Karier Pilihan Generasi Z: Menjadi Social Media Specialist dengan Gaji Menjanjikan

Karier Pilihan Generasi Z Menjadi Social Media Specialist dengan Gaji Menjanjikan

Share

Peluang karier Social Media Specialist terus berkembang di era digital. Keberadaannya juga semakin relevan, sehingga menjadi magnet bagi banyak anak muda dengan aspirasi bekerja di industri kreatif yang dinamis dan promising ini.

Meskipun begitu, tugas dan tanggung jawabnya tidak terpaku pada pengelolaan media sosial saja. Maka dari itu, ada serangkaian keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh spesialis media sosial. Mari kita selami lebih dalam, apa saja yang membuat profesi ini begitu populer di kalangan generasi penerus.

Mengenal Social Media Specialist

Social Media Specialist adalah profesi kunci di industri saat ini. Mengingat segala sesuatunya serba digital, perlu ada suatu profesi yang mengelola digital presence, terutama perusahaan besar dan brand terkemuka.

Maka dari itu, di sinilah peran spesialis sosial media masuk dan mengisi celah yang ada. Dengan mengelola online presence suatu perusahaan atau merek, para spesialis ini akan bertanggungjawab terhadap konten.

Bagaimana mereka membuat konten yang menarik, viral, relevan, dan sesuai dengan tone of brand? Para spesialis ini akan mengumpulkan data dan menganalisisnya agar menemukan preferensi audiens. Dengan begitu, mereka bisa mengoptimalkan campaign yang meningkatkan engagement dan konversi.

Memahami algoritma hanyalah satu hal yang harus dipahami dengan sungguh-sungguh oleh seorang social media specialist. Namun, masih ada banyak hal lain yang harus mereka kuasai.

Oleh karena itu, menjadi tech savvy saja tidak cukup – penting untuk terus keep-up dengan tren agar brand yang direpresentasikan bersinar dengan konsisten.

Ini tentu menjadi highlight bahwa peluang menjadi spesialis cukup tinggi, berikut dengan tantangannya. Maka dari itu, mulailah dengan memilih pendidikan yang sesuai di tempat yang tepat.

Mengintip Gaji dan Prospek Karier Social Media Specialist

Menjadi profesi yang banyak dibutuhkan sana-sini menjadikan spesialis media sosial memiliki prospek yang cerah. Hal ini juga berbanding lurus dengan kisaran gajinya.

Glassdoor menyebutkan bahwa gaji Social Media Specialist di Indonesia bisa menyentuh Rp17.437.687 per bulan.[1] Namun, angka ini bisa berubah berdasarkan lokasi, pengalaman, skala perusahaan, dan bonusnya. Sedangkan di Amerika Serikat, mereka dibayar per jam – yang mencapai USD 19,82 per jam.[2]  

Bisnis yang terus berkembang menjadikan profesi ini semakin menjanjikan, terutama karena peran media sosial di dalamnya. Ini menciptakan banyak peluang bagi para spesialis untuk tumbuh dan berkembang dalam karier mereka, baik dalam hal keterampilan maupun pendapatan.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawabnya?

Memahami algoritma yang berubah dari waktu ke waktu hanyalah satu tugas dan tanggung jawab seorang spesialis media sosial. Hal tersebut harus dibarengi dengan:

  • Kemampuan mengembangkan strategi yang efektif. Hal ini mencakup menentukan platform, frekuensi posting, dan menentukan konten yang akan dipost di media sosial.
  • Tugas social media specialist berikutnya adalah menghasilkan konten yang menarik dan sesuai dengan tone of voice brand terkait. Untuk itu, mereka juga harus mengkurasi konten agar sesuai target dan kebutuhan.
  • Segala aktivitas yang terjadi di media sosial adalah bahan analisis. Selain berguna untuk memahami target audiens, hal ini juga membantu menentukan strategi apa yang paling cocok untuk audiens tertentu.
  • Keterampilan dalam berkomunikasi akan sangat berguna. Mulai dari berinteraksi dengan pengikut hingga bekerja sama dengan tim dari departemen lain, ini menjadi tanggung jawab profesi ini.

Dunia digital yang berubah dengan cepat menuntut seorang spesialis memahami apa yang sedang tren. Mereka juga nantinya yang bisa memprediksi tren, bahkan membuat tren.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Social Media Specialist?

Untuk mengatasi semua tugas dan tanggung jawabnya, mereka harus memiliki keterampilan yang kaya. Maka dari itu, gunakan kesempatanmu untuk memilih pendidikan yang men-support hal-hal ini:

  • Sense of creativity yang bisa diterapkan di dunia industri. Dengan begitu, kamu akan menghasilkan konten yang menarik, inovatif, dan tidak biasa.
  • Komunikasi menjadi hal yang patut di-highlight apabila kamu akan berkarier di bidang ini. Tidak hanya secara verbal, kamu juga harus bisa meracik copy yang menarik dan grammatically correct.
  • Sebagai spesialis media sosial, menganalisis data dari platform yang kamu pilih menjadi kegiatan sehari-hari. Tidak hanya mengukur performa konten, hal ini juga membantumu improve strategi.
  • Berwawasan teknis di ranah media sosial. Oleh karena itu, kamu wajib paham SEO dan bagaimana algoritma platform bekerja. Untuk melakukannya, kamu akan menggunakan berbagai tools relevan.
  • Akan ada masa di mana rencana tim tidak berjalan dengan mulus. Sebagai spesialis media sosial, kamu harus punya skenario manajemen krisis.

Memiliki dan menggabungkan berbagai skill di atas akan mengubahmu menjadi pribadi yang reliable. Dengan begitu, kamu bisa membangun brand awareness yang kuat dan sesuai dengan keinginan klien. Hasilnya? Audiens kamu akan menjadi pelanggan setia!

Ambil langkah pertama menuju karier impian sebagai Social Media Specialist dengan mendaftar di Ilmu Komunikasi Telkom University. Kamu akan semakin siap terjun ke industri kreatif karena kurikulumnya menyesuaikan kebutuhan industri.

Dengan begitu, apa yang kamu pelajari akan selalu aplikatif dan berwawasan. Jangan lewatkan kesempatan yang membuka peluangmu menjadi spesialis media sosial. Daftar langsung dan #RaihMasaDepanmu di dunia digital yang dinamis!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Telegram
Zoom