Bayangkan, kamu telah menempuh perjalanan panjang, lalu sesampainya di hotel kamu disuguhi oleh minuman segar secara gratis. Siapa yang tidak senang? Nah, layanan tersebut namanya welcome drink.
Memangnya, apa itu welcome drink dan apa tujuan hotel memberikannya? Ayo pahami lebih dalam di artikel ini!
Apa Itu Welcome Drink?
Welcome drink artinya minuman selamat datang. Welcome drink adalah minuman khusus untuk menyambut kedatangan tamu hotel atau tamu suatu event, seperti pernikahan, seminar, hingga pertemuan bisnis. Karena sifatnya “penyambutan”, maka minuman ini bisa kamu nikmati secara gratis.
Jenis minuman welcome drink bermacam-macam, dan sering kali menyesuaikan dengan budaya setempat. Misalnya, di negara barat, welcome drink-nya umumnya berupa wine atau cocktail. Sementara itu, hotel-hotel di Indonesia biasanya menyuguhkan jus buah, jamu, atau infused water (air putih dengan rempah, sayur, atau buah).
Untuk menambah kepuasan tamu, hotel atau penyelenggara event kerap menyajikan welcome drink dengan dekorasi yang manis. Misalnya, menggunakan gelas dengan bentuk yang lucu atau luxurious, serta melengkapi minuman dengan garnish dari potongan buah atau bunga.
Tujuan Hotel Memberikan Welcome Drink
Apa alasan pemberian welcome drink? Ternyata, bukan hanya untuk menyambut tamu hotel atau event saja, ini alasan lainnya:
1. Sebagai Bentuk Ramah-tamah
Secara tidak langsung, welcome drink berperan sebagai bentuk ramah-tamah hotel terhadap tamu yang akan datang. Dengan begini, tamu akan merasa disambut dan dilayani dengan baik, serta bisa merasa lebih nyaman setelah menempuh perjalanan.
2. Sebagai Icebreaker
Pernah merasa canggung saat menghadiri event? Kamu bisa menggunakan welcome drink sebagai icebreaker.
Welcome drink dapat meningkatkan atmosfer nyaman serta membuat orang menjadi rileks. Hal ini dapat melancarkan pembicaraan, terutama bagi orang-orang yang kerap canggung di tengah event.
3. Cara Mengulur Waktu atau Sebagai Kompensasi
Early check-in atau masuk hotel lebih dulu bukanlah praktik yang asing di dunia perhotelan. Namun, terkadang ada saja situasi saat tamu hotel tiba lebih cepat, namun kamar belum siap. Di saat seperti inilah welcome drink diperlukan.
Selagi tamu minum welcome drink dan berbincang dengan resepsionis, staf hotel bisa menyiapkan kamar untuk tamu tinggali. Dengan begini, kemungkinan tamu akan mengajukan komplain menjadi lebih kecil.
4. Salah Satu Strategi Pemasaran Hotel
Welcome drink adalah salah satu strategi branding dan marketing yang kerap digunakan hotel untuk meningkatkan kepuasan tamu.
Strategi sederhana ini terbilang efektif untuk menciptakan relasi positif dengan pelanggan. Dalam jangka panjang, hal ini berpotensi membuat kamu tertarik untuk kembali menginap di hotel tersebut, atau bahkan mempromosikan hotel tersebut tanpa diminta.
5. Menjadi Pembeda dengan Kompetitor
Faktanya, di Indonesia, tidak semua hotel menerapkan strategi welcome drink kepada tamu. Hal ini bisa menjadi faktor yang membedakan satu hotel dengan kompetitornya, sekaligus memberi nilai plus di mata konsumen.
Untuk menambah daya tarik, ada juga hotel yang menerapkan prinsip atau ciri khas tersendiri dalam welcome drink, misalnya hanya menggunakan bahan-bahan lokal organik sebagai bahan welcome drink, atau membuat signature drink yang tak bisa ditemui dimanapun.
Belajar Strategi Pemasaran Hotel di Tel-U
Meski terkesan sederhana dan tak memakan modal banyak, welcome drink adalah salah satu trik ampuh untuk memikat hati tamu. Tentu saja, hal ini juga harus dibarengi dengan strategi pemasaran lain untuk meningkatkan kenyamanan tamu.
Jika kamu tertarik untuk bekerja atau mendirikan hotel sendiri, tentu kamu harus tahu apa saja strategi manajemen perhotelan yang umum digunakan. Nah, semua strategi tersebut bisa kamu ketahui dengan kuliah di D3 Hospitality and Culinary Art Telkom University.
Berada di naungan Fakultas Ilmu Terapan, D3 Hospitality menyediakan kurikulum komprehensif terkait industri hospitality. Tak hanya bisnis hotel, kamu juga akan mempelajari teknik dan seni memasak, serta tren kuliner terbaru untuk diaplikasikan saat bekerja.
Prospek karier lulusan D3 Perhotelan pun bermacam-macam, berikut beberapa contohnya:
- Manajer hotel atau resort
- Event Organizer (EO)
- Chef di restoran atau kapal
- Pengusaha Travel & Tourism
- Pebisnis hotel atau kuliner
- Penulis
- Pengajar atau dosen
- Konsultan bisnis
Mata Kuliah yang Dipelajari di D3 Perhotelan Telkom University
Materi apa saja yang akan kamu terima jika kuliah di D3 Hospitality and Culinary Art Telkom University? Ini beberapa diantaranya:
- Hospitality: Kamu akan mempelajari ilmu terkait pelayanan, seperti psikologi pelayanan, table manner, hingga pengembangan profesionalisme dan etika profesi.
- Penampilan: Kamu akan menerima materi terkait cara grooming atau merapikan penampilan, seperti cara berpakaian hingga cara berdandan yang tepat.
- Manajemen operasional hotel: Berbagai aspek operasional di hotel, mulai dari reservasi, registrasi, hingga keamanan dan sanitasi.
- Bisnis perhotelan: Mulai dari pengelolaan budget, strategi pengaturan dan penyusunan kamar, pengelolaan SDM, hingga proses sales dan marketing hotel.
- Teknik pengolahan makanan: Penjelasan komprehensif tentang cara mengolah makanan, mulai dari makanan tradisional, oriental, kontinental, hingga roti, cokelat, dan minuman.
- Bahasa Indonesia dan Inggris
- Literasi Teknologi
- Kegiatan lainnya: Himpunan mahasiswa, magang, proyek akhir, kesempatan mengikuti kompetisi, kesempatan bergabung dengan komunitas, hingga kesempatan studi banding.
Bagaimana, lengkap bukan?
Sekarang kamu sudah tahu apa itu welcome drink. Sekarang, mari tambah wawasan bersama Jurusan D3 Perhotelan Telkom University dan #RaihMasaDepanmu yang cerah di dunia hospitality.