Pintu Menuju Karier Creative Agency: 5 Jurusan Kuliah yang Membuka Jalanmu!

5 jurusan kuliah menuju karier creative agency

Karier creative agency seakan menjadi magnet bagi banyak orang di era industri kreatif. Hal ini tidak mengherankan karena bekerja di agensi memacu setiap individu untuk menuangkan ide-ide inovatif yang relevan dengan kebutuhan pasar yang dinamis.

Dengan dunia yang semakin mengandalkan visual dan komunikasi digital, peran agensi kreatif menjadi semakin penting. Mari kita cari tahu lebih dalam tentang bagaimana pendidikan yang tepat menjadi langkah awal kamu meniti karier di creative agency.

Apa Itu Creative Agency?

Creative agency adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada penciptaan dan pelaksanaan strategi kreatif untuk membantu klien meningkatkan brand awareness. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga membangun brand identity dan mendorong pertumbuhan bisnis dengan citra-citra tersebut.

Mereka bertanggung jawab bahwa setiap aspek komunikasi merek klien terwakili dengan baik, menarik, dan sesuai dengan target audiens mereka. Maka dari itu, berkarier di industri ini memerlukan perpaduan seni, teknologi, dan strategi yang seimbang.

Jurusan untuk Berkarier di Creative Agency

Kabar baiknya, kamu bisa mempersiapkan diri dengan memilih pendidikan yang tepat sebagai langkah awal. Dengan memilih apa dan di mana kamu menempuh pendidikan, maka kamu akan lebih percaya diri terjun di industri kreatif.

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi sangat cocok untuk kamu yang ingin berkarier di industri kreatif, termasuk creative agency. Tidak hanya belajar dasar-dasar komunikasi, kamu juga akan terpapar dengan strategi memelihara hubungan baik antara perusahaan dengan publiknya.

Bukan sebatas komunikasi verbal, jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia yang ada di Telkom University juga membekalimu dengan keterampilan menulis. Skill ini, lebih dari apa pun, penting untuk membuat konten yang informatif dan menarik.

Dengan dasar ilmu yang luas dan relevan, Ilmu Komunikasi akan memberikan bekal dan keterampilan yang kamu perlukan untuk bersaing di industri creative agency.

2. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual atau DKV ideal untuk kamu yang memiliki kecenderungan kuat terhadap hal-hal berbau visual. Pembelajarannya akan menekankan penekanan keterampilan visual sekaligus menyampaikan ide melalui berbagai media visual.

Selain menjadi desainer grafis kreatif dan berdedikasi, menimba ilmu di Jurusan DKV juga mengajarkanmu menciptakan desain yang komunikatif dan efektif. Menariknya, jurusan ini akan mengajarkanmu berbagai software dan teknik produksi terkini sehingga kamu punya bekal keterampilan yang relevan.

Tidak berlebihan jika menyebut DKV sebagai landasan solid untuk mengintegrasikan seni dan komunikasi dalam karier yang dinamis di industri kreatif.

3. Digital Marketing

Pemasaran online menjadi salah satu kunci utama kesuksesan bisnis di berbagai industri. Oleh karena itu, kuliah Jurusan Digital Marketing akan memberikan bekal yang relevan dengan industri saat ini. Kenapa jurusan ini cocok untuk berkarier di agensi kreatif?

Kamu akan belajar bagaimana merencanakan dan launching kampanye digital yang komprehensif, mulai dari SEO hingga marketing di media sosial dan email marketing.

Jurusan ini juga memberikan pemahaman komprehensif tentang menganalisis data agar pemasaran lebih optimal sekaligus meningkatkan ROI. Sementara itu, kamu tetap punya ruang yang luas untuk berkreasi.

4. Digital Content Broadcasting

Kamu bisa pelajari Digital Content Broadcasting untuk menjadi Social Media Specialist. Ini sejatinya adalah pilihan karier yang menjanjikan dan dinamis.

Selain menerapkan konten media sosial untuk membangun merek, kamu juga harus memiliki kemampuan strategizing. Hasilnya? Engagement meningkat dan mendorong konversi.

Mengambil peminatan pada bidang ini juga mempertajam kemampuan dalam mengelola kehadiran sebuah brand dalam ranah online. Selain itu, kamu memiliki pemahaman komprehensif bagaimana brand berinteraksi dengan audiensnya melalui konten kreatif dan strategi kampanye.

Mengingat media sosial telah menjadi alat komunikasi utama, menekuni spesialis media sosial di Digital Content Broadcasting akan membawamu ke career path yang banyak dibutuhkan di industri saat ini, bahkan di masa depan.

5. Digital Public Relation

Menimba ilmu di jurusan ini memberikamu bekal untuk mengelola komunikasi dan reputasi merek di lingkungan digital. Apa saja yang kamu pelajari di Digital Public Relation?

  • Dasar-dasar hubungan masyarakat dalam konteks digital, yang juga mencakup teori komunikasi, etika profesi, dan hukum.
  • Cara merancang dan mengimplementasikan strategi media sosial yang efektif untuk membangun dan memelihara hubungan dengan audiens.
  • Menggunakan tools analitik untuk mengukur efektivitas kampanye dan strategi PR, dan menyesuaikan taktik berdasarkan data.
  • Teknik untuk memantau dan meningkatkan persepsi publik terhadap merek di internet.

Dengan latar belakang di Hubungan Masyarakat Digital, kamu akan lebih siap masuk ke creative agency sebagai profesional yang relevan.

Tidak hanya belajar teori, kamu juga menguasai komunikasi efektif dan memiliki kemampuan crisis management. Keterampilan ini esensial untuk mengembangkan strategi konten yang menjadi aspek penting dalam industri kreatif.

Sukses di Creative Agency Bersama Telkom University

Memilih pendidikan yang tepat adalah langkah awal untuk mempersiapkan dalam bersaing di industri kreatif. Telkom University menawarkan berbagai program studi yang membekalimu dengan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman praktis untuk bersaing di dunia nyata.

Jangan lewatkan kesempatan untuk #CreatingTheFuture bersama kampus swasta terbaik di Indonesia. Kontak kami atau konsultasi via Zoom untuk mengenal lebih jelas program yang tersedia, dan jadilah yang terdepan di karier creative agency.

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
WhatsApp
Zoom