amerika adalah 185 USD atau sekitar Rp2,8 juta.

4. Australia

Australia juga mempunyai banyak universitas terbaik yang bisa kamu tuju. Harga visa pelajar Australia adalah 620 AUD atau sekitar Rp6 juta.

5. Singapura

Tidak ingin kuliah jauh-jauh? Kamu bisa pilih Singapura sebagai tujuan studi. Harga pembuatan visanya hanya 30 SGD atau sekitar Rp350.000.

Tips Mengajukan Visa untuk Pelajar

Ingin proses pembuatan visa lebih cepat? Kamu bisa menggunakan tips dan trik berikut ini.

1. Tentukan Negara Tujuan dan Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Tips yang pertama adalah menentukan negara tujuan dan cari informasi selengkapnya. Informasi ini sangat penting agar kamu benar-benar tahu negara tujuan untuk studi.

2. Pastikan Dokumen Sudah Lengkap

Agar visa bisa disetujui, pastikan dokumen persyaratan sudah lengkap. Siapkan dokumen asli, fotokopi, dan dalam bentuk soft file.

3. Tampil Percaya Diri saat Wawancara

Selama wawancara, tampillah dengan percaya diri. Penampilan juga harus rapi dan meyakinkan. Pertanyaan wawancaranya adalah seputar rencana studi dan paska studi kamu.

Mudah bukan cara membuat visa pelajar? Segera buat visa pelajar sebelum berangkat untuk studi di luar negeri. #RaihMasaDepanmu dengan belajar dengan tekun selama di luar negeri.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom