Dunia saat ini semakin terhubung dan transparan sehingga kemampuan mengelola citra dan hubungan publik suatu organisasi menjadi lebih penting dari sebelum-sebelumnya. Ini menjadikan Jurusan Public Relation pilihan menarik untuk studi di tingkat berikutnya.
Kalau kamu memiliki kemampuan komunikasi yang kuat dan people person yang menggemari strategi komunikasi, maka jurusan ini ideal untukmu. Yuk, cari tahu lebih dalam mengapa Public Relation adalah program studi tujuan yang tepat!
Apa Itu Jurusan Public Relations?
Istilah PR merupakan profesi yang merujuk pada public relations. Masyarakat umumnya juga mengenal profesi ini sebagai humas atau hubungan masyarakat. Jurusan ini mengajarkan mahasiswanya ragam strategi dan teknik komunikasi, terutama untuk membangun dan memelihara citra di mata publik.
Tidak hanya secara verbal, mahasiswa yang mengambil jurusan ini juga belajar berbagai metodologi komunikasi secara tulisan. Lalu apa yang akan kamu pelajari setelah masuk jurusan ini?
- Hubungan Media, di mana kamu belajar bagaimana menjalin kontak dengan berbagai media. Kamu juga belajar bagaimana menyiapkan press conference dan liputan.
- Crisis Communication, yang mengajarkan cara mengelola situasi krisis hingga strategi pemulihannya
- Manajemen Reputasi, topik yang mengeksplorasi bagaimana membangun dan mempertahankan citra reputasi serta recovery-nya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Topik-topik utama di atas hanya sedikit dari bekal yang kamu peroleh dari jurusan ini. Semua yang kamu pelajari sangat berkaitan dengan tugas-tugas yang kamu terima nantinya di dunia kerja—terutama terkait citra positif berbagai sektor industri.
Pertimbangan Memilih Jurusan Public Relations
Masih ragu untuk ambil kuliah di program ini? Ada lima alasan yang memperkuat alasanmu untuk kuliah di Public Relation.
1. Minat dan Keterampilan
Alasan memilih Jurusan Public Relations yang utama adalah adanya minat yang diikuti dengan skill yang kamu miliki. Menjadi profesional di PR membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dan kuat serta berpikir strategis dan kreatif.
Tentu saja, keterampilan bisa kamu kembangkan seiring berjalannya waktu. Namun, pastikan dulu kalau kamu punya ketertarikan yang mendalam dalam dunia komunikasi dan hubungan dengan masyarakat.
2. Peluang Karier
Apakah kamu masih bertanya-tanya Jurusan Public Relation kerja apa? Secara umum, lulusan PR bisa berkarier di semua sektor industri. Bahkan digitalisasi membuat peluang di bidang ini semakin luas.
Beberapa prospek kerja yang bisa kamu tuju mencakup manajer komunikasi, marketing manager, serta spesialis media communication dan konsultan PR.
3. Reputasi Program dan Universitas
Mungkin ketertarikanmu pada bidang humas sudah cukup tinggi. Namun, ini bukan berarti kamu bisa sembarangan pilih kampus tujuan. Pastikan program studi yang kamu pilih telah terakreditasi unggul yang diakui lembaga kredibel.
Bukan hanya program studinya, lembaga tinggi atau kampus yang menaungi program ini juga sebaiknya mendapat pengakuan nasional dan internasional. Kampus yang bereputasi baik umumnya memiliki jaringan alumni yang kuat dan memberikan keunggulan kompetitif di pasar kerja.
4. Digital Public Relations
Cermati kurikulumnya—cari yang menawarkan program PR yang terintegrasi dengan teknologi digital. Program Studi Digital Public Relations Telkom University, misalnya, menawarkan pengalaman belajar yang relevan untuk kebutuhan ahli PR di era digital.
Selain belajar tentang ilmu komunikasi tradisional, kamu juga dapat materi tentang digital marketing dan bagaimana mengelola reputasi dengan social media platforms. Dengan begitu, kamu bisa semakin bersaing di pasar kerja.
5. Kesempatan Pengembangan Diri
Pertimbangan berikutnya adalah apakah program PR yang kamu pilih menawarkan ruang untuk berkembang yang memadai? Kuliah Jurusan Public Relation sebaiknya mengombinasikan teori dan praktik dengan seimbang.
Kesempatan pengembangan diri ini bisa meliputi seminar dan workshop serta proyek magang maupun kegiatan ekstrakurikuler. Dengan begitu, mahasiswa siap terjun ke lapangan sekaligus memiliki wawasan kuat tentang bidang yang mereka pelajari.
Daftar Digital Public Relations di Telkom University
Posisi Public Relations sangat vital di setiap industri—baik itu korporasi dan pemerintahan maupun start-up dan nonprofit.
Selain membangun citra positif, PR juga bertugas menjaga reputasi tersebut sekaligus mengelola komunikasi krisis. Dengan begitu, pesan perusahaan tersampaikan dengan efektif kepada publik.
Perubahan lanskap komunikasi yang cepat dan beragam di era digital turut meningkatkan pentingnya peran PR. Selain menguasai teknik komunikasi tradisional, para humas juga dituntut untuk memahami strategi komunikasi digital melalui media sosial dan analisis data.
Kamu bisa mendapatkan semua ini di Jurusan Digital Public Relations Telkom University. Kurikulum yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan kamu mendapat bekal yang up-to-date dan keterampilan yang relevan di industri humas modern.
Yuk, kontak kami dan jadilah bagian dari perubahan dunia. Kamu juga bisa daftar langsung ke Jurusan Public Relation yang memberikanmu banyak ruang untuk berkembang.
#CreatingTheFuture bersama Telkom University dan dapatkan bekal ideal untuk semua yang kamu perlukan untuk berkarier di dunia yang semakin terhubung!