Profesi KOL Specialist Adalah: Karier Bergengsi yang Banyak Digeluti Gen Z

Kol Specialist Adalah, Tanggung Jawab & Jurusan Yang Relevan

Tahukah kamu bahwa KOL Specialist adalah karier incaran banyak Gen Z saat ini? Hal ini tidak lepas dari dunia digital yang juga berpengaruh besar dalam dunia pemasaran. Tapi apa itu KOL Specialist? Apa yang bisa kamu lakukan untuk menjadi KOL Specialist terbaik abad ini?

Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini!

Mengenal Profesi KOL Specialist

KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leader. Apabila kamu menggunakan kata “specialist” di belakangnya maka kamu adalah ahli di bidang tersebut. Posisi ini bertugas menjalin dan maintaining komunikasi antara brand dengan KOL atau influencer yang merepresentasikan merek tersebut di media sosial.

Tidak hanya itu, profesi ini juga membuat hingga mengeksekusi rencana pemasaran yang melibatkan influencer. Fokus KOL Specialist adalah meningkatkan brand awareness yang dalam jangka panjang meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Mengingat keterlibatan media sosial yang sangat tinggi, profesi ini menjadi incaran para Gen Z. Kenapa begitu? Gen Z sangat piawai mengoperasikan teknologi.

Pengaruh media sosial yang tinggi dalam marketing strategy juga membawa dampak tersendiri terhadap naiknya permintaan KOL Specialist yang kompeten.

Apa Tugas dan Tanggung Jawab KOL Specialist?

Seorang KOL Specialist mengemban tugas dan tanggung jawab yang tidak main-main. Mengingat perannya sangat besar dalam mengelola hubungan antara brand dan influencer, mereka harus mengurus hal-hal berikut:

  • Mengidentifikasi target pasar sebuah brand dan menentukan influencer yang sejalan dengan visi-misi brand.
  • Melakukan networking dan menjalin relasi dengan banyak pihak ketiga.
  • Merencanakan campaign strategy dan memastikan kampanye tersebut berjalan sesuai rencana.
  • Melakukan negosiasi dan membuat kontrak untuk keuntungan bersama.

Dari beberapa tugas dan tanggung jawab di atas, posisi ini mengharuskan skill komunikasi yang solid dan fleksibel. Tidak hanya itu, menjadi seorang KOL Specialist juga menuntut kreativitas tinggi dan ketangkasan dalam menggunakan teknologi.

Pada akhirnya, kolaborasi bersama influencer idola hanya sedikit bonus apabila membandingkannya dengan kepuasan profesional yang diperoleh.

Pendidikan Relevan untuk Menjadi KOL Specialist

Memiliki pendidikan akademik yang baik akan selalu menjadi nilai positif bagi setiap orang yang akan terjun ke bidang profesional. Lalu KOL Specialist kuliah jurusan apa?

Ilmu Komunikasi adalah latar belakang pendidikan ideal untuk posisi ini. Tidak hanya keterampilan relevan, program studi ini menawarkan wawasan lengkap dan esensial untuk berkarier di bidang ini.

Berikut adalah relevansi Jurusan Ilmu Komunikasi dengan pekerjaan KOL Specialist.

1. Riset dan Analisis Media

Topik ini menjadi salah satu topik utama yang kamu pelajari di Ilmu Komunikasi. Setiap media memiliki audiens yang berbeda—setiap target audiens juga memerlukan pendekatan yang berbeda.

Ilmu dan keterampilan ini sangat relevan dengan tugas yang diemban seorang KOL Specialist, terutama ketika memilih influencer yang sesuai dengan visi-misi brand hingga menyampaikan kampanye yang efektif.

2. Teori Komunikasi

Meskipun bersifat teori, topik ini menjadi bekal wawasan yang tidak kamu dapatkan di tempat lain. Dengan berbagai pendekatan komunikasi yang ada, kamu belajar menyampaikan pesan yang efektif ke berbagai target audiens.

3. Network Management

Dalam Ilmu Komunikasi, kamu mempelajari bagaimana membangun dan memelihara hubungan baik dengan stakeholders.

Kamu akan membutuhkan kemampuan ini karena akan banyak berhubungan dengan pihak lain, termasuk dengan influencer, media, dan agensi. Berjejaring, lebih dari apa pun, adalah tugas KOL Specialist.

4. Pemasaran dan Hubungan Masyarakat

Sebagai seorang KOL Specialist, menjaga hubungan antara brand dan influencer adalah sebuah keharusan. Posisi ini juga harus bisa menyampaikan pesan kepada publik dengan baik. Semua ini bisa kamu pelajari di marketing dan public relation—semuanya ada di Ilmu Komunikasi.

5. Pemahaman Media Digital

Media digital dan strategi pemasaran digital umumnya telah masuk ke dalam kurikulum Jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia.

Dengan materi yang terintegrasi dengan teknologi, mahasiswa memiliki bekal bagaimana melakukan campaign dan berkomunikasi dengan audiens menggunakan berbagai digital platform di luar sana.

Ilmu Komunikasi memberikan bekal yang kamu perlukan untuk berkarier di berbagai sektor. Kombinasi pemasaran dan analisis serta keterampilan komunikasi yang kamu peroleh membuka pintu ke dunia kreatif yang gemilang, termasuk berperan sebagai KOL Specialist.

Prospek Karier dan Pengembangan Profesional

Berkarier sebagai KOL Specialist cukup menjanjikan. Gaji KOL Specialist entry-level sendiri sekitar Rp6.500.000 per bulan[1] tergantung lokasi dan perusahaan tempat kerja. Sedangkan di level senior, gajinya sekitar Rp15.000.000 setiap bulannya.[2]

Untuk meningkatkan daya saing sebagai KOL Specialist, ikuti pelatihan dan sertifikasi dalam pemasaran digital dan manajemen proyek. Atau, kamu bisa daftar langsung S1 Ilmu Komunikasi Telkom University.

Menggabungkan teori komunikasi dengan keterampilan digital yang relevan dengan masa kini, program studi ini menawarkan pengalaman belajar yang imersif. Jangan lewatkan kesempatan untuk #CreatingTheFuture bersama universitas swasta terbaik di Indonesia.

Jika KOL Specialist adalah salah satu karier menarik buat kamu, kontak kami untuk informasi lebih lengkap mengenai Jurusan Ilmu Komunikasi yang bisa mendukung cita-citamu!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom