Astacala Telkom University Raih Juara 1 Kejuaraan Panjat Dinding Nasional

Malang, Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam (PMPA) Astacala Telkom Unviersity kembali membawa nama harum kampus dengan berhasil meraih juara 1 kategori Mapala Lead Putra dalam Tursina National Wall Climbing Competition (TNWCC). Kompetisi yang di adakan oleh Mapala Tursina, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari tingkat perguruan tinggi dan atlet panjat dinding  se Indonesia

Helatan yang berlangsung sejak Kamis (29/3/18) dan berakhir pada Minggu (1/4/18) ini memperebutkan beragam kategori kelas; Mapala Lead Putra, Mapala Speed Classic Putra/Putri, Umum Lead Putra/Putri, U-19 Lead Putra/Putri. Astacala sendiri mengirimkan 2 orang delegasi, Iqbal Kamal Fasya dari Fakultas Industri Kreatif sebagai atlet dan Niken Galuh Ramadhani dari Fakultas Teknik Rekayasa Industri sebagai instruktur pendamping.

Untuk meraih juara di kategori lead Mapala Putera, Iqbal harus berjuang melewati  beberapa rangkaian mulai dari babak kualifikasi, semifinal hingga final. Di babak kualifikasi pemanjatan dibagi menjadi 2 jalur dengan tujuan untuk mempercepat proses kualifikasi. Iqbal sendiri berhasil lolos dengan poin sempurna pada jalur 2 dan point tertinggi pada jalur 1 sehingga menempati urutan pertama

Memasuki babak final, peserta yang diambil hanya 10 orang. Rata-rata finalis yang melakukan pemanjatan hanya mampu menyelesaikan setengah pemanjatan dari total tinggi papan setinggi 15 meter, dikarenakan sulitnya jalur yang harus dihadapi. Sedangkan Iqbal dan 2 finalis lainnya mampu menyelesaikan pemanjatan hingga mencapai Top Wall. Meskipun begitu Iqbal tetap meraih posisi pertama, didukung dengan point di babak qualifikasi, semifinal menambah nilai plus bagi iqbal meskipun hasil babak final sama dengan 2 finalis lainnya

Ditemui usai kompetisi, Iqbal Kamal yang biasa di panggil moster mengatakan apa yang ia raih ini semata-mata bukan sekedar untuk menang, melainkan bentuk ekspresi kehadirannya di tengah-tengah para atlet dari Universitas lain yang jauh lebih dulu existing.

“Kami menyadari Telkom University dalam kondisi seperti ini merupakan Universitas baru, tetapi kami senang dapat ikut serta dan bertemu dengan para pencinta alam lintas Universitas dan atlet-atlet nasional”, tegasnya.

Lebih lanjut, kejuaraan hanyalah motivasi untuk terus berkarya dan berkegiatan, “Kalau soal Juara rasanya semua peserta pasti berpeluang, hanya saja ini buah kerja keras dan belajar yang terus menerus, sehingga kami anggap trophy ini hanya semata-mata bentuk apresiasi dari komitmen kerja keras itu tadi” imbuhnya.

Ketua umum Astacala, Ahmad Fauzan dalam konfirmasinya sangat mengapresiasi dan bangga dengan prestasi yang diraih oleh anggotanya.

Ia juga menuturkan, prestasi ini bisa di raih berkat hasil kerja keras dan jerih payah anggotanya dalam berlatih  “Semoga kedepannya kita bisa terus membawa prestasi dan mengharumkan nama organisasi dan kampus Telkom university di tingkat nasional” tegasnya.

 

sumber : klik disini