Telkom University Sabet Juara 1 Business Plan Competition Megamic 2018

Semarang – Delegasi tim dari Telkom University berhasil meraih juara 1 dalam ajang National Business Plan Competition Megamic 2018. Kompetisi ini diselenggarakan oleh HMJ Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang melibatkan 96 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Telkom University sendiri mengirimkan 1 tim dengan nama tim Buah Batu Regency yang diketuai oleh Helmi Anugrah Ilahi (MBTI 2015) beranggotakan Nurchairul Akbar Saad (Sistem Informasi 2016 ) dan Nur Latifah Prihartini (Sistem informasi 2016).

Dari 96 tim, tersisih beberapa tim yang berhasil lolos ke Final. Persaingan ketat terjadi antara ITB, UB, UPN Yogyakarta, UNY, dan Telkom Univerity di babak final. Masing-masing universitas secara optimal mempresentasikan rencana bisnis yang merupakan inti dari kompetisi ini.

Tim Buah Batu Regency berhasil meraih juara bukan tanpa jerih payah, rencana bisnis yang dibuat oleh tim tersebut memiliki diferensiasi yang sangat baik. Helmi mengungkapkan bahwa Business Plan yang dibuat merupakan SIP KKN (Sistem Informasi Pengabdian Kuliah Kerja Nyata).

“SIP KKN merupakan platform yang menghubungkan antara pihak desa yang membutuhkan, pihak mahasiswa melalui kegiatan KKN dan perusahaan melalui dana CSR (kami lampirkan penilaian dari dosen)” ungkap Helmi.

Helmi dan tim mengindikasi bahwa ada sebuah permasalahan yang sering timbul saat KKN, diantaranya Dana, Internal, dan komunikasi dengan pihak desa. Berdasarkan observasi di lapangan, banyak pihak desa yang mengeluhkan tentang KKN lebih kepada pembangunan non fisik (mengajar, dll) dibandingkan pembangunan fisik (pembangunan fisik desa).

“KKN hingga saat ini dinilai masih memiliki proses dan waktu pelaksanaan yang kompleks, kegiatan KKN pun lebih condong pada keinginan mahasiswa bukan sesuai kebutuhan desa. Hal tersebut yang ingin kami coba pecahkan masalahnya” jelasnya.

 

sumber : klik disini