Jadi Content Creator Lebih Mudah dengan Jurusan di Telkom University Ini!

Jadi Content Creator Lebih Mudah Dengan Jurusan Ini

Seiring dengan perkembangan digital, jenis profesi kini semakin bertambah. Salah satunya adalah profesi sebagai Content Creator. Kebanyakan konten kreator biasanya memulai secara autodidak.

Namun, profesi ini ternyata juga ada kuliahnya, lho! Di Telkom University, ada jurusan Content Creator yang cocok untuk kamu. Nah, agar lebih jelas, kamu bisa simak pembahasan berikut ini!

Apa yang Dilakukan oleh Content Creator?

Perkembangan digital di Indonesia zaman sekarang semakin pesat. Buktinya, ada banyak profesi baru yang bermunculan di bidang digital ini, lho. Nah, salah satunya adalah profesi konten kreator.

Sesuai namanya, konten kreator pada dasarnya merupakan profesi yang membuat konten untuk berbagai media sosial. Kebanyakan orang lebih mengenal profesi ini sebagai Podcaster, Youtuber, Tiktoker dan sebagainya.

Namun, sebetulnya, profesi konten kreator ini maknanya cukup luas. Tidak ada batasan profesi pembuat konten ini, sepanjang karya yang kamu buat berbentuk konten, maka kamu adalah seorang konten kreator.

Bahkan, ada, lho, perusahaan yang mencari konten kreator sebagai staff marketing mereka. Tugasnya tentu untuk membuat konten buat kepentingan pemasaran perusahaan di berbagai media sosial yang ada.

Lantas, apa saja sih yang biasanya profesi ini hasilkan? Tentunya banyak sekali, ya, karena tidak ada batasan dalam membuat konten: bisa berupa video, gambar, tulisan, podcast dan sebagainya.

Profesi yang satu ini cukup banyak peminat, terutama para anak muda. Hal ini karena pekerjaannya yang bergerak di bidang kreatif. Sehingga, pekerjaan ini akan terasa lebih menyenangkan.

Meski begitu, tidak sedikit yang beranggapan kalau membuat konten itu mudah dan tidak punya masa depan. Padahal, membuat konten itu tidak semudah orang melihatnya. Butuh skill khusus kalau kamu mau sukses di bidang content creating ini.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Konten Kreator

Untuk membuat konten yang berkualitas, kamu tidak bisa asal-asalan. Karena untuk menjadi Konten Kreator yang sukses, kamu harus punya value lebih. Tidak bisa asal comot atau contoh konten milik orang lain.

Selain itu, ada beberapa skill basic yang wajib Konten Kreator miliki. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Harus Bisa Riset dan Analisis

Skill basic pertama yang harus dimiliki oleh tiap konten kreator adalah kamu harus bisa melakukan riset yang mendalam. Meskipun pekerjaan ini kesannya “hanya” membuat konten, tetap saja kamu tidak bisa asal buat.

Memang, terkadang ada konten yang bisa viral walau pembuatnya tidak begitu niat saat membuatnya. Namun, kembali lagi, kamu harus punya value lebih kalau ingin sukses di profesi ini. Karena itu, kamu harus bisa melakukan riset konten dan perilaku audiens kamu melalui proses analisis yang mendalam.

2. Punya Kreativitas yang Tinggi

Jangan berpikir out of the box. Tetapi, berpikirlah tanpa ada batasan.”

Banyak orang mengatakan, kunci dari kreativitas adalah selalu berpikir out of the box. Ini memang benar, tetapi ada slogan yang lebih tepat lagi. Alih-alih berpikir di kotak, lebih baik kamu berpikir tanpa ada kotak.

Artinya, jangan melihat batasan dalam kreativitas. Berpikirlah seolah tidak ada kotak yang membatasi kreativitas tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memunculkan ide-ide cemerlang yang berbeda dari orang lain.

3. Bisa Copywriting

Dalam membuat konten, copywriting is a must! Sebagai calon konten kreator, kamu harus tahu bagaimana powerful sebuah teks terhadap keputusan orang lain. Buktinya saja, kamu bisa tertarik membeli barang hanya karena kata-kata buaian diskon, kan?

Nah, sama halnya dengan konten yang akan kamu buat nantinya. Butuh kata-kata yang powerfull yang bisa meng-influence maupun membuat orang tertarik dengan konten kamu.

4. Bisa Editing dan Fotografi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pekerjaan konten kreator itu beragam: ada konten berupa gambar atau foto, video, digital art dan sebagainya.

Untuk menghasilkan konten seperti ini, tentu kamu harus bisa mengeditnya agar konten tersebut jadi lebih menarik dan dinikmati oleh audiens.

5. Menguasai Berbagai Tools

Skill terakhir yang harus kamu miliki untuk menjalani profesi ini adalah kamu harus bisa menguasai berbagai tools. Ada banyak tools yang biasanya digunakan para Konten Kreator ini.

Bukan hanya tools editing, melainkan juga tools media sosial dan analytics untuk memantau tiap konten yang kamu buat.

Rekomendasi Jurusan Content Creator di Telkom University

Nah, kalau kamu sangat tertarik dan memang bermimpi untuk bekerja sebagai pembuat konten, ada jurusan untuk Content Creator yang bisa kamu ambil. Bukan hanya jurusan Content Creator, tetapi juga jurusan YouTuber.

Kamu bisa mengambil jurusan multimedia di S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia. S1 Terapan ini lebih dikenal dengan D4. Nah, dalam D4 ini kamu akan lebih banyak mempelajari praktik daripada teori. Sehingga, saat lulus, kamu akan memiliki lebih banyak skill praktik.

Lalu, kuliah konten kreator belajar apa? Di Telkom University sendiri, kamu akan belajar banyak hal. Salah satunya adalah visualisasi digital yang mana sangat penting untuk profesi ini.

Nah, kalau kamu ingin menjadi Konten Kreator, kamu bisa daftar langsung di Telkom University, ya. Yuk, #RaihMasaDepanmu bersama Telkom University!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Zoom