3 Tips Hemat Budget Kuliah di Telkom University

3 Tips Hemat Budget Kuliah di Telkom University

Share

TelUtizen, pandemi sudah berakhir nih, kampus kita juga sudah menyiapkan fasilitas untuk melaksanakan perkuliahan hybrid. Kalau TelUtizen sudah menyiapkan apa untuk kuliah offline nanti? Untuk kalian, mahasiswa rantai pasti perlu mengeluarkan banyak budget untuk berbagai keperluan. Tapi jangan salah, ada tips dan trik untuk hidup hemat selama hidup di luar kota loh.

Sini-sini, ikuti 3 tips ini untuk hidup lebih hemat saat berkuliah di Telkom University. Bukan dari segi uang kuliahnya, tapi bagaimana kamu mengeluarkan uang saat berkuliah offline nanti. Tiga tips ini bisa buat kamu bisa makin rajin menabung dari sisihan uang jajan loh!

  • Masak makanan sendiri

Mulai berhemat dengan belajar memasak sendiri. Tentu tidak semua orang bisa memasak, tapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. Untuk kamu mahasiswa rantau bisa coba tips ini. Selain lebih hemat dari segi biaya, ini juga bisa melatih kamu untuk hidup lebih mandiri.

Dibanding beli masakan jadi, untuk satu kali makan, lebih baik kalian membeli bahan masakan dan olah jadi masakan simple untuk berhari-hari. Lebih sehat dan lebih murah!

  • Jajan di Kantin

TelUtizen harus tahu kalau makanan di kantin Telkom University selain enak, banyak, murah lagi! Memang tidak bisa disamaratakan harga di kantin semua murah, karena murah atau mahal relatif dari pribadi masing-masing. Namun dari segi jumlah dan harga, bisa dikatakan sangat sebanding.

Ada beberapa kantin yang sangat direkomendasikan jika kalian sudah berkuliah offline nanti. Kantin asrama pria adalah yang terbaik! Selain porsinya lebih banyak dan harganya yang murah, areanya juga lebih besar dan nyaman untuk makan di tempat. Selain kantin asrama, ada juga kantin Teknik yang memiliki beragam variasi makanan. Mulai dari mie ayam, hingga nasi juga ada. Untuk harga, dijamin lebih murah dibanding kamu order online.

  • Nebeng Teman / Usahakan Punya Kendaraan Pribadi

Ini tips penting yang kadang disepelekan. Walau anak rantau, TelUtizen bukan berarti tidak kemana-mana untuk menghemat biaya hidup bukan? TelUtizen tetap harus bersosialisasi atau juga mencari hiburan di kota kembang ini.

Nah, untuk menghemat biaya hidup ada baiknya kalian mempunyai kendaraan pribadi. Hemat biaya ongkos ojek online. Atau jika sedang bepergian dan bersama banyak teman, ada baiknya ikut dengan teman yang punya kendaraan. Dijamin, pengeluaran kalian jadi lebih hemat.

Jangan takut jadi anak rantau di kota Bandung, sekarang bisa lebih hemat dengan 3 tips ini. Untuk TelUtizen boleh banget pelajari tips ini, untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Siapa yang sudah semangat kuliah offline! Jangan lupa jaga kesehatan dan terus semangat kuliah ya.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom