Logo Utama Telkom University
Logo Utama Telkom University

Follow Us

Inovasi Produk Melalui Mata Kuliah Desain Kemasan di Telkom University

Melalui Mata Kuliah Desain Kemasan, Mari Inovasi

Mata kuliah Desain Kemasan terbilang merupakan aspek krusial dalam dunia bisnis dan industri. Tidak berhenti di situ saja, ini bisa menjadi senjata calon entrepreneur yang ingin bersaing di pasar yang kompetitif.

Selain melindungi isi atau produk, kemasan juga menjadi wajah dari sebuah brand. Maka dari itu, kemasan dan desainnya menjadi media yang berbicara langsung kepada konsumen. Bahkan hal ini berpengaruh dalam keputusan pembelian.

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang mata kuliah yang satu ini dan bagaimana desain kemasan dapat digunakan sebagai strategi pemasaran yang efektif.

Apa Itu Desain Kemasan?

Seni dan ilmu dalam menciptakan pembungkus atau kontainer untuk produk adalah definisi dari desain kemasan. Cakupannya meliputi grafis, warna, dan bentuk hingga bahan. Tentu saja, desain ini juga memperhatikan fungsionalitas.

Industri saat ini juga mendapatkan pengaruh besar dari keberadaan desain kemasan, terutama dalam aspek branding dan pemasaran. Hal ini karena kemasan tidak hanya melindungi produk di dalamnya, tapi juga berkomunikasi dengan pembeli.

Melalui belajar desain, seseorang dapat memahami bagaimana kemasan bisa memengaruhi persepsi dan keputusan pembelian. Tidak berhenti di situ, memahami aspek desain dalam kemasan juga mendukung penciptaan desain yang inovatif dan berkelanjutan.

Mengenal Mata Kuliah Desain Produk

Kreativitas yang berkolaborasi dengan teknologi dan pemahaman mendalam tentang pengguna adalah dasar dari desain produk. Dalam kurikulum desain produk, beberapa mata kuliah utama akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan esensial. Ini berguna untuk merancang produk yang inovatif dan bermakna.

Menggambar dasar, misalnya, adalah materi desain kemasan produk yang paling dasar. Selain fokus pada teknik menggambar, mata kuliah ini juga melatih mahasiswa untuk menyampaikan ide secara visual.

Ada juga Ergonomi Desain, di mana mahasiswa mempelajari penerapan prinsip ergonomi dalam perancangan. Tujuannya adalah memberikan produk yang efisien dan aman bagi pengguna.

Mata kuliah lainnya ada Desain Produk Gaya Hidup, yang memang fokusnya pada product development sesuai dengan tren.

Sementara itu, Desain Kemasan sendiri menjadi mata kuliah khusus yang mengajarkan tentang pemilihan material kemasan yang tepat dan desain yang fungsional serta estetis. Tidak hanya itu, mahasiswa akan diajarkan memahami regulasi terkait kemasan.

Secara umum, kurikulum desain produk dirancang agar mahasiswa punya daya kreativitas yang tajam dan pemikiran yang kritis. Kemampuan teknis, di sisi lain, menjadi skill lain yang diperoleh mahasiswa selama di bangku kuliah.

Beberapa mata kuliah di atas, pada akhirnya, mempersiapkan mahasiswa menjadi kreator solusi desain yang inovatif dan juga responsif terhadap kebutuhan pasar dan masyarakat.

Jurusan Desain Produk

Berdirinya program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang produk yang memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu spesialisasi yang menarik dalam jurusan Desain Produk adalah Desain Kemasan. Spesialisasi ini fokus pada pengembangan kemasan produk yang tidak hanya melindungi isi tetapi juga komunikatif, menarik, dan mempromosikan identitas merek.

Dalam spesialisasi ini, mahasiswa akan menggali lebih dalam tentang pemilihan bahan, teknik produksi, desain visual, dan memahami regulasi yang berkaitan dengan kemasan. Ini semua bertujuan untuk membuat kemasan yang tidak hanya fungsional tapi juga dapat menonjol di tengah persaingan pasar.

Kompleksitas yang dipelajari mahasiswa ini juga memungkinkan mereka memiliki prospek karir yang luas dan beragam. Desainer kemasan dan desainer produk elektronik hingga desainer interior, ini merupakan prospek kerja yang bisa kamu geluti setelah lulus nanti.

Tidak berhenti di situ, lulusan desain produk umumnya banyak dibutuhkan di industri manufaktur, teknologi, fashion, dan industri penciptaan lainnya. Tentu saja, kamu selalu punya pilihan untuk menjadi wirausahawan berdaya guna.

S1 Desain Produk di Telkom University

Telkom University menjadi jembatan untuk kamu yang berambisi menjadi pembawa perubahan di dunia desain produk. Melalui S1 Desain Produk, Tel-U menawarkan kurikulum yang menggabungkan teori, teknologi, dan praktik.

Dengan begitu, mahasiswa tidak hanya siap berkarir di industri dan menjadi desainer yang kompeten, tapi juga siap berwirausaha secara kreatif.

Spesialisasi di dalam program mencakup berbagai aspek, dari Desain Produk Gaya Hidup hingga Perhiasan, mengajak mahasiswa mengeksplorasi dan mengembangkan solusi inovatif yang responsif terhadap kebutuhan pasar.

Khusus untuk Desain Kemasan, mahasiswa akan belajar cara menciptakan packaging yang fungsional, estetis, dan mampu berkomunikasi efektif dengan konsumen. Dengan begitu, mahasiswa mampu mengkomunikasikan dan mengkomersialkan ide sebagai bagian dari desain inovatif.

Mahasiswa yang kuliah di S1 Desain Produk Telkom University juga berkesempatan magang dan ikut proyek berskala global. Ini merupakan hal yang membawamu ke berbagai pengalaman baru yang seru dan berguna untuk masa depan.

Lebih dari apa pun, pengalaman dan portofolio serta pendidikan formal adalah aspek penting yang harus dimiliki para desainer untuk bersaing di bursa industri.

Yuk, #RaihMasaDepanmu dengan daftar langsung di Desain Produk Telkom. Jadilah bagian dari generasi perubahan di industri masa depan, mulai dari belajar mata kuliah Desain Kemasan di bangku pendidikan tinggi!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom