2 Tim Telkom University Sabet 2 Juara Accounting Games 2018

BANDUNG, Telkom University –  2 tim dari Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi (Prodi D3 KA) Fakultas Ilmu Terapan Telkom University berhasil meraih 2  juara sekaligus dalam kejuaraan Accounting Games 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, pada 5 dan 6 April 2018.

Kompetisi tahunan yang digelar oleh UKSW ini merupakan ajang kompetisi bidang akuntansi bagi mahasiswa Komputerisasi Akuntansi dan Sistem Informasi se-pulau Jawa.

Tim Bandung yang beranggotakan Haris Maulana Rahim (2015), Nisa Vionita (2015), Ahmad Novrian (2016), dan Zulfikri Fahrudin (2016) berhasil meraih juara 1 pada kategori Simulasi Akuntansi, dan tim Yogyakarta dengan anggota Inggit Gusti Liani P U (2015), Ahmad Farid Noor Mahbub (2015), Mochamad Ramdhani Lukman (2015), dan Griselda Ayu Ratnadewati (2015), berhasil meraih juara kedua pada kategori perancangan system.

Rochmawati, dosen pembimbing kedua tim menceritakan bahwa pada kategori simulasi akuntasi setiap tim akan diberikan data-data oleh panitia berupa sebuah perusahaan dimana ada proses bisnis yang dimainkan dalam kategori ini.

“Disini mereka (tim Bandung) harus bisa menghitung biaya produksi, modal, penjualan, memperkirakan pembelian, keuntungan, ketepatan pencatatan jurnal hingga laporan keuangan harus balance. Ini yg unik dari lombanya, tidak sekedar mampu untung, tapi pencatatan keuangan harus balance.” Ucapnya.

Sedangkan untuk tim Yogyakarta, Rochmawati menambahkan, di kategori perancangan system 2 minggu sebelum lomba, setiap tim diberikan soal-soal untuk membuat UML, erd, flowchart, atau perancangan yang lain (bisa memilih mau pakai yang mana). “Dari perancangan itu harus dikumpulkan paling lambat 1 pekan sebelum hari H dan akan dipersentasikan pada hari H lomba.” Ungkapnya.

Rochmawati menceritakan bahwa nama-nama dari tim ini diambil berdasarkan tempat dari anak-anak tersebut magang. “Saya pribadi berterimakasih kepada kedua tim karena kegigihan nya dalam mempersiapkan lomba ditengah-tengah tugas mereka selagi magang. “ucapnya.

Ucapan terimakasih Rochamawati ucapkan kepada seluruh pihak Telkom University dan Fakultas Ilmu terapan yang sudah mendukung mahasiswa D3 KA sehingga berhasil meraih juara. “ini merupakan lomba pertama kami, tapi karena mahasiswa D3KA memang bidangnya di perancangan sistem informasi akuntansi (sia) sehingga kami optimis dapat memenangkan lomba.” Tutupnya.

 

(PR/Adrian)

 

sumber : klik disini