Public Relations Adalah: Pengertian dan Peranannya dalam Sebuah Perusahaan. Kenapa Sangat Penting?

Public Relations Adalah Peran Utamanya & Cara Menjadi Pr

Perusahaan besar tentu sudah berkali-kali diterpa badai kritik selama berdirinya. Namun, citra mereka tetap positif—public relations adalah jawabannya. Kemampuan mengelola komunikasi dan membangun hubungan yang kuat dengan publik semakin penting di dunia bisnis yang kian kompetitif ini. 

Lalu bagaimana public relations atau PR berperan di industri ini? Apa yang kamu perlukan untuk berkarier di bidang ini? Temukan jawabannya di artikel ini.

Peran Utama PR dalam Komunikasi Perusahaan

Mengemban tugas yang penting di perusahaan, berikut adalah beberapa peran utama PR terkait komunikasi perusahaan.

1. Membangun dan Memelihara Citra Perusahaan

Citra perusahaan menjadi aspek penting untuk menarik pelanggan serta mitra dan investor. Ini menjadi peran PR, terutama dalam menyusun pesan yang konsisten dan positif tentang perusahaan. 

Contoh public relation yang cukup terkenal adalah slogan “Share a Coke” Coca-Cola. Hingga hari ini, konsumen mengasosiasikan minuman ini dengan kebersamaan hangat dengan yang tercinta.

2. Mengelola Hubungan dengan Media

Peran penting lainnya dari seorang PR adalah mengelola hubungan dengan media. Perusahaan Apple, misalnya, selalu memastikan bahwa peluncuran produk baru mendapat liputan luas dan positif dari media. 

Ini menjadi salah satu contoh public relation perusahaan yang membantu menciptakan buzz dan menarik minat konsumen.

3. Mengelola Krisis dan Situasi Darurat

Tidak selalu mulus, perusahaan terkadang juga mengalami masa krisis yang berpotensi menjatuhkan reputasi. PR akan menjadi garda terdepan dalam mengelola komunikasi sehingga dampak negatif dapat diminimalisasi. 

Misalnya, saat terjadi insiden krisis data di perusahaan Target pada tahun 2013, tim PR bekerja untuk menginformasikan pada pelanggan tentang tindakan yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Ini menjadi contoh nyata peran public relations dalam perusahaan yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan.

4. Menyusun Strategi Komunikasi dan Kampanye PR

Perusahaan memiliki tujuan bisnis yang jelas dan memerlukan serangkaian aksi untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu langkahnya adalah merencanakan dan melaksanakan campaign sehingga visibilitas dan reputasi perusahaan meningkat. 

Kampanye “Real Beauty” Dove merupakan contoh bagaimana hal ini mengubah percakapan global tentang kecantikan. Hal ini juga membantu meningkatkan brand awareness dan membangun hubungan emosional dengan pelanggan.

Lebih dari apa pun, tugas public relation adalah elemen vital dalam komunikasi perusahaan. Selain menyampaikan pesan yang selaras dengan nilai dan tujuan bisnis, reputasi sebuah brand tetap terjaga.

Cara Menjadi Public Relations yang Sukses

Posisi public relations atau humas akan terus dibutuhkan di masa-masa mendatang. Agar dapat bersaing, berikut adalah beberapa langkah yang sebaiknya kamu pertimbangkan apabila berencana berkarier di bidang ini.

1. Membangun Relasi

Hal pertama yang harus kamu mulai adalah membangun relasi. Bergabung dengan organisasi profesional di bidang ini juga baik untuk memperluas kontak dan membuka peluang kerja yang mungkin tidak tersedia secara umum.

2. Personal Branding

Sebelum membangun branding perusahaan, kamu harus bisa membuat branding untuk diri sendiri dulu. Kamu bisa mulai dengan bikin blog atau situs web yang menunjukkan kemampuan menulis maupun pengetahuan tentang industri. 

Kamu juga harus up-to-date dengan kampanye-kampanye terkini—coba ulas di blog post kamu.

3. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Tidak hanya memahami apa itu public relation, kamu juga wajib memiliki kemampuan komunikasi—baik secara verbal maupun tulisan. Selain belajar menulis, jangan bosan untuk melatih kemampuan bicara di depan umum.

4. Memahami Media

Kenapa Public Relations sangat penting dalam sebuah perusahaan? Penjelasan sebelumnya cukup menggambarkan betapa reputasi dan citra perusahaan di depan publik banyak bergantung pada posisi ini. 

Namun, seorang humas juga harus paham bahwa setiap media punya audiens yang berbeda—apalagi sekarang perusahaan juga berurusan dengan media digital. Melek media dan memahami setiap audiensnya adalah langkah cerdas untuk sukses menjadi humas di era saat ini.

5. Kuliah Jurusan Hubungan Masyarakat di Kampus Terbaik

Memiliki gelar akademis membuatmu memiliki stand lebih baik di mata para HRD maupun rekruter. Namun, pastikan kamu hanya kuliah di kampus terbaik dan mengambil jurusan yang relevan dengan posisi humas atau public relations.

Program S1 Hubungan Masyarakat Digital Telkom University

Kampus swasta terbaik di Indonesia—Telkom University—menawarkan program S1 Hubungan Masyarakat Digital. 

Berada di bawah Fakultas Komunikasi dan Bisnis, program studi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembag di era digital. Selain belajar topik-topik utama, kamu juga bisa memilih peminatan, seperti:

  • Komunikasi Global, yang fokus pada strategi komunikasi efektif di kancah internasional.
  • Jurnalistik Kontemporer, di mana mahasiswa banyak berkutat dengan berbagai teknik jurnalistik modern.
  • Komunikasi dan Perubahan Sosial, yang menekankan pada peran komunikasi dalam memengaruhi perubahan sosial.

Mulai karier yang menjanjikan di bidang komunikasi dengan memilih jurusan di Telkom University. Kurikulum komprehensif dan pilihan peminatan yang relevan dengan perkembangan industri akan menyiapkanmu menjadi profesional PR yang siap menghadapi tantangan dunia kerja modern. 

Daftar langsung atau konsultasi via Zoom untuk langkah pertama #CreatingTheFuture. Public Relations adalah kunci sukses komunikasi perusahaan—kamu bisa jadi bagian dari itu!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom