Bandung, [28 November 2025] — Telkom University melalui Direktorat Pemasaran dan Admisi sukses menyelenggarakan kegiatan Content Creator Summit 2025, program tahunan yang bertujuan untuk mengumpulkan talenta digital serta memperkuat gerakan publikasi konten positif di lingkungan TelUtizen. Acara ini diselenggarakan pada Jumat, 28 November 2025 di Auditorium Gedung K Telkom University, dan dihadiri oleh lebih dari 850 peserta, terdiri dari mahasiswa, alumni, pegawai, serta civitas akademika Telkom University.
Content Creator Summit telah menjadi agenda strategis Direktorat Pemasaran dan Admisi sejak tahun 2024. Melalui kegiatan ini, Telkom University memandang pentingnya peran content creator dalam menyebarkan narasi positif dan menumbuhkan ekosistem digital yang sehat.
Acara dibuka oleh laporan Ketua Pelaksana Content Creator Summit, Dwi Bayu Ramadhan dan sambutan Kepala Urusan Pemasaran Digital, Nanda Tri Mahar, yang memberikan sambutan mengenai pentingnya literasi digital dan publikasi konten yang bertanggung jawab.
Seiring meningkatnya penggunaan media digital oleh masyarakat luas, kampus menyadari bahwa mahasiswa dan civitas memiliki peran strategis dalam memperkuat positioning universitas melalui aktivitas konten yang organik dan relevan. Content Creator Summit diharapkan dapat menjadi ruang belajar sekaligus ruang kolaborasi bagi mereka yang ingin mengasah kemampuan berkonten secara profesional.

(Narasumber Content Creator Summit 2025 Adziqa Amarra, Rossa Farahdiba, Hilarious Satrio, Dr. Ginanjar)
Content Creator Summit kali ini menghadirkan empat narasumber yang telah dikenal luas karena kontribusinya di dunia konten digital. Narasumber pertama adalah Adziqa Ammara, yang merupakan seorang dokter sekaligus content creator. Dalam sesinya, Adziqa Amarra menekankan kredibilitas, clarity, dan empati dalam pembuatan konten. Diperkenalkan juga konsep Start with Why dari Simon Sinek, yang menurutnya relevan bagi kreator pemula maupun profesional yang ingin membuat konten dengan makna.
Selanjutnya, Rossa Farahdiba sebagai narasumber kedua membahas perjalanan kariernya sebagai content creator, lengkap dengan dinamika naik turun tantangan yang dialami. Ia berbagi tentang cara menemukan personal branding yang kuat, memahami niche yang tepat, dan membangun story telling yang mampu memikat audiens. Rossa Farahdiba menekankan bahwa proses kreatif tidak selalu mulus dan perlu konsistensi, namun semua pasti bisa dilalui seiring berjalannya waktu asalkan berani memulai dan tidak mudah menyerah.
Pada sesi ke kedua, narasumber ketiga yaitu Hillarius Satrio tampil dengan semangat menyampaikan kisahnya sebagai alumni S1 Informatika Telkom University yang kini sukses menjadi content creator bidang otomotif. Hillarius Satrio menjelaskan bagaimana kreativitas dapat diarahkan menjadi peluang karier dan bagaimana storytelling yang sesuai dengan niche market dapat memperkuat identitas kreator. Ia juga membagikan tips sederhana untuk memproduksi konten yang efektif tanpa harus menggunakan peralatan mahal.
Narasumber terakhir merupakan Dr. Ginanjar Rahmawan, seorang dosen sekaligus content creator yang dikenal dengan konten “Ngebut Wisuda” di kalangan mahasiswa dan akademisi. Bagi Dr. Gin, banyak sekali konten edukasi yang bisa diambil dari lingkungan universitas. Mulai dari materi di kelas, bertemu mahasiswa, bimbingan skripsi, hingga sesama dosen. Dalam pemaparannya, Dr. Gin menekankan bahwa akademisi tidak perlu ragu untuk berkonten, karena konten informatif yang dibuat akan berkontribusi mendorong citra progresif dunia pendidikan sekaligus mencerdaskan publik.

(Performance Stand Up Comedy Pak Tatang Hadian, Host Iki Tayubi dan Kalya Nadhifah, dan lagu indra Arya)
Selain sesi materi, acara ini dipandu oleh Iki Tayubi dan Kalya Nadhifah, dua mahasiswa Telkom University yang mengenakan kostum karya mahasiswa S1 Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University yaitu Adellia Umayra dan Deva Salsabila. Juga ada penampilan Stand Up Comedy oleh Pak Tatang Hadian dan menyanyi bersama Indra Aryadinata.
Melalui Content Creator Summit 2025, Telkom University berharap dapat terus menumbuhkan budaya digital yang sehat dan produktif di lingkungan kampus. Dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa, alumni, dosen, dan pegawai, Telkom University menegaskan komitmen untuk menciptakan ruang kreativitas yang inklusif dan berkelanjutan.
Direktorat Pemasaran dan Admisi tidak hanya berhenti pada Content Creator Summit 2025. Sebagai lanjutan rangkaian kegiatan, akan dilaksanakan acara utama Open House Telkom University pada Sabtu, 13 Desember 2025. Berlokasi di Telkom University Landmark Tower, kegiatan Open House Telkom University terbuka untuk umum dengan berbagai kegiatan seperti Campus Tour, Explore Tel-U, Seminar Fakultas, Seminar Parent (Orang Tua), Trial Class, Minat Bakat, serta menghadirkan guest star yaitu Roche dan Stefan.
Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan pendaftaran program Open House Telkom University dapat diakses melalui situs resmi: openhouse.smbbtelkom.ac.id
Penulis: Putri Nur Azizah