Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

Fakta Unik Asrama Telkom, Mana yang Paling Bikin Kangen?

Asrama Telkom University

Share

Asrama Telkom merupakan salah satu bangunan iconic yang terletak di dalam lingkungan Telkom University. Gedung asrama dengan total 8 bangunan asrama putri dan 10 asrama putra ini berada di lokasi strategis yang memudahkan mahasiswa menuju gedung kuliah baik di fakultas gedung baru atau fakultas depan maupun fakultas gedung lama atau fakultas belakang.

Lokasinya yang dekat dengan jantung area Telkom University yaitu Gedung Kuliah Umum dan Danau Galau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa atau pengunjung yang memasuki kawasan Telkom University. Berikut kami rangkum fakta unik dari Asrama Telkom yang bikin kamu makin kangen!

1. Wajib Bagi Seluruh Mahasiswa Baru???

Saat ini program asrama bukan lagi program wajib bagi mahasiswa baru. Namun jika kamu mahasiswa baru dan ingin tinggal di asrama, kamu bisa tinggal selama satu tahun. Artinya, di tahun pertama menjalani kehidupan sebagai TelUtizen, kamu wajib tinggal di asrama. Hal ini bertujuan untuk membantu mahasiswa baru mengenali lingkungan dan budaya yang ada di kampus. Dengan mengikuti program asrama, kamu juga bisa mendapatkan teman dari daerah dan latar belakang berbeda. Tentu saja momen ini bisa membantu kamu untuk menambah jaringan pertemananmu diluar dari teman satu prodi saja lho!

2. Program ASAS

Tidak hanya sebagai tempat tinggal, Asrama Telkom juga ingin kamu dapat mengembangkan kepribadian dan kemampuan yang disusun dalam program ASAS. Program ASAS memiliki empat pilar yaitu Adaptive, Spiritual, Academic, dan Social yang pastinya akan membantu kamu mengembangkan dirimu melalui kegiatan-kegiatan yang berlandaskan empat pilar tersebut. Kegiatan ini berlangsung dalam bimbingan Senior Residents dari seluruh gedung asrama. Jadi dalam acara ini, kamu bisa bertemu dengan teman baru dari 18 gedung asrama yang ada di Telkom University, lho!

3. Senior Residents, Help Desk, dan Cleaning Service.

Dalam kehidupan di asrama, kamu akan mendapatkan banyak keluarga baru selain dari teman sekamarmu lho! Yang pertama adalah Senior Residents. Sesuai dengan namanya, Senior Residents (SR) merupakan satuan dari senior tingkat dua dan tiga yang bertanggung jawab sebagai teman, kakak, dan orang tuamu selama di asrama lho!

Dalam satu gedung, terdapat empat orang SR yang bisa kamu andalkan ketika kamu membutuhkan mereka. SR juga bertanggung jawab untuk memastikan kamu agar tetap aman dan nyaman menjalani kehidupan di tahun pertamamu sebagai mahasiswa. Nggak cuma untuk curcol gemes, kamu juga bisa berkonsultasi soal mata kuliah dengan mereka lho!

Nggak cuma ada SR, di dalam satu gedung asrama terdapat Help Desk (HD). HD merupakan satuan tugas yang berkewajiban untuk mengawasi keamanan di asrama dari pihak luar. Jadi nggak perlu takut barangmu hilang karena HD selalu sigap mengawasi siapa saja yang masuk ke dalam asrama. Tidak hanya itu, HD juga bertugas untuk menyimpan kunci dari setiap kamar yang ditinggal penghuninya. So, kamu ga perlu repot telepon teman kamarmu untuk minta kunci. Cukup minta ke HD dan mengisi buku keterangan jam masuk dan jam keluar. Mudah dan aman kan?

Yang terakhir tapi bukan terakhir banget, ada Cleaning Service (CS). Unit CS bertanggung jawab untuk memastikan kebersihan koridor serta setiap lobby yang ada di gedung asrama. Meskipun dibantu bapak dan ibu CS, bukan berarti kita bisa sembarangan untuk ngotorin asrama ya! Kebersihan dan kerapihan kamar asrama merupakan tanggung jawab masing-masing penghuni asrama. Jadikan asrama seperti rumahmu sendiri, sehingga kebersihan tetap nomor 1.

4. Jam Malam

Hayoo, siapa nih yang pernah kekunci di luar karena kemaleman pulang? Yup, hal itu disebabkan karena seluruh gedung asrama memiliki jam malam yang wajib diikuti oleh seluruh penghuni mulai dari SR hingga maba. Peraturan jam malam sendiri diawasi secara langsung oleh satpam yang bertugas untuk mengawasi komplek asrama. Bagi asrama putri, batas jam malam adalah pukul 22.00, dan asrama putra adalah 23.00. Bagi yang melanggar jam malam, siap-siap aja deh kena omel Pak Satpam dan penyitaan KTM bagi mahasiswa yang sudah lebih dari tiga kali melanggar peraturan jam malam. Eiittss, walau kesannya mengikat, peraturan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa karena dapat meminimalisir potensi kejahatan yang muncul malam hari.

5. Dorm Accelerator

Penghuni asrama bukan maba, tapi bukan SR juga? Yapp dia adalah Dorm Accelerator (DA). DA adalah mahasiswa tingkat dua, tiga dan empat yang tinggal di Asrama Telkom University. Dalam satu gedung asrama, terdapat delapan orang DA yang bertugas sebagai mentor mata kuliah bagi adik-adik mahasiswa baru. Menjelang pekan ujian, DA bertugas untuk menggelar kelas sesuai dengan jurusan bidang keahlian masing-masing dan mengajarkan kita semua materi yang akan keluar di ujian.

Lima poin diatas hanya sedikit dari sejuta cerita menarik dari Asrama Telkom University. Tapi semoga saja lima poin ini bisa menyegarkan kembali ingatanmu setelah lama tidak bersua dengan asrama atau jika kamu mahasiswa baru  bisa memberikan informasi gambaran tentang kehidupan di asrama Telkom University. Kalau TelUtizen sendiri, pernah punya pengalaman menarik apa selama tinggal di asrama?

Masih penasaran dengan Asrama Telkom University? Jika penasaran kamu bisa langsung coba pengalamanmu tinggal di asrama Telkom University setelah kamu berhasil lulus pendaftaran SMB Telkom University. Yuk belajar untuk #RaihMasaDepanmu bersama Telkom University dan dapatkan pengalaman tak terlupakanmu di asrama Telkom University!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Telegram
Zoom