• Halaman Utama
  • Tel-U Insight
  • Mulai dari Cloud Computing Hingga Blockchain, Ini Dia Mata Kuliah yang Kamu Pelajari di Jurusan Teknologi Informasi!

Mulai dari Cloud Computing Hingga Blockchain, Ini Dia Mata Kuliah yang Kamu Pelajari di Jurusan Teknologi Informasi!

Jurusan Teknologi Informasi Mata Kuliah Yang Wajib Ketahui!

Share

Sebagai jurusan favorit, jurusan Teknologi Informasi di Indonesia bisa kita temukan di berbagai kampus di seluruh Indonesia. S1 Teknologi Informasi juga hadir di Telkom University dengan akreditasi B dari BAN-PT serta status Provisionally Accredited IABEE. Ini menjadikan jurusan Teknologi Informasi Telkom University sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia yang menghasilkan Sarjana Komputer (S.Kom).

Jurusan Teknologi Informasi sendiri menyediakan peluang karier yang luas dan beragam. Kamu bisa menjadi tenaga profesional IT di perusahaan, menjadi freelancer IT, menjadi entrepreneur IT sampai menjadi akademisi. Lantas, apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan ini?

Belajar Pemrograman

Materi kuliah pertama yang akan kamu pelajari di jurusan Teknologi Informasi adalah pemrograman atau programming. Mata kuliah ini bahkan sudah akan kamu temui di semester pertama.

Belajar pemrograman berguna untuk membantumu dalam mengembangkan perangkat lunak, membangun sistem operasi, aplikasi desain grafis dan lain sebagainya. Dengan memahami bahasa pemrograman, kamu bisa menulis kode untuk membangun perangkat lunak yang efisien dan efektif.

Belajar Cloud Computing

Cloud computing atau komputasi awan adalah materi berikutnya yang akan kamu dapatkan di jurusan ini. Di Telkom University, mata kuliah Komputasi Awan termasuk ke dalam mata kuliah pilihan dengan jumlah 3 SKS.

Lalu, apa itu cloud computing? Secara sederhana, komputasi awan adalah pengiriman berbagai layanan komputasi mencakup penyimpanan data, database, perangkat lunak, server, jaringan hingga analitik lewat internet atau cloud.

Saat ini, teknologi cloud computing makin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di berbagai belahan dunia. Itulah sebabnya mengapa pakar IT yang ahli dalam cloud computing sangat dibutuhkan.

Adanya cloud computing memudahkan infrastruktur sehingga perusahaan atau individu dapat menyimpan dan mengakses file atau data milik mereka kapan saja dan di mana saja selagi mereka terhubung dengan internet. Beberapa manfaat cloud computing dan implementasinya dalam bisnis antara lain adalah:

  • Penyimpanan data yang lebih terpusat dan aman
  • Data lebih fleksibel untuk digunakan
  • Lebih hemat biaya
  • Bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan
  • Biaya relatif terjangkau.

Belajar Internet of Things

Salah satu misi dari jurusan Teknologi Informasi di Telkom University adalah melaksanakan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang IT, khususnya dalam cyber security dan Internet of Things atau IoT. Jadi, sudah dipastikan IoT akan menjadi salah satu materi kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini.

Apa itu Internet of Things? Internet of Things atau IoT merupakan sistem perangkat komputasi yang saling terhubung, mesin mekanik dan digital, objek (baik itu hewan atau manusia) yang dilengkapi dengan Unique Identifiers (UID) dan kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa membutuhkan interaksi human-to-human (manusia dengan manusia) atau human-to-computer (manusia dengan komputer).

Implementasi IoT juga makin meluas saat ini dan bentuknya bisa beragam. Bisa berupa seseorang yang memiliki implan monitor jantung, mobil dengan sensor bawaan yang akan mengingatkan pengemudi saat tekanan ban rendah dan lain sebagainya.

Bagi berbagai perusahaan, penggunaan IoT membantu mereka untuk mengefisienkan sistem operasional, lebih memahami pelanggan untuk memberikan layanan yang lebih baik serta meningkatkan proses pengambilan keputusan serta meningkatkan nilai bisnis itu sendiri.

Di jurusan Teknologi Informasi, materi mengenai IoT akan mulai kamu temukan di semester 6 (mata kuliah Pengembangan dan Aplikasi IoT).[1] Selain itu, IoT juga menjadi salah satu dari mata kuliah pilihan (Analitik Big Data untuk IoT dan E-Health Berbasis IoT).

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom