Kuliah di Jurusan Public Relation adalah salah satu cara terefektif untuk mempelajari ilmu dan skill terkait bidang tersebut. Jika sudah menguasai semuanya, bukan tidak mungkin banyak perusahaan yang ‘berebut’ mempekerjakan kamu. Tapi, Jurusan Public Relation belajar apa saja, sih?
Ayo cari tahu ilmu dan skill apa saja yang perlu kamu miliki untuk sukses di bidang public relation.
Apa Itu Public Relation?
Jika bicara soal public relation, kebanyakan orang lebih familier dengan jabatan Public Relation, atau kerap juga disebut PR. Tapi, kata “public relation” juga bisa kamu gunakan untuk menggambarkan suatu lingkup pekerjaan.
Dalam konteks lingkup pekerjaan, public relation adalah upaya untuk mengelola komunikasi antara perusahaan dan para stakeholder perusahaan, seperti konsumen, karyawan, media, hingga pemegang saham.
Sementara itu, orang dengan jabatan public relation bertugas untuk mengelola komunikasi tersebut atas nama perusahaan. Tujuannya bermacam-macam, mulai dari menjaga hubungan baik dengan stakeholder, menjaga citra perusahaan di mata masyarakat luas, hingga menjalin kerja sama antar pelaku industri.
Karena memiliki cakupan yang luas, jobdesc Public Relation pun ada banyak macamnya, mulai dari menulis dan mendistribusikan press release, menyelenggarakan event, hingga berkoordinasi dengan media.
Maka dari itu, tak heran jika seorang PR perlu menguasai berbagai bidang ilmu dan skill untuk bisa bekerja dengan baik.
Ilmu dan Skill yang Dipelajari di Public Relation
Meski terkesan mudah, pekerjaan public relation membutuhkan skill interdisipliner yang kompleks. Ini beberapa ilmu dan skill yang akan kamu pelajari di public relation.
1. Pemahaman Bisnis dan Industri
Nyaris seluruh jenis bisnis membutuhkan jasa PR untuk mengelola komunikasi. Maka dari itu, seorang PR wajib memahami industri serta proses bisnis di tempatnya bekerja.
Dengan begini, kamu dapat menyusun strategi komunikasi bisnis yang sesuai, agar pesan yang disampaikan lebih tepat sasaran.
2. Pemahaman Media
Media adalah aspek krusial dalam public relation. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui tipe dan cara kerja setiap media, mulai dari TV, radio, media cetak, hingga podcast. Dengan pemahaman ini, kamu bisa menyusun strategi komunikasi yang sesuai dengan format media serta jenis audience-nya.
3. Memahami Perkembangan Dunia Digital
Di era 4.0, merambah dunia digital adalah hal wajib untuk perusahaan, dan PR pun harus aktif terlibat dalam kegiatan ini agar bisa menjangkau stakeholder dengan cepat. Beberapa aspek yang harus kamu ketahui adalah media sosial, tools pembuatan konten, hingga teknik pemasaran digital.
4. Skill Komunikasi
Public relation merupakan sosok kunci corporate communication perusahaan, baik dalam lingkup internal maupun eksternal. Selain komunikasi verbal, kamu juga wajib menguasai komunikasi tertulis. Dengan begini, kamu akan bisa merangkai pesan yang jelas dan komprehensif untuk berbagai audience di berbagai media.
5. Kemampuan Interpersonal
Memiliki kemampuan interpersonal yang mumpuni akan membantu kamu meraih kepercayaan serta membangun kredibilitas di industri yang kamu geluti. Beberapa skill interpersonal yang wajib kamu dalami adalah skill negosiasi dan diplomasi, mendengar aktif (active listening), empati, serta strategic thinking.
6. Kemampuan Menangani Krisis
Di situasi krisis seperti penarikan produk, pelanggaran SOP, hingga peretasan data, PR bertugas mengelola komunikasi korporasi secara cepat dan transparan guna menjaga nama baik perusahaan dan kepercayaan konsumen.
7. Perencanaan dan Pengelolaan Event
Perusahaan kerap menyelenggarakan event untuk berbagai tujuan, misalnya mempromosikan produk atau menjalin kerja sama terhadap pelaku industri lainnya. Untuk itu, seorang PR harus bisa merancang dan mengelola event yang efektif.
Meski terkesan mudah, skill ini membutuhkan kombinasi kemampuan perencanaan, kreativitas, pengelolaan budget, hingga pengelolaan logistik yang mumpuni.
8. Hukum dan Etika Public Relation
Memahami hukum dan etika terkait public relation penting dilakukan agar kamu bisa menghindari pelanggaran hukum saat melakukan tugas, seperti pencemaran nama baik, pembocoran data pribadi, atau pelanggaran copyright. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk menjaga integritas perusahaan dan kepercayaan stakeholder.
Prospek Karier Lulusan Public Relation
Faktanya, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan public relation, sehingga menjadi PR adalah opsi karier yang potensial. Selain itu, ruang lingkup pekerjaan PR pun beragam, ini beberapa di antaranya:
- Public Relation Specialist/Staf Hubungan Masyarakat
- Spesialis Komunikasi Krisis
- Social Media Manager
- Koordinator Event dan Komunitas
- Marketing Communication
- Presenter atau Podcaster
- Sales
Belajar Ilmu Public Relation di Telkom University
Bidang public relation sangat cocok untuk kamu yang menyenangi lingkungan kerja dinamis. Nah, untuk meraih ilmunya, masuk Jurusan Digital Public Relation atau Humas Digital di Telkom University adalah pilihan yang terbaik.
Jurusan yang tergabung dalam Fakultas Komunikasi dan Bisnis ini menyediakan kurikulum yang sesuai untuk kamu yang ingin jadi PR.
Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan adalah:
- Teori dan manajemen komunikasi dalam berbagai konteks pekerjaan, mulai dari komunikasi politik, komunikasi visual, dan komunikasi korporasi.
- Ilmu kewirausahaan
- Hubungan masyarakat konvensional dan digital
- Produksi media
Dengan kuliah di Telkom University, kamu tak hanya akan memiliki skill public relation yang mumpuni, namun juga memiliki jiwa kewirausahaan dan pemahaman digital untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja.
Nah, itulah ilmu dan skill yang akan kamu pelajari di public relation. Yuk, daftar di S1 Digital Public Relation dan #CreatingTheFuture bersama Telkom University!