SMART Goals Method: Kunci Sukses dalam Perencanaan Bisnis yang Efektif

Smart Goals Method, Kunci Perencanaan Bisnis Efektif

Saat memulai bisnis, tentunya harus ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan itulah yang menjadi panduan untuk melaksanakan langkah-langkah strategis. Tanpa adanya tujuan yang jelas, keberhasilan akan sulit diukur dan bisnis dapat kehilangan arah dalam menghadapi tantangan serta peluang.

Dalam menentukan tujuan juga tidak boleh asal. Salah satu metode yang terkenal dan banyak dipakai oleh pelaku bisnis untuk memastikan tujuan lebih terarah adalah SMART Goals Method.

Apa Itu SMART Goals Method?

SMART adalah akronim dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound. Konsep SMART pertama kali diperkenalkan oleh George T. Doran, seorang Direktur Perencanaan, pada tahun 1981. 

Metode SMART Goals memiliki kerangka kerja yang terstruktur sehingga dapat mempermudah untuk mengambil langkah yang lebih terarah dan fokus pada hasil yang nyata. [1]

Perbedaan SMART Goals dengan tujuan biasa terletak pada sejauh mana tujuan itu memiliki batasan yang spesifik, terukur, dan realistis. Tujuan biasa sering kali bersifat umum, abstrak, dan kurang memiliki parameter yang jelas untuk mengukur keberhasilan.

Hal ini membuat SMART Goals lebih mudah dipantau dan dievaluasi yang memungkinkan bisnis dapat beradaptasi lebih cepat untuk mencapai tujuan.

Mengapa Penting untuk Bisnis?

SMART Goals Method berfungsi sebagai alat perencanaan strategis bisnis yang efektif. Berikut adalah manfaat lain dari penggunaan pendekatan ini.

• Memberikan fokus yang jelas pada tujuan bisnis

SMART Goals menekankan pada pentingnya menetapkan tujuan yang spesifik dan realistis. Dengan tujuan yang terdefinisi secara jelas, pengoperasian bisnis dapat fokus pada pencapaian yang relevan, sehingga menghindari pemborosan waktu dan sumber daya yang tidak mendukung keberhasilan utama.

Tujuan yang terarah juga bisa meningkatkan motivasi karena ada target dan langkah strategis yang pasti untuk mencapainya.

• Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Ketika sudah memiliki tujuan dan rencana yang terstruktur, pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien karena langkah-langkah yang harus diambil sudah jelas dan tahu berapa waktu yang harus dipenuhi.

Hal ini akan membantu dalam memanfaatkan sumber daya secara optimal agar hasil yang diperoleh lebih efisien dan efektif.

• Membantu evaluasi dan pengukuran kinerja

SMART Goals memberikan metrik yang terukur dan indikator yang jelas untuk mengevaluasi kemajuan dan hasil kerja. Dengan metode ini, bisnis dapat dengan mudah menilai apakah langkah strategis yang dijalankan sudah sesuai untuk mencapai tujuan atau harus ditingkatkan dan diperbaiki lagi.

Evaluasi yang objektif ini berguna untuk mengoptimalkan strategi di masa depan sehingga akan menghasilkan dampak yang signifikan pada perkembangan bisnis.

Cara Menyusun SMART Goals

Untuk bisa menetapkan tujuan sesuai SMART Goals Method, ada kerangka yang perlu diisi berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan tujuan kamu:

1. Specific (Spesifik)

Tujuan apa yang ingin kamu capai? Seperti apa pencapaian yang kamu inginkan? Langkah apa yang harus diambil? Siapa saja yang terlibat? Mengapa tujuan ini penting?

Ini adalah langkah pertama di mana kamu harus menetapkan tujuan yang terdefinisi secara jelas dan tidak ambigu. Buatlah tujuan itu spesifik dengan apa yang kamu inginkan agar kamu bisa fokus dan lebih termotivasi dalam mencapainya.

Untuk membantu merinci tujuan secara lebih mendalam, kamu bisa menggunakan panduan 5W (What, Who, Where, When, Why).  

2. Measurable (Terukur)

Bagaimana kamu tahu tujuan ini tercapai? Bagaimana caranya kamu mengukur keberhasilan tujuan ini? Apa indikator penilaiannya? Seberapa banyak atau sering target ini harus dicapai? Berapa jumlah atau angka spesifik dari sasaran yang ingin diraih?

Dengan target yang terukur ini, kamu bisa dengan mudah memonitor dan mengevaluasi progres secara objektif. Biasanya tujuan spesifik ini diukur menggunakan sesuatu yang menujukkan kuantitas, seperti angka, persentase, atau parameter tertentu lainnya.

Hal ini akan membuat kamu fokus kepada target dan cara meraihnya dengan lebih efektif. 

3. Achievable (Dapat Dicapai & Realistis)

Apakah sumber daya dan kemampuan yang dimiliki mumpuni untuk mencapai tujuan? Apakah tujuan ini realistis dan bisa dicapai dengan kondisi saat ini? Apa tantangan dan hambatan dalam mencapai tujuan? Apakah tujuan ini pernah tercapai oleh orang lain?

Ambisus dalam menetapkan tujuan boleh saja, tetapi penting untuk memikirkan lebih dalam apakah tujuan bisa tercapai dengan sumber daya dan waktu yang dimiliki.

Memiliki target tinggi yang tidak realistis dan susah tercapai tidak akan memberikan hasil yang efektif karena bisa saja strategi menjadi tidak mencukupi yang akhirnya dapat mengurangi motivasi untuk meraihnya. Tujuan harus bisa bersifat menantang tetapi tetap dalam jangkauan yang memungkinkan.

4. Relevant (Relevan)

Apakah tujuan ini selaras dengan visi misi bisnis/kamu? Apakah tujuan ini penting dan berdampak positif? Apakah tujuan ini sesuai dengan keadaan dan kondisi saat ini? Apakah tujuan ini mendukung kebutuhan di masa depan?

Tujuan yang baik harus selaras dengan visi dan misi serta relevan dengan keadaan saat ini dan kebutuhan di masa depan. Tujuan yang relevan bisa memberi arah yang jelas untuk memastikan bahwa setiap langkah yang diambil memiliki dampak positif.

5. Time-Bound (Tepat Waktu)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini? Kapan tujuan ini harus tercapai? Seberapa spesifik batas waktunya?

Setiap proses dalam mencapai tujuan pasti memiliki awal mulai dan titik akhir yang tidak akan berlangsung selamanya. Tenggat waktu berfungsi sebagai batasan yang memberikan arah dan fokus. 

Dengan adanya batasan waktu, kita bisa menjadi lebih disiplin dan merasa termotivasi untuk bekerja lebih giat dalam mencapai tujuan. Tenggat waktu membantu menghindari penundaan sehingga tujuan tetap berada pada jalurnya dan mendorong pengambilan langkah strategis yang lebih efisien dan terarah.

Penerapan SMART Goals Method ini bisa dilakukan untuk berbagai hal, baik untuk proses bisnis maupun pengembangan diri sendiri. Menguasai metode ini memberikan banyak kemudahan dalam menetapkan dan mencapai tujuan yang jelas, terukur, dan realistis sehingga pencapaian hasil yang diinginkan dapat tercapai.

SMART Goals Method sering kali diajarkan dalam pembelajaran mata kuliah,  terutama yang berfokus pada manajemen, perencanaan bisnis, pengembangan diri, kepemimpinan, serta pengelolaan proyek lainnya. 

Ayo capai kesuksesan dengan menetapkan tujuan yang terarah dan ambil langkah untuk #CreatingTheFuture bersama Telkom University!

Penulis: Ghaisani Mitsuko Nozomi (S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika (MBTI) – Angkatan 2024)

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom