Kamu sedang mencari pekerjaan? Bergabung dengan LinkedIn adalah langkah yang sebaiknya kamu ambil. Ini merupakan platform profesional terbesar di dunia yang menawarkan peluang tak terbatas untuk karier kamu.
Memiliki profil LinkedIn yang menarik merupakan kunci dasar agar para HR dan recruiter melirikmu. Tapi bagaimana caranya? Simak lima strategi ampuh berikut agar profilmu menonjol serta meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian!
Apa Itu LinkedIn?
Saat ini setidaknya 800 juta orang di dunia menggunakan LinkedIn. Selain memberikan kesempatan para pencari kerja mendapatkan dream job, platform ini juga menjadi wadah para profesional berjejaring dan memperkuat personal branding mereka.
Ada sekitar 65 juta pengguna mencari pekerjaan melalui LinkedIn setiap minggunya. Setiap enam menit, enam orang berhasil mendapatkan pekerjaan melalui platform ini.[1] Perekrut juga semakin mudah mendapatkan kualifikasi yang diperlukan karena ada lebih dari 41.000 keterampilan yang bisa kamu tambahkan ke profil.[2]
Trend penggunaan LinkedIn yang meningkat dari waktu ke waktu menjadi bukti bahwa platform ini telah bertransformasi menjadi alat utama untuk pengembangan karier dan networking. Tahun 2024, misalnya, penggunanya sendiri melampaui 1,5 miliar.[1]
Kamu yang sedang mencari kerja atau mengembangkan jejaring juga perlu untuk memahami pentingnya platform ini. Selain membangun karier yang sukses, memanfaatkan LinkedIn dengan optimal meningkatkan potensi HR dan rekruter melirik profilmu.
Strategi Bikin Profil LinkedIn yang Dilirik HR
Agar LinkedIn profile kamu menarik perhatian HR dan rekruter, ada lima strategi yang dapat kamu terapkan. Simak penjelasan berikut.
1. Buat Profil yang Menonjol
Dua komponen utama yang menjadi perhatian perekrut pertama kali adalah heading dan foto profil. Makanya, kamu harus mencantumkan foto yang profesional untuk memberikan kesan pertama yang diinginkan oleh para HR. Pilih foto yang jelas, berpakaian rapi, dan latar belakangnya sederhana.
Kemudian, pilih headline atau motto profesional LinkedIn yang mencerminkan posisi atau keahlian kamu—sampaikan dengan jelas dan menarik. Semakin spesifik headline yang kamu tuliskan, maka juga semakin mudah perekrut menemukanmu dari keahlian utama yang kamu miliki.
Contohnya: “Passionate Educator | Innovating Learning through Technology and Interactive Methods” atau “Innovative Software Engineer Specializing in AI and Machine Learning Solutions”.
2. Perbaiki Deskripsi Diri
Pada deskripsi diri, pastikan kamu menuliskannya dengan singkat namun padat informasi. Cantumkan keahlian utama serta pengalaman relevan dan pencapaian yang signifikan.
Selain itu, gunakan kata kunci yang SEO-friendly, tapi tetap relevan dengan keahlianmu. Hal ini akan meningkatkan visibilitas profilmu di hasil pencarian LinkedIn.
Misalnya, kalau kamu memiliki pengalaman di bidang pemasaran, gunakan kata “digital marketing”, “content strategy”, “SEO”, dan kata kunci lain yang masih nyambung.
3. Cantumkan Pengalaman Kerja yang Detail
Cek kembali deskripsi pengalaman kerja kamu, terutama yang relevan dengan posisi incaranmu saat ini. Selain itu, pastikan strukturnya kronologis, dari yang terbaru dulu—sambil cantumkan detail penting, seperti jabatan dan periode kerja serta nama perusahaan.
Agar lebih mudah dipahami, gunakan kalimat aktif dan spesifik untuk menjelaskan tanggung jawab serta pencapaian kamu di setiap posisi—fokus pada apa yang kamu capai.
4. Pamerkan Portofolio Kerja
Untuk menunjukkan pencapaianmu, jangan lupa untuk upload portofolio di profil LinkedIn. Hal ini juga memungkinkan para rekruter untuk melihat langsung hasil kerja serta menilai kualitas dan relevansi pengalamanmu untuk kualifikasi yang mereka butuhkan.
Namun, pastikan portofolio yang kamu sertakan relevan dengan bidang yang kamu inginkan. Selain itu, keterampilanmu harus ter-highlight agar proyek-proyek yang pernah kamu kerjakan ini menjadi jembatan yang menghubungkan ke dream job kamu.
Portofolio juga sebaiknya mudah diakses—bisa dengan menambahkan link ke presentasi, video, atau dokumen yang relevan.
5. Manfaatkan Fitur yang Ada
Fitur LinkedIn untuk apa? Selain meningkatkan visibilitas, fitur-fitur yang tersedia membuat profilmu tampak kredibel.
- Endorsements memungkinkan atasan atau kolega mengakui keterampilan kamu. Semakin banyak endorsement yang kamu punya, semakin kredibel kamu di mata HR.
- Fitur Recommendations, yang berupa testimoni dari kolega, klien, dan atasan yang memperkuat etos kerja kamu.
- LinkedIn Learning, fitur yang menyediakan berbagai online courses bersertifikat yang nantinya bisa muncul di profil kamu. Ini juga menjadi bukti bahwa kamu adalah pribadi yang mau terus belajar dan berkembang.
Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, visibilitas dan kredibilitas profil kamu semakin meningkat—HR dan rekruter juga semakin tertarik dengan profilmu.
Apa Manfaat LinkedIn untuk Profesional?
Dengan profil LinkedIn yang kuat, kamu bisa meningkatkan visibilitas dan kredibilitas di mata rekruter dan HR. Apabila kamu berencana meningkatkan kualifikasi serta ilmu dan keahlian, pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di Telkom University.
Tel-U menawarkan banyak program studi, dari program Diploma hingga Magister, yang membantu untuk #CreatingTheFuture. Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk kontak kami atau konsultasi via Zoom.
Lebih dari apapun, LinkedIn adalah platform yang penting bagi para profesional. Dengan latar belakang pendidikan yang unggul dan keterampilan yang solid serta LinkedIn yang menarik, HR pasti akan melirik profilmu!