Melanjutkan studi S2 Ilmu Komunikasi telah berubah menjadi kebutuhan di era yang terus berkembang ini. Bukan tanpa sebab, hal ini karena melanjutkan studi merupakan langkah ideal untuk keberlangsungan karier dan personal growth.
Melalui bekal pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam, program magister Ilmu Komunikasi membuka pintu menuju peluang yang lebih luas.
Mengapa Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi?
Kemampuan berkomunikasi sejatinya adalah kunci utama dalam berbagai sektor, mulai dari media, pemasaran, hingga hubungan internasional. Selain mengasah kemampuan berbicara dan menulis, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi juga mendapat bekal untuk memahami dan memengaruhi audiens.
Dengan fokus pada praktik serta teori, kamu akan belajar bagaimana menyampaikan pesan secara kreatif dan efektif. Plus, kemampuan ini universal sehingga peluang kariernya sangat beragam.
Terdapat beberapa peminatan, seperti public relation, jurnalis, dan lain sebagainya – hal ini menjadi highlight bahwa kamu selalu bisa memilih jadi apa yang kamu mau di jurusan ini.
Keunggulan S2 Ilmu Komunikasi di Telkom University
Lalu kenapa ambil S2 Ilkom di Tel-U? Ada beberapa keunggulan utama yang membuat tempat ini menjadi pilihan tepat, apalagi kalau kamu mau meningkatkan karier di era digital.
Program magister ini meletakkan fokusnya pada pengembangan penelitian dan kewirausahaan di bidang ilmu komunikasi berbasis teknologi informasi. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkom University terhadap inovasi dan relevansi industri.
Selain itu, terdapat dua konsetrai utama yaitu Digital Media & Culture dan Digital Communication. Kedua konsentrasi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pasar dan tren yang terjadi di pasar saat ini.
Telkom University dikenal sebagai PTS No.1 di Indonesia berdasarkan Times Higher Education Impact Ranking 2023. Selain menegaskan posisinya sebagai institusi berkualitas, reputasi ini juga berarti bahwa Tel-U mendapatkan pengakuan internasional.
Kalau kamu sudah mengambil program sarjana di Telkom University, kamu juga bisa memanfaatkan program Fast Track S1 + S2 hanya dalam waktu 5 tahun. Dengan begitu, kamu bisa lulus lebih cepat, biaya lebih efisien, dan kesempatan mendapat beasiswa.
Melalui keunggulan di atas, mendapatkan gelar S2 Ilmu Komunikasi di Telkom University menawarkan pilihan yang menjanjikan.
Apa pun tujuanmu – mengembangkan kemampuan komunikasi maupun memperluas jaringan profesional – kampus ini adalah salah satu destinasi terbaik untuk melanjutkan studi di bidang Ilmu Komunikasi.
Berapa Biaya S2 Ilmu Komunikasi?
Tersedia berbagai pilihan kelas program magister Ilmu Komunikasi di Telkom University yang bisa kamu pilih, seperti reguler, eksekutif, dan blended learning.
Apapun kelas yang kamu pilih, biaya per semesternya adalah Rp12.000.000. Apabila kamu adalah lulusan Telkom University, maka kamu bisa mendapatkan potongan BPP sebesar 50%.
Periode pendaftaran untuk tahun ini masih terbuka hingga 24 April 2024. Para pelamarnya juga harus memiliki sertifikat Tes Potensi Akademik dan TOEFL atau IELTS – kamu bisa melakukannya di Tel-U jika daftar dari sekarang.
S2 Ilmu Komunikasi Belajar Apa Saja?
Jenjang magister memiliki konsentrasi berbeda daripada sarjana. Persentase teori dan kajian akan jauh lebih besar daripada praktik, meskipun ada pilihan mata kuliah lapangan yang bisa kamu pilih.
Berikut adalah beberapa aspek yang akan kamu eksplorasi di S2 Ilmu Komunikasi Telkom University.
1. Komunikasi Organisasi
Bidang ini belajar tentang bagaimana komunikasi berdampak pada kinerja dan budaya organisasi. Selain mencakup komunikasi internal dalam perusahaan, kamu juga belajar komunikasi dengan stakeholder.
2. Strategi Komunikasi Digital
Seperti namanya, kamu akan belajar cara merancang dan menerapkan strategi komunikasi di berbagai digital platform. Fokusnya adalah pada cara memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas pesan.
3. Riset Jaringan Komunikasi
Agar kemampuan risetmu semakin berkembang, maka kamu perlu belajar tentang riset juga. Bidang ini menganalisis jaringan komunikasi menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk strategi komunikasi yang lebih baik.
4. Ekonomi Media Politik
Tujuan dari bidang ini adalah memahami hubungan antara media, ekonomi, dan politik. Selain belajar tentang dampak kebijakan media dibentuk, kamu juga menganalisis dampak ekonomi terhadap konten media serta bagaimana media membawa dampak pada pemerintahan.
5. Teknologi dan Budaya Digital
Selain mengeksplorasi bagaimana teknologi mengubah cara berkomunikasi, bidang ini juga menganalisis cara manusia berinteraksi dan memahami dunia dengan adanya teknologi digital.
Kamu juga akan banyak belajar tentang media baru, identitas digital, dan bagaimana teknologi memengaruhi nilai dan norma sosial.
6. Psikoanalisis Media
Bidang ini mengajarkan mahasiswa menerapkan teori psikoanalisis dalam memahami media dan efeknya terhadap audiens. Ini melibatkan analisis tentang bagaimana konten media mempengaruhi emosi, perilaku, dan pemikiran penonton atau pengguna.
7. Analisis Konten Media dan Audiens
Ini merupakan studi tentang isi media dan interaksi dengan audiensnya. Selain teknik menganalisis pesan, materinya juga bertujuan memahami bagaimana audiens menafsirkan dan bereaksi terhadap pesan tersebut.
Fokus pada berbagai isu terkini, seperti digitalisasi, globalisasi, dan perubahan sosial, mahasiswa memiliki wawasan relevan untuk menghadapi tantangan komunikasi di berbagai sektor.
Penutup
Biaya terjangkau dan opsi beasiswa serta fokus pada riset mendalam menjadikan program magister Ilkom di Telkom University kesempatan untuk mengembangkan diri.
Yuk, daftar langsung ke S2 Ilmu Komunikasi dan #RaihMasaDepanmu dengan ilmu yang lebih kaya. Kamu juga bisa konsultasi via Zoom untuk informasi lebih lanjut. Jangan lewatkan kesempatan ini dan sambut masa depan yang cerah dengan S2 Ilmu Komunikasi.