Buat Aplikasi Layanan Darurat, Mahasiswa Ini Raih Juara 2 Nasional

Bandung, Telkom University – Dua mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri (FRI) berhasil meraih juara 2 pada sebuah ajang kompetisi yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta pekan lalu. Kompetisi bernama Unity 2018 ini merupakan acara rutin tahunan yang didalamnya berisi berbagai kompetisi tingkat nasional untuk diikuti perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Fachrul Hijriah Usman, Eliza Adira H., dan Abdul Aziz mengikuti kompetisi kategori Software Development dan berhasil membuat sebuah layanan aplikasi bernama Emergency Action (EmerAct). Berkat hal itu, gelar juara 2 berhasil diraih.

Kompetisi yang diadakan di Universitas Negeri Yogyakarta ini dilaksanakan pada 27-28 April lalu, diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik swasta maupun negeri. Aziz menjelaskan, bahwa aplikasi buatan timnya tersebut merupakan sebuah portal informasi review dan lokasi layanan darurat di DKI Jakarta dengan data valid yang di ambil dari Web Service Pemprov DKi api.jakarta.go.id.

Dengan hadirnya emeract membantu masyarakat DKI untuk menemukan informasi layanan darurat terdekat berbasis Geographic Information System dengan mudah, dan menjadi wadah untuk menyampaikan keluhan dan testimoni terkait layanan darurat yang ada di DKI Jakarta.

Aplikasi Emeract dikembangkan berbasis web dengan design yang bersifat responsive. Strategi menjadi juara adalah penilaian juri baik dari sisi presentasi ide dan karya, serta penilaian pengerjaan challange aplikasi pada saat final.

“Kami sempat kewalahan bersaing dengan kompetitor yang mengajukan ide berbasis IoT pada bidang software development ini, padahal dari sisi kategori lomba untuk IoT memiliki kategori sendiri.” Ungkap Aziz saat di wawancarai.

 

sumber : www.telkomuniversity.ac.id